Kafe Kolong, tempat ngopi unik di Jember

Jember – bukan selalu bicara perihal Pantai Papuma saja, atau Gudeg Pecel Warung Lumintu yang konon hits. Sehari di Jember memang tak cukup untuk mengeksplorasi semuanya, rupanya memang harus tinggal lebih lama lagi. Apalagi untuk pecinta kopi yang berkunjung ke kota ini, kafe yang sudah terkenal ini jangan terlewatkan; Kafe Kolong Jember.

Bagi para pecinta kopi di Jember, tentu saja tidak sah jika mereka belum mengenal Kafe Kolong yang ramai ini. Sebenarnya, untuk para pecinta kopi di Indonesia memiliki segala cara untuk menikmatinya, oleh sebab itu Kafe Kolong ini dibuat untuk memfasilitasi beberapa penggemar kopi yang menginginkan tempat anti mainstream.

Kafe Kolong, sebuah nama kafe yang sangat sederhana di Jember, berkonsep unik namun terkesan modern. Tepat di terowongan jembatan sungai Bedadung Jember, deretan meja kursi dari bambu dan diluar terowongan beberapa bangku outdoor siap menemani pengunjung yang ingin bersantai, mengobrol ataupun mencari sebuah inspirasi. Sebuah bar berbentuk gazebo sebagai tempat menyiapkan aneka hidangan baik minuman dan makanan khas kafe kolong untuk memanjakan tamu-tamu. Untuk lebih menghidupkan suasana, grup musik akustik akan menemani secara langsung di hari-hari tertentu.

Konon, sejarah berdirinya Kafe Kolong Jember tidak terlepas dari ide beberapa pecinta kopi dari alumni Universitas Jember. Saat mereka nongkrong bareng di warung sambil menyeruput kopi, sering kali membahas masalah kopi mulai dari rasa hingga asal kopi. Jika minum kopi sambil ngobrol lebih asyik maka perlu ditempat yang asyik pula.

Kebetulan, beberapa penikmat kopi tersebut merupakan aktivis pencinta alam Universitas Jember yang sering "bermain" di sungai Bedadung di Jember dan melihat ada lokasi yang unik dipinggir sungai tersebut yaitu di bawah kolong Jembatan Mastrip yang tidak jauh dari kampus Universitas Jember. Maka muncullah ide untuk membuat tempat ngobrol sambil minum kopi yang unik dan berbeda pada umumnya.  Oleh sebab itu, pada tahun 2013 mulailah berdiri dan dinamai Kafe Kolong karena kafe yang satu ini berlokasi tepat di bawah jembatan.

Di Kafe Kolong menyediakan beberapa jenis kopi, mulai dari Arabika Ijen, Arabika Argopuro, sampai Robusta Argopura pun tersedia. Selain kopi unggulan tersebut juga tersedia beberapa menu minuman dan makanan ringan lainnya. Untuk harga menu di Kafe Kolong seperti standar warung kopi pada umumnya, tidak mungkin menguras kantong. Disamping itu, Kafe Kolong semakin terkenal karena promosi dari mulut ke mulut atau melalui lini masa oleh sebab itu, wajar jika kafe ini tidak pernah kehabisan pelanggan. Ke Jember? Jangan lupakan Kafe Kolong!

@inay

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply