Istana Klungkung, Menyingkap Keindahan Kerajaan Klungkung Era Bali Masa Lampau

Istana Klungkung / Klungkung Palace Bali(Sumber gambar: Alessandro Pedretti @ Panoramion)

Kabupaten Klungkung memang merupakan kabupaten terkecil di Provinsi Bali, namun ternyata menyimpan sejarah besar di mata rakyat Bali. Ialah Istana Klungkung Semarapura Bali, salah satu istana terbesar yang ada di Pulau Bali. Objek wisata ini juga merupakan sekian diantara objek wisata di Bali yang tidak mainstream karena memang masih jarang diketahui oleh para wisatawan dan juga di sini adalah salah satu tempat yang cocok bagi anda yang memang pecinta dan memiliki selera seni yang tinggi.

Istana Klungkung yang berada pada koordinat -8.53556, 115.40300, S8°32'8", E115°24'10" ini sendiri diperkirakan sudah berdiri dari sejak sebelum tahun 1686 dan merupakan peninggalan dari zaman kerajaan semasa pemerintahan Raja Dewa Agung. Meskipun pada tahun 1908 Istana Klungkung ini sempat hancur karena penyerangan oleh kolonial Belanda, tetapi masih ada sisa sisa yang tertinggal seperti salah satunya gerbang pintu Taman Gili Kerta Gosa. Benda benda bersejarah pun juga masih ada tersimpan di Istana Klungkung ini.

Tidak hanya Istana Klungkung, disini ada tempat menarik yang bisa anda datangi yakni taman Gili Kerta Gosa yang merupakan bagian dari Istana Klungkung ini juga. Disini terdapat peninggalan sejarah Kerajaan Klungkung yang banyak dicirikan dengan berbagai ornamen ukiran-ukiran khas Bali yang sangat indah.

Lukisan atap istana klung bali taman gili air kerta gosa(Sumber gambar: diktabalitour.com )

 

Hal unik lainnya yang bisa anda temui di Taman Gili Kerta Gosa adalah lukisan dengan media atap bangunan. Lukisan ini pun menggambarkan sebuah cerita mengenai Karmapala. Cerita Karmapala ini dilukiskan secara kronologi dengan lukisan gambar ala Bali yang khas.  Tidak hanya sekedar cerita, namun banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari lukisan tersebut.  Setiap gambar atau lukisan yang tertoreh disini pasti memiliki makna tersendiri untuk dipelajari.

Patung di taman gili air istana klungkung Bali(Sumber gambar: bali.panduanwisata.id )

 

Di Taman Gili, bangunan berarsitektur tradisional Bali dibangun dengan beralaskan kura-kura raksasa. Uniknya terdapat deretan patung-patung para dewa yang menyimbolkan kebaikan yang berbaris di salah satu sisi Taman Gili, dan disisi lainnya berderet para raksasa yang merupakan cerminan dari keburukan dan keserakahan yang masing-masing berebut untuk mendapatkan Air Kehidupan. Di tempat ini pada zaman dahulu sering dijadikan sebagai tempat untuk prosesi pemotongan gigi para anak raja.

Ornamen di kerta gosa istana klungkung Bali(Sumber gambar: bali.panduanwisata.id)

Sedangkan di Kertha Gosa, tempat ini lebih difungsikan sebagai tempat pengadilan. Oleh karenaya, ornamen dan lukisan yang terdapat di langit-langit Kertha Gosa menggambarkan lukisan yang berbeda dengan yang ada di Taman Gili. Di Kertha Gosa lukisannya didominasi oleh gambaran roh-roh di alam kematian. Dimana masing-masing roh akan mendapatkan ganjaran yang setimpal sesuai perbuatan semasa hidup mereka, sebagaimana tercantum dalam cerita tersohor Bima Swarga.

Istana klungkung taman gili air kerta gosa bali(Sumber gambar: puripurikecil.com)

Terdapat empat pilar bangunan utama dan museum yang bisa disambangi oleh pengunjung. Sedangkan di bagian selatan terdapat sebuah gerbang yang memiliki tinggi 10 meter yang juga bagian dari Istana Klungkung ini. Nama bangunan tersebut adalah Pemedal Agung. Untuk dibagian utara terdapat bangunan yang tinggi juga yang disebut Bale Kul-Kul.

Bale Kul-Kul ini adalah satu rumah adat tradisonal Bali yang memiliki kentongan didalamnya. Kul –kul merupakan sebutan untuk kentongan itu. Salah satu yang paling populer adalah bangunan sebelah timur yakni Bale Kembang. Bale Kembang ini sebenarnya adalah bangunan yang memang didesain khusus untuk tempat tinggal saat musim panas bagi anggota keluarga kerajaan dengan suasana yang asri dan sejuk serta dikelilingi oleh kolam dan air lili.  Yang terakhir adalah museum Semarajaya yang terletak di sebelah barat kompleks Istana Klungkung. Di museum ini terdapat songket khas Bali juga.

Kerta gosa istana klungkung Bali(Sumber gambar: indoholidaytourguide.com)

Bagi masyarakat Bali, istana Klungkung ini adalah bukti sejarah perjuangan rakyat Bali saat perang melawan kolonial Belanda dalam perang Puputan di Klungkung tahun 1908. Kerajaan Klungkung pun juga diyakini sebagai kerajaan terakhir di Bali yang melakukan pemberontakan hebat terhadap kolonialisme Belanda di masa itu.

Ingin Mengunjungi Istana Klungkung dan mampir ke Taman Gili Kerta Gosa?

Istana Klungkung atau Taman Gili Kerta Gosa ini terletak di pusat kota Semarapura di Jalan Untung Surapati, Klungkung. Berada sekitar 40 kilometer arah timur Denpasar. Anda bisa menempuh nya dengan kendaraan bermotor selama 1,5 jam. Tidak perlu khawatir karena lokasinya strategis dan tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Untuk tiket masuk ke Istana Klungkung ini, bagi anak – anak kurang lebih sekitar Rp 6.000,- danuntuk dewasa sekitar Rp 12.000,- saja. Tidak hanya disuguhkan pemandangan megah bangunan bangunan bersejarah yang ada disini tapi anda juga bisa sekalian berbelanja  di pasar seni tradisional yang menjajakan berbagai souvenir, kuliner khas Bali hingga membeli minuman dan snack untuk menemani jalan – jalan anda.


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply