Kerak Telor, Makanan Khas Betawi Yang Unik Dan Melegenda



Selain dikenal sebagai kota Metropolitan, Jakarta juga dikenal dengan kulinernya yang khas, apa lagi kalau bukan kerak telor. Salah satu makanan unik dengan selera yang berbeda, nikmat lagi lezat sampai ke ujung lidah.

Kuliner ini sering dijajakan saat adanya Pekan Raya Jakarta maupun saat acara perkawinan suku Betawi. Satu yang unik dari kerak telor ini adalah cara pembuatannya, telor dimasukkan kedalam wajan tanpa menggunakan minyak, ketika telor setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan sehingga menjadi kerak.

sumber: hufftingtonpost


sumber: situkangnyampah

Setelah permukaan telor agak sedikit gosong, kerak telor diangkat dan diberi bumbu lalu siap dihidangkan. Kerak telor sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan anglo dan arang. Cara memasak dengan anglo ini digunakan untuk menjaga rasa khas dari kerak telor yang gurih dan legit.

Adapun bahan-bahannya adalah beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Menurut sejarah, kerak telor sudah ada sejak 1940 an, hal tersebut diabadikan dalam sebuah poto karena keunikan dan kelezatannya yang berbeda dari makanan lainnya pada waktu itu. Untuk menjaga ciri khasnya tersebut, pedagang kerak telor juga tidak sembarang orang, resep yang khas dan cara pembuatan yang unik harus mengikuti asalnya dari orang-orang terdahulu. Hal itu dikarenakan sejarah dari kerak telor yang disukai oleh semua orang hingga menjadi makanan khas Betawi.

sumber: kulinerkita


sumber: bankjim

Maka dari cara pembuatan dan resep yang diajarkan secara turun temurun, kekuatan rasa kerak telor pasti sama antar satu pedagang dengan pedagang lainnya.

Kerak telor memang sangat jarang ditemui pada hari-hari biasa. Kerak telor dapat dijumpai pada acara festival atau perayaan ulang tahun Jakarta, namun juga bisa dijumpai pada rumah makan betawi. Harganya berkisar 12 ribu sampai 20 ribuan tergantung jumlah telur yang diinginkan. Semakin banya telur, maka semakin besar porsinya. (dz)

Related Post:

1. Sate Padang, Sate Kaya Rempah Yang Disukai Semua Golongan

2. Bir Pletok, Minuman Jawara Betawi Yang Kini Disukai Banyak Orang

3. Sate Maranggi Terkenal Dengan Kelezatan Bumbunya Yang Mendunia

Leave a Comment