Informasi Seputar Objek Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung



Bila berbicara soal “Ranu Gumbolo” sepintas terdengar mirip dengan Ranu Kumbolo yang terletak di Gunung Semeru bukan?. Akan tetapi, Ranu Gumbolo yang satu ini terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Yang pastinya objek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di Tulungagung yang menarik perhatian para wisatawan. Mungkin dulunya saat memberikan nama “Ranu Gumbolo Tulungagung” terinspirasi dari Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Mahameru. Yang bedanya hanya terletak pada huruf pertama yaitu Kumbolo dan Gumbolo.

Ranu sendiri mempunyai arti yaitu kolam atau danau, bisa diartikan juga telaga air. Sedangkan untuk kata Gumbolo sendiri diadopsi dari kata Kumbolo yang mempunyai arti tempat tinggal. Jadi jika digabungkan Ranu Gumbolo merupakan tempat tinggal di danau. Bila pernah berkunjung ke Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru dan Ranu Gumbolo di Tulungagung. Ternyata keduanya tersebut mempunyai kemiripan, yaitu sungai mirip danau.

Meskipun bisa dibilang objek wisata baru, namun Ranu Gumbolo Tulungagung ini sering ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Hal tersebut tentunya tidak lepas karena objek wisata Ranu Gumbolo ini mempunyai keindahan yang sangat memesona.

Kelebihan Yang Ditawarkan Ranu Gumbolo

Lokasi Ranu Gumbolo

Ada kelebihan tersendiri dibandingkan dengan objek wisata lainnya yang ada di Tulungagung. Bahkan, ada banyak kelebihan di objek wisata ini yang membuat para wisatawan lokal maupun luar daerah tertarik liburan atau berkunjung. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh objek wisata ini mengenai akses jalur transportasinya. Menjadikan Anda saat berkunjung atau liburan ke tempat ini lebih nyaman dan merasa aman tidak takut kesasar.

Kelebihan berikutnya yang Anda temukan di objek wisata Ranu Gumbolo Tulungagung adalah masalah kenyamanan dan akomodasi. Nyamannya di sini yaitu, Anda akan dimanjakan dengan suasana keindahan alam yang tenang dan hijau di sekitar. Sedangkan masalah akomodasi ketika liburan ke objek wisata ini terbilang sangat murah. jadi Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya banyak.

Keistimewaan Ranu Gumbolo Sebagai Daya Tarik Minat Wisatawan

Keistimewaan Ranu Gumbolo

Perlu diketahui, ada banyak keistimewaan yang ditawarkan dan tentunya sangat asing untuk Anda temukan di sana. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda akan langsung terpesona saat pertama kali berkunjung ke sana. Dengan lokasi yang berada di daerah pegunungan, menjadikan Ranu Gumbolo Tulungagung terlihat sangat sempurna. Ditambah lagi pemandangan sekitar danau yang sangat indah, menjadikan tempat ini terlihat bak Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru.

Di tempat ini pun juga terdapat spot unik yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan Ranu Gumbolo. Salah satu spot terbaiknya adalah dapat menaiki rumah pohon yang tidak jauh dari lokasi wisata. Dengan menaiki rumah pohon, Anda pun dapat melihat keindahan danau Ranu Gumbolo dan keindahan pemandangan pegunungan di sekitar wisata

Lokasi Dan Harga Tiket Ranu Gumbolo

Ternyata untuk menemukan tempat objek wisata dari Ranu Gumbolo Tulungagung sangat mudah karena masih satu kawasan dengan wisata Waduk Wonoerjo. Jika dari pusat Kota Tulungagung, wisata yang satu ini kurang lebih berjarak sekitar 24 Km. Tepatnya Ratu Gumbolo berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Untuk masalah harga tiket masuk pun juga sangat murah dan terjangkau oleh semua kalangan. Hal tersebut dikarenakan bila ingin menikmati objek wisata ini hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/ orang. Padahal uang atau biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Ranu Gumbolo

Anda pun juga dapat menikmati fasilitas maupun aktivitas yang sangat menarik yang bisa dilakukan di Ranu Gumbolo Tulungagung. Entah itu memancing ikan, mengelilingi danau dengan perahu wisata, maupun menikmati keindahan danau dari atas rumah pohon. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat liburan ke Ranu Gumbolo.

  1. Memancing Ikan

Ranu Gumbolo Tulungagung

Anda menyukai hobi memancing? Jika hal tersebut benar, sebelum berkunjung ke wisata ini siapkan alat pancing terlebih dahulu dan jangan sampai lupa dibawa. Pasalnya di lokasi Ranu Gumbolo ini terdapat banyak jenis ikan yang siap untuk ditangkap. Mulai dari jenis ikan lele, mujair, nila, grameh, bahkan sampai dengan ikan louhan pun ada di tempat ini. Jadi jangan heran jika saat liburan ke tempat ini Anda akan menemukan banyak para penyuka mancing datang ke lokasi ini.

  1. Taman Bermain

Jika Anda tidak menyukai memancing jangan khawatir dulu. Di tempat ini Anda juga dapat bermain di taman bermain yang sudah disediakan. Bahkan jika liburan ke sini membawa anak kecil, Anda pun juga tidak perlu khawatir. Pasalnya di Ranu Gumbolo Tulungagung ini juga menyediakan taman bermain khusus anak-anak. Jadi selain dapat bermain sendiri, Anda pun juga dapat mengajak anaknya untuk bermain juga.  

  1. Perahu Wisata

Perahu di Ranu Gumbolo

Fasilitas dan aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan di Ranu Gumbolo ini adalah menyewa perahu wisata. Bahkan fasilitas yang satu ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang liburan ke tempat ini. Dengan menggunakan perahu wisata ini, Anda dapat berkeliling danau sambil menikmati keindahan yang ditawarkan oleh danau Ranu Gumbolo Tulungagung. Untuk menyewa fasilitas yang satu ini, Anda hanya cukup membayar biaya Rp 7.500 saja.

  1. Gazebo

Capek dari tadi keliling objek wisata Ranu Gumbolo? Atau bingung mencari tempat istirahat? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir atau bingung mencari tempat istirahat ketika capek keliling objek wisata yang satu ini. pasalnya objek wisata yang ada di Tulungagung ini menyediakan fasilitas berupa gazebo. Di mana di tempat ini Anda dapat beristirahat untuk menghilangkan rasa capek yang dari tadi berkeliling danau.

  1. Rumah Pohon

Salah satu yang bikin para wisatawan ingin berlibur ke objek wisata ini adalah tidak lain karena ada fasilitas rumah pohon. Dari atas rumah pohon ini Anda dapat menyaksikan keindahan yang sangat jelas dari danau Ranu Gumbolo. Bahkan Anda pun juga dapat menyaksikan panorama pegunungan yang terlihat cantik dari atas rumah pohon. Yang tidak kalah menariknya dari rumah pohon ini adalah salah satu spot foto yang sangat bagus dan keren.

  1. Persewaan Hammock

Fasilitas maupun aktivitas terakhir yang tidak kalah menariknya saat liburan ke Ranu Gumbolo Tulungagung adalah adanya persewaan hammock. Jika Anda ingin menggunakan hammock (sejenis kursi tapi bisa buat tiduran) cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 saja. Dengan menyewa hammock, Anda pun bisa tiduran sambil menikmati pesona alam pegunungan yang sejuk dan menakjupkan.

 

Leave a Comment