Keistimewaan Tahu Takwa Kediri Yang Joss



Tidak seperti tahu produksi daerah lainnya, ternyata tahu takwa khas Kediri memiliki keunikan dengan warna khas Kuning keemasan. Kalau digigit rasanya kenyal dengan tekstur yang padat.

Walaupun namanya tahu takwa, bukan berarti diidentikan dengan dengan kota santri karena eksistensi puluhan pondok pesantrennya.

Nama tahu takwa hanya sebuah istilah lokal saja untuk membedakan nama tahun kuning dengan tahu putih.

Ada yang berspekulasi, istilah “takwa” berasal dari cara etnis Tiongkok yang menyebut “Tauhu-wa” sementara pada telinga orang Jawa terdengar sebagai takwa.

sumber: juliablog-yuju-.blogspot

(baca juga: Sate Maranggi Terkenal Dengan Kelezatan Bumbunya )

Kembali Sejarah Awal Mulanya Tahu Takwa 

Pada tahun 1900, terdapat ribuan warga Tiongkok yang bermigrasi ke Indonesia. Sebagian dari mereka kemudian memasuki wilayah Kediri. Tiga orang dari beberapa imigran tadi merupakan pelopor pembuatan tahu kuning. 

Mereka adalah Lauw Soe Hoek (lebih dikenal dengan Bah Kacung), Liem Ga Moy, dan Kaou Loung. Hingga saat ini, keturunan dari mereka tetap melestarikan dan melanjutkan usaha dari para leluhur mereka, kecuali keturunan dari Kaou Loung.

Faktor utama yang mendorong para imigran Tiongkok memilih lokasi pembuatan tahu di Kediri, karena terdapat kesamaan karakteristik air dengan yang terdapat di Tiongkok. 

sumber: pinterest

Hal tersebut dikarenakan, proses pembuatan tahu ini tidak mudah dan harus menyesuaikan dengan jenis air, yang nantinya akan mempengaruhi pada hasil akhirnya.

Pada tahun 1912, Lauw Soe Hoek (Bah Kacung) mulai mendirikan usaha tahu. Sedangkan Liem Ga Moy mengawali usahanya pada tahun 1948, tetapi usahanya baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1950. 

Saat ini usaha tahu Bah Kacung dilanjutkan oleh cucunya A. Herman Budiono putra dari Yosef Seger Budi Santoso (Lauw Sing Hian) yang meninggal pada bulan Mei 2008.

Beragam Manfaat Tahu Takwa

(baca juga: 7 Warung Soto Betawi Paling Maknyus di Jakarta )

Manfaat (khasiat) dari tahu kuning tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis tahu lainnya,karena memiliki bahan dasar yang sama, yaitu kedelai.

Tahu kuning memiliki unsur protein kedelai yang berfungsi menurunkan resiko penyakit jantung karena di dalamnya mengandung fitosterol (minyak tumbuhan) yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol dan mencegah penyumbatan jantung. 

Selain itu, di dalamnya juga mengandung isoflavon yang dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Tahu kuning hasil fermentasi juga dapat meingkatkan pembentukan vitamin K yang baik untuk mencegah pendarahan berlebih pada saat terjadi luka. 

Tahu kuning yang memiliki bahan utama dari kacang kedelai, dapat meningkatkan produksi hormon insulin, yaitu hormon yang dapat menurunkan kadar gula darah untuk para penderita diabetes. (dz)

Related Post:

1. Tempat Wisata Simpang Lima Gumul, Arc de Triomphe nya Kediri

2. Nihiwatu Sumba Dinobatkan Menjadi Hotel Terbaik Dunia

3. Air Terjun Sendang Gila, Pecahan Surga Hijau di Kaki Gunung Rinjani

 

Leave a Comment