Inilah Keistimewaan Objek Wisata Bendungan Wonorejo Tulungagung



Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat menawan. Mulai dari keindahan pantai yang tidak diragukan lagi, air terjun yang sangat indah, sampai dengan candi yang memiliki banyak sejarah. Selain itu, ada juga objek wisata Tulungagung yang tidak kalah menawannya dibandingkan wisata tersebut, namanya adalah Bendungan Wonorejo Tulungagung.

Bendungan Wonorejo merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara yang berada di Tulungagung. Saat ini bendungan tersebut dikenal sebagai objek wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Tulungagung. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan langsung di sambut oleh keindahan panorama yang begitu menawan. Bahkan Anda bisa menyaksikan besarnya bendungan yang disinyalir sebagai bendungan terbesar di Asia Tenggara.

Keistimewaan Sebagai Daya Tarik Yang Diperlihatkan Bendungan Wonorejo Tulungagung

Bendungan Wonorejo

Wisata Bendungan Wonorejo di Tulungagung merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi karena mempunyai panorama keindahan yang sangat menawan. Hamparan air bendungan yang sangat tenang dan sejuk dengan warna biru siap menyapa siapa saja yang berkunjung ke Bendungan Wonorejo. Selain itu, di kanan dan kiri jalan terhampar oleh deretan persawahan dan pepohonan hijau yang sangat menawan untuk dilihat.

Keistimewaan dan daya tarik lainnya yang diperlihatkan oleh objek wisata ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Bahkan disinyalir Bendungan Wonorejo ini adalah bendungan terbesar di Asia Tenggara. Hal tersebut dibuktikan dengan luas permukaan air maksimal mencapai 3,85 juta persegi. Di mana bendungan tersebut mampu menampung volume air hingga 6,06 juta meter kubik. Ada beberapa sarana akomodasi juga yang telah dibangun di sekitar objek wisata, salah satu yang besar adalah Swa Loh Resort.

Fungsi Dan Manfaat Bendungan Wonorejo Tulungagung

Fungsi Bendungan Wonorejo

Selain dikenal sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Tulungagung. Ternyata Bendungan Wonorejo Tulungagung ini juga mempunyai fungsi lain. Bahkan bisa dibilang jika bendungan terbesar se Asia Tenggara ini memiliki fungsi serba guna. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali manfaat maupun fungsi dari bendungan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi dari Bendungan Wonorejo selain sebagai tempat wisata.

Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Salah satu fungsi lain dari Bendungan Wonorejo yang ada di Tulungagung ini adalah sebagai pembangkit tenaga listrik. Bendungan ini membantu daerah yang ada di Kabupaten Tulungagung untuk sebagai pembangkit tenaga listriknya. Bahkan tenaga listrik ini membantu menghidupkan listrik dari beberapa Kecamatan yang ada di daerah lokasi tersebut. Maka tidak heran jika bendungan ini merupakan salah satu kebanggaan Tulungagung, bahkan kebanggaan Jawa Timur juga.

Pengairan

Dengan memiliki banyaknya air yang mencapai 6,05 juta kubik, pemerintah akhirnya memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu pengairan di Tulungagung. Bendungan tersebut difungsikan untuk mengairi pengairan wilayah daerah-daerah yang berada di Kabupaten Tulungagung. Biasanya pengairan tersebut digunakan warga setempat untuk mengairi tanaman mereka.

Perikanan

Tidak hanya sebagai tempat pengairan di Kabupaten Tulungagung, Bendungan Wonorejo pun juga difungsikan sebagai salah satu tempat perikanan. Di bendungan inilah pemerintah kabupaten Tulungagung membuang banyak sekali ikan-ikan. Bahkan ikan yang ada di bendungan tersebut tidak hanya satu jenis, melainkan beberapa jenis. Jadi buat warga setempat yang mempunyai hobi memancing pun bisa melakukan hobi di tempat tersebut.

Olah Raga

Bendungan Wonorejo pun juga difungsikan sebagai salah satu tempat olahraga yang ada di Tulungagung. Di tempat ini warga setempat bisa melakukan beberapa olahraga yang tentunya dapat mengeluarkan keringat. Biasanya tempat ini sering diburu pada pagi dan sore hari oleh orang yang ingin melakukan olahraga.

Tempat Rekreasi

Tidak bisa dipungkiri jika Bendungan Wonorejo saat ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang ada di Kabupaten Tulungagung. Bahkan akhir-akhir ini bendungan yang ada di Tulungagung menjadi tujuan utama buat wisatawan yang hendak liburan. Biasanya wisatawan yang liburan ke tempat ini, ingin melihat keindahan bendungan terbesar yang ada di Indonesia.

Lokasi Dan Tiket Masuk Bendungan Wonorejo Tulungagung

Bendungan ini  berada di Desa Wonorejo, tepatnya di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Perjalanan menuju objek wisata Bendungan ini bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, entah itu menaiki mobil maupun sepeda motor. Akses jalanannya yang sudah beraspal dan tidak terlalu menanjak, sehingga sangat mudah untuk dilewati dengan menggunakan jenis kendaraan apa saja selain Bus.

Sedangkan untuk masalah harga tiket masuk ke wisata Bandungan Wonorejo Tulungagung ini bisa di bilang sangat bersahabat dengan dompet. Pasalnya dengan hanya uang Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ditawarkan bendungan terbesar nomor satu Asia Tenggara. Namun harga tiket tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dinas pariwisata Kabupaten Tulungagung.

Fasilitas Dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Semakin banyaknya para wisatawan yang liburan ke objek wisata ini. Maka pihak panitia sendiri langsung berbenah diri dengan membangun beberapa fasilitas menarik untuk memanjakan para wisatawan yang hendak liburan ke sini. Selain itu, wisatawan pun juga bisa melakukan aktivitas di objek wisata ini. Lalu apa saja fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan? Langsung saja, berikut ini penjelasannya.

  1. Taman Bermain

Salah satu fasilitas yang disediakan di Bendungan Wonorejo Tulungagung adalah taman bermain. Jadi selain dapat menikmati bendungan terbesar di Asia Tenggara, Anda pun juga bisa menikmati taman bermain yang ada di sekitarnya.

  1. Area Pemancingan

Anda mempunyai hobi memancing? Jika mempunyai hobi tersebut ketika ingin liburan ke objek wisata ini jangan sampai lupa membawa alat memancing. Pasalnya di Bendungan Wonojero juga difungsikan atau di fasilitasi berupa area pemancingan.

  1. Speed Boat

Di tempat ini Anda pun juga bisa melakukan aktivitas yang sangat menarik, salah satunya adalah dengan menaiki speed boat. Dengan menggunakan speed boat inilah Anda bisa mengelilingi bendungan terbesar kebanggaan masyarakat Tulungagung.

  1. Penginapan

Di sekitar objek wisata Bendungan Wonorejo ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Penginapan yang ada di daerah objek wisata ini juga beraneka ragam jenisnya. Jadi Anda bisa memilih tempat penginapan yang sesuai dengan bajet yang dimiliki saat ini.

  1. Sarana Untuk Hiburan

Fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh Bendungan terbesar se Asia Tenggara ini adalah terdapat sarana untuk hiburan. Tidak heran jika di tempat ini terdapat sarana hiburan. Pasalnya setiap harinya Bendungan Wonorejo Tulungagung tidak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung.

 

Leave a Comment