Kekhasan Batik Pekalongan Membuatmu Makin Trendi



Batik Pekalongan adalah kerajinan menghias kain batik oleh para pengrajin kota Pekalongan. Pekalongan punya motif khas nan dipadukan dengan variasi warna atraktif. Alhasil, membuatnya sangat unik dan berbeda dengan produk dari daerah lain. Selain itu, hasil kerajinan ini berhasil menempatkan Pekalongan sebagai World’s city of batik oleh UNESCO pada katergori crafts & Folk art.

Menarik, ini ciri unik dari batik Pekalongan

Batik asal kota Pekalongan ternyata mempunyai motif sangat mudah dikenali berdasar ciri-ciri fisiknya. Adapun ciri-ciri unik motif dari kota pekalongan adalah sebagai berikut :

  • Motif. Bagian paling unik dari batik Pekalongan adalah motifnya. Dominasi bunga-bunga berukuran kecil tampak jelas. Bagi pemakai, hal ini membuatmu tampak fresh. Selain itu, pada motifnya terdapat garis serta titik mengapit bunga bunga. Alhasil, menjadikan produk ini tampak sangat ramai dan modern.
  • Warna cerah. Salah satu keunggulan lainnya adalah perpaduan warna atraktif. Kamu akan menemukan batik berwarna pink, salem, biru, hijau ataupun warna cerah lainnya yang tidak kamu temukan pada daerah lainnya.

Nah sekarang kamu sudah bisa membedakan batik dari kota Pekalongan dibandingkan daerah lain kan? Jadi kamu nggak akan salah ketika memilih produk ini.

Bahan pembuat batik Pekalongan yang perlu kamu ketahui

Kekhasan batik buatan kota Pekalongan bukan hanya terdapat pada motif dan kombinasi warnanya saja. Perlu kamu ketahui bahwa batik Pekalongan dibuat dengan berbagai bahan, tentunya sesuai dengan kebutuhan. Supaya lebih jelas, perhatikan penjelasannya di bawah ini:

  • Sutra. Sutra merupakan jenis kain yang dihasilkan oleh larva ulat murbei. Ciri khas sutra adalah memiliki tekstur mulus, lembut, tetapi tidak licin. Selain itu, daya tarik sutra terdapat pada permukaannya yang terlihat berkilau. Kilauan itu berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat. Sehingga, membuatnya mampu membiaskan cahaya dari berbagai sudut secara sempurna.
  • Sandwash. Bahan kain ini biasa disebut sebagai semi sutra. Memiliki karakteristik halus, warna cerah dan tidak cepat pudar.
  • Katun Primisima. Jenis katun ini adalah katun terbaik. Karakteristiknya adalah tebal, halus, rapat dan menjaga warna tidak cepat pudar serta  nyaman saat digunakan.
  • Katun Prima. Merupakan katun dengan karakteristik agak tipis dan sedikit lebih kasar dibandingkan dengan katun primisima. Meski begitu, tetap nyaman saat dipakai dan dapat menyerap keringat. Keunggulan paling penting dari kain ini adalah harganya lebih murah dibanding kain primisima.

Itulah jenis jenis kain nan biasa digunakan para pengrajin. Sekarang kamu tinggal tentuin, mana yang paling sesuai dengan karakter dan budgetmu.

Inspirasi batik Pekalongan berdasarkan kegunaannya

Batik Pekalongan, dengan warna dan kekhasan motifnya, memberikan kesan tersendiri kepada pemakainya saat digunakan pada acara-acara tertentu. Kalau kamu bingung milih produk yang tepat, simak tips berikut sebagai bahan panduan:

  • Pernikahan. Ketika mengadakan acara sakral, semisal pernikahan, kedua mempelai sangat disarankan memilih kain batik yang terbuat dari sutra atau semi sutra. Alasannya, dapat menjadikan kedua pengantin terlihat glamor. Sedangkan untuk panitia, sebaiknya menggunakan kain katun. Alasannya, panitia banyak bergerak sehingga memerlukan kain dengan karakteristik adem, tidak gerah dan tetap comfort ketika dipakai.
  • Tempat kerja. Kesan profesional saat berkerja akan semakin kuat jika ditunjang dengan busana yg tepat. Maka, pilih produk berbahan katun primisima. Alasannya, kain katun primisima memiliki motif unik yang tidak dijual secara pasaran.
  • Seragam sekolah. Anak sekolah relatif aktif dan banyak bergerak. Maka, pilih produk dengan bahan utama katun prima. Alasannya, katun prima dapat menyerap keringat dengan baik, serta adem saat dipakai. Selain itu, harganya pun relatif terjangkau.

Sekarang kamu nggak bingung lagi kan? Untuk tampil modis dan fashionable, kamu tinggal pilih produk berdasarkan acara yang akan dihadiri.

Pasar barang handmade dengan produk branded

Mau beli barang handmade dengan harga terjangkau? Belanja di Qlapa.com aja. Produk disini dibuat oleh para pengrajin lokal Indonesia. Artinya secara tidak langsung kamu turut membangun perekonomian bangsa. Selain itu, kamu nggak usah repot-repot berkeliling Indonesia untuk mendapatkan produk handmade berkualitas tinggi. Caranya pun sangat mudah. Cukup kunjungi situsnya, cari produk di menu pencarian, kemudian lakukan transaksi untuk memastikan detail item. Apakah mau di custom atau standar saja. Asik kan?

Soal kredibilitas, nggak usah khawatir. Situs ini menggunakan sistem rekening bersama, jadi bisa dipastikan tidak ada istilah tipu-tipu. Selain itu, nilai plus lainnya, kamu nggak usah pusing-pusing ngitung ongkir pengiriman. Situs ini sudah punya sistem terotomasi yang akan menghitung berapa ongkir ke daerahmu.

Batik Pekalongan bikin style fashionmu makin maksimal

Bagi para pecinta batik Pekalongan, untuk tampil unik, fashionable, dan trendi saat ini bukan lagi kendala. Motif dan warna khas dari kerajinan pekalongan akan membuatmu tampil semakin fresh dalam segala situasi. Penggunaan bahan berkualitas tinggi membuatmu comfort ketika kulit dan kain saling bersentuhan. So, Kamu tinggal mencari tempat yang tepat untuk berbelanja. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi Qlapa.com. Situs qlapa menyediakan aneka barang berkualitas dari para pengrajin lokal.

Leave a Comment