Kreativitas Vespa Ekstrem Itu Dijuluki Mad Max Fury Road Dari Indonesia

header via  (Ed Wray/Getty Images)

Skuter Vespa tidak hanya sebagai kendaraan alternatif yang bentuknya unik saja. Lebih dari itu, Vespa di Indonesia telah menjadi bagian dari hidup. Tak jarang kendaraan ini menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas penggunanya.

Setidaknya ada tujuh aliran modifikasi yang banyak diadopsi bagi penggemar vespa, yakni Classic Vintage, British Style, Racing Look, Chopper Style, Rat Bikers, Ekstrem dan Low Riders.

Namun, ada salah satu aliran Vespa yang kerap kali menghiasi jalanan Indonesia, pun membuat geleng-geleng kepala. Yap, gaya modifikasi Vespa yang marak mengadopsi gaya Rat Bikers dan Ekstrem di Indonesia. Meski modifikasi mereka jauh dari keselamatan, mereka memiliki kreativitas dalam hal selera modifikasi.

Inilah komunitas yang dikenal dengan “Vespa Gembel” yang memodifikasi vespanya di luar akal sehat karena pandangan orang awampun melihat kreativitas vespa mereka sulit dikendarai. Banyak Vespa yang telah berubah bentuk yang nyaris tak bisa dikenali, baik untuk membuat mereka lebih nyaman atau meningkatkan nilai estetika.

Keunikan mereka disorot dunia

Bahkan sebuah harian ternama Inggris, Daily Mail, menjuluki mereka sebagai para Mad Max, yang diambil dari nama sebuah film populer yang baru saja dirilis kembali tahun lalu, yang dibintangi oleh Charlize Theron dan Tom Hardy.

Tidak hanya itu, kreativitas mereka juga menjadi sorotan Eropa yang ditulis dalam buku karya Donald W. Nueburger. Dalam buku bertajuk ˜Der Vespa Kult in Indonesienâ ™ ini ditampilkan lebih dari 300 foto Vespa-Vespa unik kreatifitas warga Indonesia. Donald sendiri merupakan warga negara Swiss yan pernah tinggal di Bali selama 8 tahun.

Saya sangat kagum dengan kretifitas anak muda Indonesia! Bayangkan mereka dapat menciptakan karya seni dari sebuah barang yang notabene tidak mempunyai nilai dan akhirnya menjadi sebuah karya seni yang banyak diminati masyarakat Swiss dan Eropa,” ujar Donald seperti yang dikutip pada laman itoday.co.id

Donald menghabiskan waktu hingga empat tahun berkeliling Indonesia untuk melakukan dokumentasi baik berupa pembuatan foto maupun mewawancarai penggemar Vespa Indonesia yang memodifikasi Vespa usang menjadi sebuah karya seni.

Dan inilah beberapa foto Mad Max dari Indonesia yang dibuat oleh Ed Wray dari Getty Images tahun 2013 lalu. Foto-foto ini juga disebar dan dimuat halaman dailymail.co.uk


Tidak ada lampu, santai siang ini (Ed Wray/Getty Images)


Panjang, muat banyak nih  (Ed Wray/Getty Images)


Selain suling, ini juga dari bambu nih (Ed Wray/Getty Images)

 
Canggih sekali (vespaindonesia.net)


Monster banget (google image)


wih ada tank nih (vespaindonesia.net)


Long ride bro

Kreatif banget kan? kamu tertarik untuk menaikinya?

Artikel lainnya:

1. Cak Tarpin, Pecahkan Rekor Mendaki Dengan Berjalan Mundur

2. Kisah yang Mengubah Hidup Penulis Eat, Pray, Love Saat di Indonesia

3. Makna Sebenarnya Lagu Lingsir Wengi, Bukan Pemanggil Kuntilanak


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply