Kuliner Solo yang Ngetop Usai Jokowi Mantu

Diundang menghadiri pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 8 November 2017, tak disia-siakan gubernur baru Jakarta Anies Baswedan untuk berwisata kuliner. Setiba di kota itu Selasa sore, Anies dan istrinya, Fery Farhati Ganis langsung menyantap tahu kupat di Warung Tahu Kupat & Telur Sido Mampir.

Bagi masyarakat Solo warung makan ini lebih dikenal dengan dengan nama Warung Tahu Kupat Sholihin. Lokasinya memang berada di dekat Masjid Sholihin, persisnya di l Gajah Mada No 95, Punggawan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Lewat akun Instagram-nya, Anies bercerita tentang kenangan menyantap ketupat tahu bersama ayahnya, Rasyid Baswedan.

dok. Instagram Anies Baswedan

"Almarhum ayah jika ada hari libur; dari Jogja hanya satu jam naik bus, atau mobil atau kereta “Kuda-Putih” jurusan Jogja-Solo (sebelum ada Pramex). Salah satu tempat yang sering kami datangi adalah Tahu Kupat," cerita Anies sambil mengunggah foto bareng istri sedang makan di Warung Tahu Kupat Sholihin. "Kebetulan diundang untuk menghadiri pernikahan putri Pak Jokowi hari Rabu pagi, sekalian kami napak tilas dan menikmati lagi Tahu Kupat khas Solo."

Apaan sih sebetulnya tahu kupat khas Solo?

Tahu kupat sebetulnya makanan yang dapat dijumpai di Pulau Jawa, namun setiap daerah biasanya memiliki kekhasannya masing-masing. Tahu kupat terdiri dari tahu, ketupat, bakwan, mie kuning, kacang, daun seledri, kol, tauge, serta telur. Semua bahan tersebut disajikan dengan kuah bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang pas dan bawang goreng.

Kupat Tahu

Biasanya juga kalau makan tahu kupat bisa ditambah dengan telur dadar atau telur ceplok dan ditemani kerupuk. Telur itu yang menjadikan menu tahu kupat di Masjid Sholihin berbeda dengan tahu kupat-tahu kupat lainnya.

Warung yang berdiri sejak 1987 ini tak pernah sepi pembeli. Selain itu warung ini juga menawarkan hiburan tradisional. Sekelompok pemusik memainkan musik dan menyanyikan lagu-lagu lawas atau tembang Jawa untuk menghibur pengunjung.

Dari Tahu Kupat ke Mie

Pernikahan putri Presiden Jokowi meninggalkan cerita seputar kuliner khas Solo. Cerita Anies dan istri belum selesai. Sebelum hendak bertolak ke Jakarta, pasangan ini masih sempat berwisata kuliner ria. Kali ini sasaran mereka sebuah restoran modern yang menyuguhkan sajian serba mie. Karena modern, namanya pun kebarat-baratan: Killing Mie.

Di Instagram-nya pula Anies mengunggah foto tengah bersantap di restoran tersebut. "Usai menghadiri pernikahan Kahiyang-Bobby. Dalam perjalanan pulang menuju bandara, mampir di warung mie @killingmie, Jalan Kenanga, Badran, Solo. Makan siang mie ditemani hujan rintik-rintik, makin terasa maknyus!" tulisnya.

Menu Killing Mie (dok. Facebook Killing Mie)

Ya, restoran Killing Mie berada di Jalan Kenanga no.22 Badran, Kota Barat, Purwosari, Laweyan, Solo. Laman Wonderfulsolo mengatakan Killing Mie tempat yang asyik untuk foto-foto, makan dan nongkrong. Selain serba mie, yang istimewa level pedasnya bervariasi dari 0-5.

Well, dari namanya yang berarti mie yang siap membunuh, level pedas mie di restoran ini bisa tak terperi. Pokoknya bersiap huh hah huh hah kepedesan, deh.

Warung Bakmi Langganan Dua Presiden

Lain Anies, lain pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bersama politisi dan sejumlah menteri ia mengunggah foto menyantap makanan kaki lima yang terkenal di Solo: Warung Bakmi Pak. H. Dul. Waeung ini terletak di Jalan Ronggowarsito 55, Perempatan Kampung Baru, Solo.

Ganjar bersama yang lain, di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mantan gubernur Banten Rano Karno dan mantan gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat, nongkrong di depan tenda warung. Di keterangan foto bertanggal 7 November 2017 itu ia menulis, "Makan di bakmi langganan Pak Presiden di Solo, silakan dicoba..."

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dkk. (dok. Facebook Ganjar Pranowo)

Warung Bakmi Pak H. Dul tergolong tempat kuliner legendaris di Solo. Warung ini telah berdiri lebih dari 40 tahun lalu. Sejak sebelum jadi bupati dan presiden, Jokowi langganan menyantap mie di sini. Jokowi paling suka bakmi godog di warung itu.

Dari catatan sejumlah media, Jokowi bukan satu-satunya presiden penggemar Warung Bakmi Pak H. Dul. Presiden kedua RI, Soeharto juga suka makan mie di warung itu. Bahkan, penguasa Orde Baru itu kerpa mengundang pemilik aslinya Pak Dul ke Jakarta untuk memasak di istana bila ia tengah rindu makanan khas Jawa. Pak Dul kini telah almarhum. Saat ini warung mie dikelola generasi ketiga.

Tak jauh dari gedung Graha Saba Buana, tempat akad dan resepsi Kahiyang-Bobby, yang juga dimiliki keluarga Jokowi ada warung mie langganan keluarga presiden. Nama warungnya Aroma, terletak 200 meter dari gedung Graha Saba Buana.

Pengelolanya, Yudi, mengatakan Jokowi paling senang menu bakmi godog di warungnya, sedang putranya, Gibran memfavoritkan nasi goreng dan lidah sapi goreng. Saat hiruk-pikuk pernikahan kahiyang-Bobby kemarin omsetnya justru meningkat. Petugas keamanan serta paspampres menyantap makanan di warungnya. (ade/berbagai sumber)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply