Kerajinan Kuningan Juwana yang Sudah Terkenal di Tanah Air

Juwana selain terkenal dengan bandeng Juwananya, yang dengan mudah kita temukan di pusat oleh-oleh Jl. Pandanaran Semarang, juga sebagai kota lengedaris untuk kerajinan kuningan. Juwana merupakan kota  keciil di pesisir utara pulau Jawa yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Juwana merupakan wilayah teramai kedua di Kabupaten Pati setelah Pati.

Kerajinan Kuningan dari Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sudah lama cukup dikenal di tanah air, bahkan hingga mancanegara.  Juwana sebagai sentra  kerajinan kuningan saat itu mampu mendorong hampir sebagian besar warga setempat untuk menekuni usaha sebagai perajin aneka produk dari bahan kuningan.

Yang lebih menarik adalah bahan baku yang digunakan merupakan bahan baku bekas atau daur ulang sehingga harga bahan baku relatif cukup murah dan mudah diperoleh. Jumlah perajin kuningan di Kecamatan Juwana dan sekitarnya awalnya mencapai 600-an pengrajin.

Produk yang dihasilkan cukup bervariasi, seperti suku cadang kompor gas, kran air, gagang pintu, meteran air, patung, lampu hias, serta produk lainnya dari bahan kuningan. Munculnya ratusan perajin kuningan, diantaranya karena Kecamatan Juwana merupakan sentra usaha tersebut serta tersedianya bahan baku yang dengan harga murah dan pangsa pasar kuningan yang masih terbuka luas. 

Dengan varian produk yang begitu banyak, apabila pembaca ada yang berniat untuk memberikan oleh-oleh atau cinderamata untuk acara tertentu, pembaca dengan mudah bisa order online dari pengrajin langsung, karena saat ini pengrajin Kuningan Juwana sudah relatif banyak yang sudah memiliki web untuk masing-masing kerajinan Kuningan mereka. (ec)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply