Inilah Objek Wisata Di Wonosobo Selain Dieng Yang Wajib Dikunjungi



Wonosobo merupakan kota di Jawa Tengah yang dikenal memiliki beragam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, kebun teh, air terjun, dll. Salah satu obyek wisata yang sudah banyak dikenal bahkan sampai ke mancanegara yaitu Dataran Tinggi Dieng. Selain itu masih banyak sekali tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang menarik untuk dikunjungi. Itulah sebabnya Wonosobo dijadikan sebagai salah satu tujuan utama para wisatawan.

Destinasi Wisata Di Wonosobo Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang menarik untuk dikunjungi :

  1. Alun-Alun Wonosobo

Alun-alun Wonosobo

Jika anda sedang melakukan perjalanan menuju Dieng pasti anda akan melewati Alun – Alun Wonosobo yang selalu ramai dengan pengunjung. Di sini anda bisa sekedar beristirahat dan juga menikmati keindahan Alun –Alun yang Asri.

Di Alun – Alun Wonosobo terdapat berbagai jenis makanan tradisional seperti mie ongklok, serabi, batagor, bakso, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga. Selain itu, pemandangannya yang indah cukup menarik untuk dijadikan sebagai objek foto.

  1. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian Kalianget

Tidak jauh dari Alun – Alun Wonosobo terdapat pemandian air hangat Kalianget. Lokasinya hanya berjarak sekitar 4 Km dari Alun – Alun. Pemandian Kalianget terletak di jalan Dieng, tepatnya di Desa Kalianget, Wonosobo. Di sini anda bisa berendam air hangat untuk menghilangkan lelah dan menyegarkan badan. Tiket masuk wisata ini pun cukup murah yaitu Rp 5000,- per orang. Untuk jam operasional buka pukul 07.30 – 17.00 WIB.

Selain pemandian air hangat, di kawasan tersebut juga terdapat taman yang asri. Tempat ini bisa anda jadikan sebagai tempat istirahat dan juga area bermain untuk buah hati anda.

  1. Obyek Wisata Telaga Menjer

Telaga Menjer

Telaga Menjer berlokasi di jalan Dieng Km 8, tepatnya di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.  Untuk dapat sampai di lokasi ini anda bisa melihat petunjuk arah di sepanjang jalan dari Alun – Alun menuju lokasi.

Selain melihat keindahan telaga, di sini anda dapat menikmati pesona keindahan perbukitan hijau dan juga Gunung Sindoro. Anda juga dapat menaiki perahu untuk mengelilingi telaga hanya dengan membayar Rp 15.000,- per orang.

  1. Curug Sikarim

Curug Sikarim

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang selanjutnya adalah Curug Sikarim. Curug ini letaknya tidak jauh dari Telaga Menjer, tepatnya di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Air terjun di curug ini mencapai ketinggian 24 meter. Untuk anda yang ingin mengunjungi wisata ini sangat disarankan untuk mempersiapkan tenaga yang lebih, karena akses jalan menuju lokasi ini tidak mudah. Anda juga harus berhati – hati karena anda akan melewati lembah dengan jalan yang terjal dan juga licin.

  1. Agrowisata Tambi

Argowisata Tambi

Wisata ini merupakan tempat perkebunan teh dengan indahnya pemandangan hijau yang menyejukkan. Lokasi wisata ini berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tempat ini tak jarang diselimuti kabut karena lokasinya yang berada di ketinggian 1350 mdpl. Untuk dapat sampai ke wisata anda harus melakukan perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 16 Km dari pusat kota.

Selain menikmati pemandangan kebun teh, anda juga bisa berkunjung ke pabrik teh. Di sana anda akan melihat pengolahan daun teh mulai dari daun yang baru di petik hingga sampai siap untuk di pasarkan. Anda juga akan menikmati dan merasakan hangatnya sajian minuman teh langsung dari pabriknya.

  1. Kebun Teh Dan Kolam Renang Tanjungsari

Tanjungsari Wonosobo

Selain Agrowisata Tambi, wonosobo juga memiliki perkebunan teh lainnya yang dijadikan tempat wisata yaitu Kebun Teh Tanjung. Lokasi wisata ini berada di Jl. Raya Wonosobo – Purworejo Km 14, Sapuran, Wonosobo.

selain agrowisata kebun teh dan waterboom, di kawasan ini juga terdapat berbagai wisata outdoor seperti outbound, hiking, dan banyak lagi yang lainnya. di sini juga disediakan bus yang siap mengantar anda mengelilingi kebun teh.

  1. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng adalah Waduk Wadaslintang. Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Sebenarnya Waduk Wadaslintang ini didirikan di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kebumen.

Di wisata ini anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam. Anda juga bisa menikmati wisata air, irigasi, dan pastinya anda bisa melihat pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini anda hanya perlu membayar Rp 4.000,- per orang.

  1. Lubang Sewu

Lubang Sewu Wonosobo

Wisata ini juga terletak di area Waduk Wadaslintang, tepatnya di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Banyak sekali keindahan alam yang disuguhkan wisata Lubang sewu ini. Seperti bebatuan lubang sewu, keindahan Waduk Wadaslintang, sunset, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Obyek wisata Lubang Sewu merupakan wisata di Wonosobo yang belum lama ini booming. Meskipun demikian, sampai saat ini wisata Lubang Sewu sudah ramai di datangi pengunjung dari berbagai daerah.

  1. Curug Winong Kaliwiro

Curug Winong Kaliwiro

Objek wisata curug di Wonosobo yang lainnya adalah Curug Winong. Curug ini berlokasi di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Obyek wisata Curug Kaliwiro ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun yang berbentuk seluncur, tapi juga menawarkan pesona alam pegunungan khas Wonosobo.

Akses menuju wisata ini cukup sulit karena anda harus melewati pemukiman penduduk. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena terdapat papan penunjuk arak untuk dapat sampai ke lokasi wisata tersebut. Dengan hanya membayar Rp 4.000,- per orang, anda sudah bisa menikmati keindahan dari Curug Winong ini.

  1. Kolam Renang Mangli

Kolam Renang Mangli

Di Wonosobo juga terdapat wisata  Kolam Renang Mangli dengan air asli dari pegunungan yang segar. Kolam renang ini berlokasi de Desa Kejiwan, Wonosobo. Letaknya pun hanya berjarak sekitar 3 Km dari Alun – Alun Wonosobo.

Harga tiket masuk kolam renang ini juga murah, anda hanya dikenakan biaya Rp 3.000,- per orang. Di sana terdapat 2 kolam yaitu kolam besar dan kolam kecil. Selain fasilitas pendukung untuk pendukung, wisata ini juga dilengkapi dengan kamar ganti, musola, toilet, area parkir yang cukup luas, dll.

Itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang bisa anda kunjungi. Dan tentunya masih banyak lagi wisata – wisata di Wonosobo yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.  

 

Leave a Comment