Inilah 10 Tips Backpacker Ke Bali Bagi Pemula



Wisata Bali memang memang tak ada habisnya untuk dibicarakan karena ada berbagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang terhipnotis untuk berkunjung ke Pulau Dewata, tidak terkecuali wisatawan mancanegara. Namun, tak sedikit masyarakat yang berpikir jika berlibur ke Bali membutuhkan uang yang tak sedikit. Apakah kamu salah satunya, guys? Padahal, kamu bisa kok liburan ke Bali dengan budget murah. Caranya yaitu memanfaatkan tips liburan ke Bali ala backpacker. Berikut 10 tips backpacker ke Bali bagi pemula yang perlu kamu tahu.

  1. Pergi Hari Kerja, Bukan Saat Weekend Atau High Season

Pada umumnya, wisatawan berlibur di Bali saat akhir pekan (weekend) atau saat libur nasional (high season). Libur nasional tersebut seperti hari raya idul fitri, kenaikan kelas, natal, atau tahun baru. Padahal, pada musim liburan tersebut, biaya segala hal yang berkaitan dengan liburan di Bali melambung tinggi, lho. Misalnya penginapan atau hotel, transportasi, dan tempat makan. Dengan demikian, berlibur ke Bali saat musim liburan tentu perlu merogoh kocek dalam-dalam. Oleh karena itu, jika ingin liburan ke Bali, lebih baik saat hari kerja untuk menghemat liburan.

  1. Pilih Alat Transportasi Yang Murah Dan Efisien

Tips backpacker ke Bali selanjutnya adalah memilih transportasi yang murah dan efisien. Jika rumahmu jauh dari Pulau Bali, lebih baik jika kamu menggunakan pesawat terbang. Tidak punya uang untuk beli tiket? Kamu bisa kok mendapatkan tiket pesawat murah. Caranya yaitu rajin-rajin berburu promo tiket. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50%, lho. Namun, jika rumahmu dekat dengan Bali, menggunakan jalur darat tentu lebih menghemat dana.

  1. Menyewa Sepeda Motor Atau Mobil

Nah, jika sudah sampai di Bali, kamu bisa menyewa motor untuk mengunjungi berbagai wisata di Bali. Namun, jika Anda datang bersama teman atau keluarga tak ada salahnya untuk menyewa mobil. Hal ini lebih murah jika dibandingkan harus menggunakan taxi atau kendaraan umum lainnya. Kamu tidak perlu khawatir masalah harga karena biaya sewa motor atau mobil di Bali cukup terjangkau.

  1. Menginap Di Tempat Teman Atau Kerabat

Punya teman atau kerabat di Bali? Jika iya, kamu bisa menginap di tempat mereka selama beberapa hari. Namun, jika mereka mengijinkanmu tinggal lebih lama, kamu tak perlu sungkan untuk menginap di tempat tersebut selama berada di Bali. Hal ini tentu sangat menghemat biaya liburanmu. Budget untuk menginap dapat kamu gunakan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata atau membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah.

  1. Cari Penginapan Murah

Tidak punya kerabat atau teman di bali? Tenang, ada banyak penginapan atau hotel di Bali kok. Selain mencari penginapan yang dekat dengan wisata yang akan dituju, kamu juga harus mempertimbangkan harganya, guys. Sebaiknya, cari penginapan yang tidak terlalu mahal. Mengapa demikian? Selain dapat menghemat budget, kamu hanya membutuhkan penginapan untuk beristirahat saat malam hari. Siangnya akan kamu habiskan untuk menjelajah berbagai wisata yang ada di Bali. Jadi, cukup cari penginapan yang nyaman dan aman, ya.

  1. Jangan takut Untuk Berpetualang

Tips backpacker ke Bali berikutnya adalah jangan takut untuk berpetualang ke Bali, guys. Kamu dapat menjelajahi tempat-tempat baru yang merupakan surga tersembunyi di Pulau Bali. Biasanya, mengunjungi berbagai tempat tersebut tidak dipungut biaya. Berbagai wisata tersebut antara lain Pantai Pasih Uug, Pantai Nyang-Nyang, dan Pantai Gunung Payung. Selain itu, liburan di tempat yang lebih sepi juga menyenangkan, lho. Kamu tidak perlu berdesakan dengan pengunjung yang lain atau melihat orang lalu-lalang di depanmu saat menikmati pemandangan. Dengan demikian, kamu dapat lebih menikmati liburanmu.

  1. Mengunjungi Tempat Wisata Yang Ekonomis

Tips backpacker ke Bali selanjutnya adalah mengunjungi tempat wisata yang bersahabat dengan dompetmu. Kamu bisa bertanya ke masyarakat Bali dan meminta referensi tempat wisata yang murah dan menarik. Cara yang lebih mudah untuk mengetahui berbagai daftar wisata tersebut adalah dengan mencarinya di internet.

Jika sudah sampai di tempat wisata tujuanmu, tahan hasrat untuk mengeluarkan biaya ekstra. Jangan tergoda bermain watersport atau makan di berbagai tempat wisata tersebut. Pada umumnya, warung makan yang ada di sekitar tempat wisata mematok harga yang relatif mahal.

  1. Makan Enak Tak Perlu Mahal

Selain berbagai tempat wisata yang menyenangkan, Bali juga dikenal akan surganya wisata kuliner, lho. Ada banyak kuliner di Bali dengan harga yang bersahabat dengan kantongmu. Berbagai wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan di Bali diantaranya Nasi Jinggo, Nasi Pedas Bu Andhika, dan Sate Babi Bawah Pohon. Selain itu, masih banyak wisata kuliner lain yang wajib kamu datangi ketika berlibur ke Bali, terutama ayam betutu khas Bali. Rugi kalau ke Bali tetapi tidak menyantap makanan khas Bali tersebut atau mengunjungi berbagai wisata kulinernya.

  1. Jangan Lupa Membawa ATM, KTP, Dan Kartu Kredit

Tips backpacker ke Bali selanjutnya adalah membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) kemana pun kamu pergi. Pasalnya, kamu tak hanya menggunakan tanda pengenal tersebut saat di bandara saja. Kamu juga membutuhkannya untuk check in di hotel atau penginapan. Bahkan, jika kamu mengendarai mobil dan menyeberang  melalui pelabuhan Gilimanuk, maka petugas pelabuhan akan memeriksa tanda pengenalmu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membawa KTP kemana pun kamu melangkah, ya.

Selain KTP, ATM dan Kartu Kredit pun tak boleh lupa untuk dibawa saat bepergian. Namun, pastikan kamu hanya menggunakannya di saat terdesak agar dapat mengemat pengeluaran. Selain itu, pastikan bahwa kamu hanya membawa uang tunai secukupnya saja dan menyimpannya sisanya di ATM. Mengapa demikian? Selain menjaga hasrat untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, menyimpan uang di ATM juga lebih aman daripada membawanya kemana pun.

  1. Membeli Oleh-Oleh Di Pasar Seni

Berlibur tak lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan juga kerabat. Namun, bukan berarti kamu bisa membelinya di sembarang tempat, guys. Carilah tempat yang menjual barang-barang dengan harga murah. Jika kamu membeli oleh-oleh di toko cinderamata atau di kawasan tempat wisata, harganya cenderung mahal. Pasar seni adalah tempat yang paling recommended. Kamu bisa mengunjungi Pasar Seni Sukowati atau Pasar Seni Guwang dengan harga yang terjangkau dan bahkan dapat ditawar.

 

Leave a Comment