Ke Cianjur, Jangan Lupa Cicipi Si Legendaris Sate Maranggi

Berlibur ke daerah Cianjur, Jawa Barat jangan sampai lupa cicipi kulinernya yang legendaris hingga saat ini, salah satunya Sate Maranggi Sari Asih yang berlokasi di Jalan Raya Cipanas Cianjur. Warung yang buka selama 24 jam tersebut, rupanya tak kenal sepi. Jangan kaget kalau pengunjung selalu lalu-lalang dan parkir kendaraan selalu penuh demi mencicipi lezatnya Sate Maranggi.

Sebelum mengetahui gimana lezatnya Sate Maranggi, perlu kalian ketahui asal usulnya, yakni; konon Sate Maranggi sebenarnya berasal dari para pendatang Tiongkok yang menetap ke Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat atau para pendatang yang hidup di tengah-tengah masyarakat Sunda.

Oleh karena itu, awalnya Sate Maranggi sebenarnya bukan terbuat dari daging sapi atau kambing seperti sekarang ini, melainkan dibuat dari daging babi. Salah satu indikasi Sate Maranggi berasal dari Tiongkok karena bumbu rempah yang digunakan Sate Maranggi sama persis dengan dendeng babi dan dendeng ayam yang dijual di Hongkong, Tiongkok, dan Taiwan. Kemudian Sate Maranggi bertransformasi. Maka dari itu, Sate Maranggi masih menyerap cita rasa dan resep dari Tiongkok.

Sate Maranggi juga terkenal istimewa, karena memiliki citarasa yang begitu kuat akan bumbu rendaman yang dipakai sebelum sate dibakar. Sehingga tak perlu didukung dengan saus kacang sebagai siraman seperti pada umumnya. Untuk daging sate yang diolah di Warung Sari Asih mengutamakan daging sapi. Namun, kalian bebas memilih jenis satenya, ada Sate Maranggi Tanpa Lemak dengan harga per tusuk 3500, sedangkan jenis Sate Maranggi pakai lemak lebih murah hanya 2500 per tusuk.

Untuk rasa Sate Maranggi yang ada di Warung Sari Asih memang mantap, apalagi jika sate sudah dihidangkan dengan nasi bungkus yang masih panas. Dengan ditaburi sambal yang khas yaitu, sambal oncom, dan bisa dinikmati juga dengan tambahan cabe rawit. Eits jangan salah, sate yang satu ini juga bisa dinikmati dengan ketan bakar. Penasaran dengan rasanya? Yuk datang ke Cianjur, dan rasakan nikmatnya Sate Maranggi.

@inay


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply