Kuliner Tradisional Blora: Sego Pecel Godong Jati

Penghasil Kayu Jati terbaik, Goa yang menawan, Seni Barongannya dan tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya merupakan bagian Blora yang patut dilihat atau dikunjungi. Selain itu, kota ini juga memiliki kuliner khas yang membuat lidah kamu bergoyang.

Selain Kuliner Sate yang terkenal dari Blora, Kuliner khas yang satu ini adalah Sego Pecel atau Nasi pecel. Tentu bagi orang Jawa Tengah maupun Jawa Timur sudah akrab di lidah.

Durung lengkap yen sarapan ora karo sego pecel” *red

Yapp.. begitulah ungkapan warga Blora dalam bahasa jawa. Makanan yang satu ini memang begitu melekat dengan masyarakat Blora. Mulai dari kalangan pinggiran sampai pejabat, dari anak-anak sampai orang tua, semua menyukainya.

Sego pecel pada musim dingin saat ini menjadi terasa lebih spesial. Nasi putih hangat dipenuhi racikan sayuran yang disiram sambal kacang. Nasi pecel sangat cocok dipadukan dengan tempe goreng atau mendoan yang hangat dan krupuk renyah karena dapat membuat selera makan anda meningkat dan menjadi lebih lezat dan nikmat untuk dimakan bersama sama. Ehmm Mantapp..

Menyantap nasi pecel lengkap dengan lauk pauk khas Blora, cukup dengan menggunakan alas godong atau daun jati yang di pincuk. Pincuk sendiri dalam bahasa jawa artinya piring yang terbuat dari selembar daun jati atau daun pisang yang dikerucutkan ujungnya dan disemat lidi. Aroma alami daun jati yang berbaur dengan sajian nasi pecel, tentu tak sama dengan piring produksi pabrik.

Nasi pecel cocok untuk sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam Anda. Sangatlah mudah untuk menemuinya di Blora, dari ujung Timur Cepu hingga ujung Barat Todanan, hampir disetiap warung makan menjual nasi pecel.

Salah satu penjual Nasi Pecel yang terkenal adalah Ibu Kis atau dikenal dengan Mak Kis. Yang berjualan di desa Todanan Blora buka mulai jam 4 Subuh sampai 6 petang. Untuk mengetahui tempatnya Klik disini. (Langganan Penulis..hehe)

Tenang! Harga sangatlah bersahabat. Dengan uang Rp.3000-Rp.6000 anda sudah bisa merasakan nikmanya nasi pecel khas Blora ini.

Tertarik mencobanya?? Selamat berwisata kuliner di Kota Blora. 

Penulis: Eric cantona

Baca juga:

1 9 Oleh - Oleh Makanan Khas Solo Yang Paling Terkenal

2. Goa Terawang Blora, Spot Foto Sinar Dari Surga

3. 7 Wisata Alam Blora Yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply