Informasi Wisata Curug Jenggala Baturaden



Wisata Curug Jenggala Baturaden Purwokerto adalah tempat wisata alam yang saat ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Walaupun baru ditemukan, namun telah banyak wisatawan yang telah mengunjunginya. Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih begitu asri dan juga pesona air terjun yang begitu segar. Berikut beberapa informasi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Jenggala.

Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Jenggala Baturaden

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Jenggala terletak di dusun  Kalipagu, desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Curug Jenggala terletak di dalam lahan milik perhutani KPH Banyumas Timur, dan letaknya dekat dengan kawasan wisata Baturaden Semarang. Untuk menjangkau kawasan tersebut dari kota purwokerto, anda tinggal menuju Kalipagu. Rute selanjutnya dapat melalui kawasan Baturaden dan menuju arah Curug Bayan atau Curug Gede Gede. Dari situ anda akan menemukan sebuah jalan dengan berukuran kecil dan juga menanjak yang tak jauh dari homestay. Di kawasan tersebut akan menemukan petunjuk arah untuk menuju Curug Jenggala. Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang telah ada.

Untuk memasuki kawasan wisata, para pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per orang. Namun untuk biaya parkir akan dikenakan biaya tersendiri kepada pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor. Dari area parkir wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 500 meter dengan jalan cukup licin dan juga berlumpur.

Fasilitas Destinasi Wisata

Fasilitas di kawasan wisata Curug Jenggala masih dapat dikatakan minim, pasalnya merupakan kawasan wisata yang masih tergolong baru. Namun pihak pengembang tempat wisata tersebut telah membangun beberapa fasilitas pendukung diantaranya adalah toilet dan juga tempat ganti pakaian. Namun bagi wisatawan yang berkunjung pada hari libur harus sedikit bersabar untuk menggunakan fasilitas tersebut. Karena masih minimnya tempat yang disediakan.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Jenggala Baturaden belum ada sebuah akomodasi yang didirikan. Namun jangan khawatir di sekitar tempat wisata telah ada beberapa tempat penginapan yang dapat anda sewa. Walaupun masih minim dengan fasilitas pendukung, namun para pengunjung tetap banyak yang mengunjungi tempat tersebut.

Keunikan Curug Jenggala Baturaden

Curug Jenggala adalah salah satu tempat wisata yang terletak di wilayah Purwokerto. Wisatawan sering menyebutnya sebagai surga tersembunyi di Banyumas, hal tersebut dikarenakan belum lama ditemukan. Curug Jenggala dulunya bernama Curug Tempuan, namun dirubah menjadi Curug Jenggala atas dasar kesepakatan masyarakat setempat. Hal tersebut dikarenakan curug tersebut sebagai tempat pertemuan dari beberapa air sungai. Keunikan lain dari tempat wisata tersebut adalah adanya sebuah deck kayu berbentuk hati yang berada tepat di depan air terjun. Deck kayu tersebut sering dijadikan sebagai tempat berfoto bagi wisatawan yang melakukan kunjungan.

Hal lain yang akan anda temukan adalah adanya 3 air terjun yang berdampingan dan melebar. Jadi dalam curug tersebut terdapat 3 curug dengan posisi yang berdampingan. Pemandangan disekitar curug menyuguhkan pemandangan yang masih hijau nan asri, yang menambah kesan romantis dalam tempat wisata ini. Bagi wisatawan yang masih kurang dengan keindahan Curug Jenggala juga dapat mengunjungi curug lain di sekitar Curug Jenggala. 

Tips Berkunjung Ke Curug Jenggala

Ada beberapa tips sebelum melakukan kunjungan ke Curug Jenggala, agar liburan anda akan lebih menyenangkan. Berikut penjelasannya

  1. Gunakanlah Sepatu Yang Nyaman

Sebelum melakukan kunjungan ke Curug Jenggala, terutama bagi para wanita jangan menggunakan sepatu hak tinggi atau sepatu kesayangan anda. hal tersebut dikarenakan rute menuju curug melewati medan yang licin dan juga berlumpur. Jadi lebih baik menggunakan sepatu cats atau sepatu yang nyaman untuk melakukan perjalanan tersebut.

  1. Membawa Bekal Dari Rumah

Bagi yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang satu ini jangan lupa siapkan pembekalan dari rumah. Pasalnya di tempat wisata tersebut tidak dapat ditemukan pedagang yang berjualan. Namun, bagi wisatawan yang tidak membawa bekal dari rumah, anda dapat membelinya di perjalanan menuju Curug Jenggala Baturaden.

  1. Tentukan Hari Berkunjung

Salah satu destinasi wisata yang baru dibuka tersebut adalah salah satu tempat yang paling diminati dalam melakukan wisata. Terutama bagi mereka yang menyukai dengan wisata alam dan juga menantang. Curug Jenggala pada hari libur akan sangat dipadati oleh wisatawan local maupun wisatawan dar berbagai daerah lainnya. Jika waktu yang dapat anda gunakan untuk berkunjung adalah hari libur, berkunjunglah pada pagi hari. Pada saat pagi hari para wisatawan belum banyak yang menmadati kawasan wisata, sehingga anda dapat menikmati pemandangan dan juga berfoto dengan puas. Namun bagi wisatawan yang ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai, anda dapat mengunjungi pada hari kerja.

  1. Bawalah Baju Ganti

Mungkin melihat kejernihan air yang mengalir dari curug membuat para wisatawan ingin berenang di sekitar air terjun. bagi wisatawan juga dapat bermain di sekitar air terjun tersebut, anda tak perlu khawatir untuk melakukan ganti pakaian. Karena telah disediakan tempat untuk mengganti pakaian. Namun membutuhkan kesabaran untuk dapat malakukan ganti, karena belum banyak ruangan yang telah dibangun. Untuk hari libur akan banyak antrean, karena banyaknya wisatawan yang melakukan kunjungan ke tempat tersebut.

  1. Gunakanlah Kendaraan Roda Dua

Untuk menjangkau kawasan wisata, jalan yang akan dilalui cukup sempit. Sehingga para wisatawan akan lebih baik menjangkau kawasan tersebut dengan menggunakan sepeda motor. Untuk pengguna roda empat di jalan akan menemukan kesulitan jika bertemu dengan pengendara lain. Bagi wisatawan yang memakirkan kendaraannya akan lebih baik menggunakan pengamanan ganda, karena lokasi parkir dengan tempat wisata berjarak cukup jauh.

  1. Perhitungkan Cuaca

Dalam melakukan kunjungan ke Curug Jenggala jangan memilih berkunjung di musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan rute menuju curug bukanlah jalan beraspal. Namun jalan yang akan dilalui adalah jalan tanah, jika terjadi hujan maka akan licin dan juga berlumpur. Jadi pilihlah cuaca yang cerah saat berkunjung, agar tidak menemukan kendala dalam melakukan perjalanan.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Jenggala Baturaden purwokerto. Selain menyimpan keindahan yang tersembunyi, juga menawarkan pesona yang sangat indah. Tentukanlah waktu yang tepat dalam mengunjungi wisata tersebut agar dapat menikmati keindahan tersebut dengan puas.

 

Leave a Comment