Inilah Tempat Wisata Eksotis Di Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi



Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di jawa tengah yang memiliki luas wilayah 984.684 Km². Secara harfiah wonosobo berarti “tempat berkumpul di hutan”. hutan selalu identik dengan keselarasan alam yang rimbun dan menenangkan jiwa, maka dari itu banyak tempat wisata alam yang sangat eksotis dan belum terjamah oleh manusia tersembunyi dibalik rimbun nya hutan di wonosobo. Bagi anda yang hobi travelling, tentunya anda akan selalu mengincar tempat wisata baru dan eksotis yang bisa anda abadikan dengan kamera dan anda ingin mengajak kerabat, keluarga, dan pasangan untuk sekedar melepas penat karena aktivitas pekerjaan yang melelahkan di kantor atau sedang jenuh untuk mengerjakan skripsi kuliah. Sudah menjadi hal yang tabu jika berwisata ke tempat yang sudah sering dikunjungi kebanyakan orang dan juga sudah menjadi destinasi wajib di setiap hari libur. Namun anda mungkin belum mengetahui jika ada tempat wisata eksotis di wonosobo yang bisa mengisi daftar tempat yang wajib anda kunjungi saat liburan panjang.

Lokasi Tempat Wisata Eksotis Di Wonosobo

Sebagian besar wilayah wonosobo merupakan daerah pegunungan. tempat wisata banyak berada di bagian utara tepatnya di daerah dataran tinggi dieng. Dengan puncaknya gunung prau menjadikan wilayah ini destinasi wisata alam. Kemudian dibagian timur wilayah ini juga menyimpan tempat wisata lainnya. Terdapat dua gunung kembar bernama sindoro dan gunung yang letaknya saling berdekatan. Selanjutnya Dibagian selatan juga terdapat waduk wadas lintang.

Kuliner Khas Wonosobo

Saat mengunjungi suatu daerah tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner khas daerahnya. berwisata dengan tempatnya sekaligus dengan kulinernya. Mi ongklok merupakan mie yang direbus bersama sayur kubis dalam wadah ongklok dengan topping tepung kanji masak dan sate ayam. Sego megono terbuat dari nasi dicampur sayuran dan ikan teri, kuliner ini dikenal dengan nama nasi kotor oleh masyarakat wonosobo. Dendeng gepuk merupakan kuliner yang terbuat dari daging sapi yang diberi rempah – rempah seperti ketumbar, jahe, lada dan rempah lainnya.

Penginapan Murah Di Kabupaten Wonososbo

Bagi anda yang datang dari jauh untuk menikmati keindahan wisata di wonosobo, anda tidak perlu khawatir mencari penginapan di sini. Losmen and restaurant bu djono berada di jl.raya dieng Km 27 dengan tarif mulai dari Rp. 75.000/malam dan fasilitasnya tidak mengecewakan. Setiap kamar dilengkapi kamar mandi, Tv dan air panas. Pendingin ruangan tidak diperlukan di daerah ini, karena udaranya sudah dingin. Selain itu ada homestay dieng plateau dengan tarif yang lebih murah Rp. 50.000/malam. Fasilitasnya cukup baik dengan kamar mandi berada diluar.

Tarif Masuk Ke Tempat Wisata Di Daerah Wonosobo

Tarif yang dipatok untuk wisatawan yang ingin memasuki daerah wisata ini, dibagi menjadi dua kelompok yaitu wisatawan lokal dan asing. Untuk bisa masuk tempat wisata yang berada di wonosobo, wisatawan lokal dikenakan tarif  Rp. 5.000 s/d Rp. 8.500 sesuai dengan tempatnya. Kemudian bagi wisatawan mancanegara yang ingin masuk dikenakan tarif mulai dari Rp. 5.000 s/d Rp. 150.000 sesuai dengan tempat yang dikunjunginya.

Tempat Wisata Eksotis Di Wonosobo

Wonosobo tidak hanya terkenal dengan dendeng gepuknya yang sangat lezat di lidah masyarakat indonesia, tetapi juga tempat wisata yang ditawarkannya. Dengan daerah yang berupa pegunungan dan dataran tinggi membuat wonosobo memiliki Banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan eksotis. Sangat disayangkan jika anda tidak mengenal tempat-tempat tersebut. Keindahan alam yang masih asri, sejuk udaranya dan sunyi alam sekitarnya. Maka dari itu anda perlu mengetahui tempat – tempat wisata tersebut. Berikut Tempat wisata eksotis di wonosobo yang wajib anda kunjungi.

  1. Puncak Gunung Sindoro Dan Sumbing

Puncak Gunung Sindoro

Gunung sindoro dan sumbing merupakan gunung kembar yang saling berdekatan dengan tinggi masing – masingnya adalah 3.340 m dan 3.155 m. Bagi anda yang hobi travelling dan naik gunung untuk mengisi liburan, destinasi wisata ini bisa masuk ke daftar kunjungan anda. Dengan panorama alam yang indah, sejuk dan segar udaranya menjadikan tempat ini maha karya sang maha kuasa yang sangat sempurna.

  1. Sikunir

Panorama Sikunir

Tempat ini merupakan bagian dari wilayah dataran tinggi dieng. Di sini anda bisa menikmati indahnya golden sunrise sikunir yang mempesona. Tidak hanya itu, di tempat ini mata anda akan dimanjakan dengan indah nya pemandangan gunung tinggi yang berderet dengan kokohnya. Kemudian pemandangan yang sangat eksotis saat anda disuguhkan dengan pemandangan indah pemukiman warga dan telaga cebong yang diselimuti kabut tipis .

  1. Telaga Cebong

Telogo Cebong

Tempat ini merupakan telaga vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung prau purba. Saat anda mengunjunginya anda akan jatuh cinta dengan pesonanya. Dari tempat ini pandangan anda akan dibuat terlena oleh indahnya pemandangan bukit hijau yang terususun dengan sangat rapi dan beraturan. Kemudian anda akan disambut dengan semilir angin nan sejuk di wajah dan pemandangan istimewa area perkebunan yang menyatu lembut dengan alam.

  1. Curug Winong

Curug Winong

Tempat ini tersembunyi didalam hutan yang menjamin keaslian alam nya dan menyimpan suasana yang sangat syahdu untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Tempat eksotis Curug Winong ini menawarkan keindahan air terjun yang berbentuk seluncur dan pemandangan yang elok menyejukkan dan menentramkan jiwa. Saat akan mengunjungi tempat ini, sambutan hangat pemandangan hutan pinus dan pegunungan di sisi kanan dan kiri yang sangat mengesankan.

  1. Telaga Warna

Telaga Warna

Tempat ini adalah danau vulkanik yang airnya bercampur dengan belerang. Sehingga menimbulkan reaksi pada warna airnya, dapat memantulkan cahaya matahari. Warna air telaga ini yang terbentuk karena kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat merubah warna telaga ini sewaktu – waktu. Apabila terkena cahaya matahari, telaga ini akan memunculkan warna yang sangat indah seperti warna pelangi yang muncul setelah hujan turun.

  1. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Tempat ini berada di selatan telaga warna, telaga ini memiliki air yang sangat jernih berbeda sekali dengan air telaga warna. Karena kejernihan air nya membuat telaga ini begitu selaras dengan pemandangan alam sekitar sehingga menambah kesan yang lembut nan elok. Tempat ini menawarkan keindahan pemandangan hutan yang rimbun, sehingga dapat membuat anda merasa rileks, segar, tenteram dan juga bersemangat kembali.

 

Leave a Comment