Kisah Nama Roti Maryam, Roti Cane dan Roti Prata



Jika kamu akrab naik kereta Commuter Line kamu pasti bertemu kedai roti maryam. Di kedai itu roti maryam dijual dari kisaran harga dari Rp 5 ribu (original) hingga Rp 8 ribu (daging).

Tapi, pernahkah kamu berpikir dari mana muasalnya roti tersebut? Apa beda roti maryam dengan roti cane atau roti prata?

Pertama soal namanya terlebih dahulu. Roti maryam, roti cane dan roti prata sebetulnya benda yang sama cuma beda nama saja. Sebagian megatakan roti ini berasal dari wilayah Chennai (Madras, India bagian selatan), makanya dibilang roti canai yang lalu digampangkan oleh lidah melayu jadi roti cane. Nama roti ini di Malaysia disebut dengan roti canai. Di Singapura namanya berubah jadi roti prata yang berasal dari bahasa Hindi paratha yang berarti "datar".

Di Indonesia yang serumpun Melayu, semula nama yang akrab dipakai adalah roti cane. Baru beberapa tahun belakangan roti ini berubah nama jadi roti maryam. Apa karena roti ini dijual oleh seseorang bernama Maryam? Wallahu'alam.

Roti Terbang dari India

Di berbagai negara roti ini juga punya nama sendiri-sendiri. Orang Myanmar menyebutnya palata dan orang Mauritius juga menyebut farata yang dekat dengan kata prata. Hanya di negara-negara Eropa yang berbahasa Inggris namanya jadi terasa kocak: flying bread, roti terbang. Mungkin karena bentuknya mirip piring terbang dan orang Eropa melihat roti ini sambil diterbang-terbangkan.

Sementara itu, orang Tiongkok menyebut roti dengan mengacu pada negei asalnya, India. Di sana roti ini disebut yin du jiang bing yang berarti biskuit panggang India.

Roti ini enak dinikmati dengan macam-macam santapan lain. Di Singapura atau Malaysia roti ini disajikan bersama kuah kari kambing atau ayam. Di restoran masakan Aceh pun demikian. Namun, temannya tak hanya kuah kari. Roti ini bisa disantap dengan krim atau kudapan manis lain, persis menyantap pancake atau panekuk.

Di kios roti maryam di stasiun kereta, misalnya, roti ini disantap dengan gula putih halus (buat yang original) dan saus sambal (buat roti yang dicampur daging). Tahun 2011 roti ini masuk daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNN. Kata CNN, sekali seumur hidup kamu setidaknya mesti mencoba kudapan ini. Sudah pernah, kan?** (ade/berbagai sumber)

Leave a Comment