Kuliner khas Bogor yang Enak, Legendaris dan Murah Meriah



Selain kaya akan wisata, Bogor juga mempunyai segudang kuliner. Bagi orang yang sedang berkunjung atau jalan-jalan di Bogor wajib kiranya untuk mencoba kuliner yang ada disini. Kurang lengkap rasanya saat berjalan-jalan ke suatu tempat kalau belum mencicipi kuliner yang menjadi ciri khas daerahnya.

Berikut beberapa kuliner enak dan murah meriah yang wajib Anda coba:

Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan salah satu kuliner ciri khas Bogor. Terdapat dua macam asinan khas Bogor yang bisa dijadikan santapan, ada asinan sayuran bahannya terdiri dari sayuran segar dan asinan buah yang dibuat dengan campuran beraneka ragam potongan buah muda yang direndam dengan air gula serta tidak lupa untuk diberikan sedikit cuka asam. Asinan Bogor juga cocok sebagai cemilan, akan sangat menyegarkan jika disantapnya siang-siang apalagi saat habis kepanasan di perjalanan.

Buah-buahan yang biasa dijadikan untuk asinan buah yaitu buah pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak dan beberapa buah lainnya. Buah yang dipakai buat bahan asinan biasanya buah lokal bukan buah yang impor.

Asinan Buah memiliki aroma menyengat yang berasal dari cuka asem, rasa segar dan renyahnya buah karena yang digunakan buah yang sangat muda. Rasa manis asinan umumnya memakai gula pasir biasa bukan gula biang dan tanpa pengawet. Kalau bahan asinan yang dipakainya jelek, maka hasilnya juga tidak akan segar.

Untuk asinan sayur bahannya terdiri dari campuran sayur segar tanpa direndam dengan air apapun seperti kol, timun, wortel, dan toge. Sayuran cukup dicuci bersih saja. Asinan Buah maupun asinan sayur baru dicampur dengan kuah asinan pada saat akan disantap. Kuah asinan terdiri dari campuran cabe merah yang masih segar.

Asinan Sedap Gedung Dalam berada di kawasan Sukasari, letak dimana Asinan Sedap berada. Tepatnya di Jalan Siliwangi No. 27C, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat 16142 atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor, buka dari pukul 09.00 – 21.00.  Hampir semua orang Bogor sudah tahu. Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor, setiap harinya selalu ramai dengan pemberli apalagi  pada akhir pekan, mobil dan bus besar sulit mendapatkan parkir. Jalanan sekitarnya pun dibuat macet. Bagi yang sedang merasa ngantuk sangat tepat kalau menyantap asinan, dijamin bisa bikin mata melek karena rasa segar yang didapat dari kuah pedas dan asamnya.

Meskipun sekarang ini Bogor memiliki banyak alterlatif oleh-oleh, tetapi tetap saja Asinan Bogor menjadi pilihan pertama oleh-oleh yang di beli. Pembeli pasti akan mencari Asinan Sedap Gedung Dalam, asinan yang paling enak, asli dan juga segar. Harga asinan yang ditawarkan cukup terjangkau. Asinan sayur atau buah harganya Rp19.000 untuk satu plastik, sedangkan Rp22.000 harga untuk kuah campuran kacang.

Bagi pengunjung yang mau membeli satuan seperti membeli minuman, manisan buah satuan seperti manisan mangga, pala, dan salak, Asinan Sedap Gedung Dalam juga menyediakannya. Manisan ini dikemas dengan menggunakan gelas plastik.

Asinan di sini dikenal mempunyai rasa yang khas dan tak berubah semenjak tahun 1978. Menurut pemiliknya, hal ini dikarenakan asinan masih menggunakan resep keluarga. Asinan ini juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Bogor yang wajib dibeli ketika liburan ke Bogor.

Toge Goreng

Toge Goreng Haji Omah - Instagram by #togegorengbogor

Ingin mencoba dan merasakan makanan khas Bogor tetapi sudah sulit di temukan di Kota lain? Anda bisa mencoba Toge Goreng, salah satu kuliner khas Bogor lainnya yang rasanya gurih, segar, enak dan murah meriah harganya. Toge Goreng, cara memasaknya tidak seperti namanya “Goreng”, tetapi makanan ini sebetulnya dimasak dengan cara direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan dikasih irisan tahu goreng (terkadang ditambah ketupat).


Campuran masakan ini kemudian disiram memakai bumbu yang berbahan dasar oncom juga tauco dan diberi pemanis (kecap manis). Rasanya sangat sedap dengan aromanya yang khas tauco dan toge. Makanan ini sangat tepat disantap selagi masih hangat, apalagi kalau lagi hujan turun.

Terdapat banyak tempat yang menjual Toge Goreng di Bogor yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dituju. Toge Goreng Haji Omah merupakan salah satu kuliner legendaris di Bogor yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Berkat kelezatan yang dimilikinya, Toge Goreng ini pernah dipanggil ke Istana Bogor pada rapat kabinet paripurna awal tahun 2017 yang lalu oleh Presiden Jokowi.  

Warung yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, semua itu karena kenikmatan dari toge gorengnya enak banget dan lebih membuat spesial lagi adalah tauconya yang homemade. Aroma tauconya nggak terlalu kuat, rasanya juga segar banget. Harga makanan ini juga sangat terjangkau, hanya Rp16.000 per porsi. Warung Toge Goreng Omah Haji mulai buka pukul 8.30 – 17.00.

Warung Toge Goreng Omah Haji terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.23A, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, tepatnya berada di sebelah Bogor Junction. Bila ingin menyantap makan berkuah dan segar serta hangat, tempat ini bisa dijadikan rekomendasi buat Anda.

Laksa Bogor

Foto Laksa Gang Au - Instagram by #laksagangaut

Bukan hanya betawi yang mempunyai makanan yang namanya Laksa, tetapi Bogor juga memiliki jenis makanan yang sama dan merupakan salah satu yang menjadi ciri khas kuliner Bogor. Laksa Bogor makanan yang populer di Indonesia. Dalam bahasa sanskerta, laksa mempunyai arti banyak. Maksudnya makanan ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam bumbu. Adonan Oncom yang ada pada Laksa Bogor mempunyai keunikan tersendiri pada makanan tersebut. Sebagai campurannya Laksa Bogor memakai lontong atau ketupat dan bihun, bukannya menggunakan mie.

Meskipun waktu berjalan begitu cepat, namun Laksa Gang Aut tetap mempertahankan resep andalannya sampai sekarang. Tidak hanya resep, warung laksa satu ini juga tetap menggunakan arang kayu untuk memasak.

Dalam penyajiannya, mie kuning akan dicampur bersama potongan ebi, sayuran, tahu, dan telur, kemudian disiram dengan kuah santan berwarna kuning pekat yang sangat gurih. Sebagai pelengkap, laksa ini diberi daun kemangi dan taburan serundeng turut ditambahkan dalam sajian ini.

Jika ingin merasakan enaknya Laksa Bogor yang legendaris, Anda bisa datang ke Jl. Surya Kencana, Gg. Aut, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16131. Laksa Gang Aut buka mulai pukul 07.00 dan biasanya paling lama hanya sampai pukul 15.00. Harga perporsi Rp15.000.

Selamat menikmati!

@nisa/beberapa sumber

Leave a Comment