Lezat, Makanan Khas Ketan Jompo Jember Yang Menarik Perhatian



Jember adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Penduduk Jember sebagian besar bekerja sebagai petani. Di Jember memiliki banyak area perkebunan, yang merupakan peninggalan Belanda. Adapun penghasilan terkenalnya adalah tembakau yang digunakan sebagai lapisan luar/kulit dari cerutu. Selain itu di Jember juga terdapat bermacam tempat wisata. Yaitu pantai Payangan, pantai Watu Ulo, pemandian Patemon, air terjun Tancak dan sebagainya. Makanan khas Jember juga bermacam yaitu ayam pedas, bakso Kabut, bakso Sukir, bebek Galak dan masih banyak lagi. Berbicara tentang makanan khas, wisata kuliner di Jember terbilang juga ramai dengan pengunjung. Seperti halnya ketan Jompo Jember yang memiliki rasa yang khas dan lezat. Banyak pengunjung berdatangan untuk hanya merasakan ketan ini.

Bahkan bisa dikatakan hampir seluruh penduduk Jember mengetahui keberadaan ketan Jompo ini. Tak heran jika sampai sekarang tempat ini masih ramai dengan pengunjung. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa langsung datang ke lokasi ini. Anda akan menemukan kenikmatan tersendiri pada ketan satu ini.

Sejarah Nama Ketan Jompo

Ketan ini dinamakan Jompo bukan berarti tidak menyimpan sejarah. Konon katanya warung ini dibuka oleh seorang perempuan cantik yang suka mencubit pada pelanggannya yang genit. Maka bermula dari cubitan inilah yang memulai asal mula dari nama ketan. Maka sebenarnya ketan Jompo ini bernama ketan Chetol namun sekarang sudah tidak dijadikan lagi. Bagi Anda yang ingin tahu sejarah langsung dari tempat ini bisa tanya langsung ke anak cucunya yang kini juga masih Ada. Sehingga bisa menggali informasi lebih dalam lagi. Bahkan rahasia pembikinan ketan ini juga terus turun temurun hingga sekarang, dan tidak membuat kecewa para pelanggan.

Lokasi Dan Harga Ketan Jompo Jember

Untuk menuju ke lokasi ini Anda bisa datang ke Jl. Raya Sultan Agung, Jember, Jawa Timur. Mengapa dinamakan ketan Jompo? Karena memang tempatnya berada di jembatan Jompo. Padahal nama asli dari ketan ini adalah ketan Cethol. Untuk menikmati kelezatan makanan khas jember ini hanya dengan harga Rp. 3.000 per porsi. Sebelum kehabisan, Anda harus bisa lebih awal datang ke tempat ini yang dibuka mulai dari jam 8 malam. Karena dengan ramainya pelanggan, ketan ini akan lebih cepat habis dari yang Anda bayangkan.

Berbagai Daya Tarik Ketan Jompo Jember Yang Perlu Anda Nikmati

Ketan Cethol atau ketan Jompo memang memiliki rasa yang khas , menarik banyak pelanggan. Ada beberapa khas dan rasa yang membuat berbeda dari yang lainnya. Ada banyak hal yang ditawarkan yang membuat Anda akan ingin segera ke tempat ini. Simaklah beberapa penjelasan berikut ini tentang daya tawar yang menarik untuk Anda segera kesini.

  1. Rasa Ketan Yang Enak Dan Punel

Yang pertama kali menjadi sorotan dalam hal berbagai daya tarik dari ketan adalah rasa enaknya dan punel. Ini merupakan representasi dari ciri khas ketak Jompo ini.  Beras ketan disini yang menjadi bahan utama dari ketan Jompo. Dari beras ketan yang bagus pula, ketan yang dijual akan semakin lezat. Beras ketang adalah sebuah jenis beras yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Timur. Nutrisi yang terkandung dari 1 cangkir beras ketan berisi 169 kalori. Tingkat kematangan ketan yang pas dan juga tidak terlalu lembek atau keras. Hal ini yang menjadi penarik dan nilai tambahan tersendiri. Sungguh menggiurkan bukan? Tidak hanya enak, namun juga ditambah dengan kandungan yang kaya akan manfaat. Sekali Anda memenuhi perut Anda sekaligus mengisi nutrisi tubuh Anda.

  1. Taburan Parutan Kelapa Dan Bubuk Kedelai Yang Nikmat

Sebagai pelengkap, seperti makanan yang lainnya, ketan Jompo dilengkapi dengan parutan kelapa dan taburan bubuk kedelai yang nikmat. Bagaimana tidak, jika topping ini sangatlah mendukung lebih terasanya rasa pada ketan. Sehingga ini juga memiliki khas tersendiri antara ketan Jompo Jember dan bukan. Anda bisa menikmatinya sesuai toping yang Anda inginkan. Dengan alas daun pisang yang alami menambah lebih nikmatnya ketan dan terkesan lebih khas. Maka tidak heran jika warung ini setiap malam selalu dibanjiri oleh banyak pelanggan. Untuk menikmati ketan ini Anda bisa sambil nongkrong bersama teman-teman Anda. Yakin gak mau kesini? Buruan datang dan nikmati ketan dengan taburan yang lezat.

  1. STMJ Sebagai Pelengkap

Selain adanya ketan Jompo disini juga terdapat STMJ singkatan dari susu telur madu jahe. Minum STMJ dengan hangat, dan makan ketan yang enak tentu akan lengkap sudah bersantai Anda di tempat ini. Apalagi menikmati ini dikala hujan, akan lebih membantu dalam menghangatkan tubuh Anda. Adapun STMJ ini juga mengandung banyak kemanfaatan, seperti susu yang mengandung protein dan vitamin B. Telur yang mengandung gizi seperti karbohidrat, vitamin A, riboflavin, asam folat dan sebagainnya. Madu juga mengandung magnesium, kalium, kalsium, natrium dan yang lainnya yang dapat berfungsi bagus untuk tubuh. Dan jahe untuk mengurangi rasa mual, masuk angin, mencegah rematik, meningkatkan nafsu makan karena terdapat shogaol, gingerol dan lainnya. Ini akan memberikan manfaat lebih bagi Anda yang menikmati minuman ini. Bermanfaat bukan?. Hanya dengan kisaran Rp. 6.000 Anda sudah bisa menikmati minuman hangat ini.

  1. Berbagai Macam Pangan Jerohan

Selain menjual ketan Jompo Jember, juga menjual makanan lain yaitu berbagai macam pangan jerohan. Yaitu sate usus, sate rempelo ati, hingga ke makanan goreng seperti tahu dan tempe. Berbagai makanan ini diberi harga yang bermacam mulai dari Rp. 1000 an. Anda bisa menikmati ini dengan harga yang hemat bukan?. Seperti layaknya makanan angkringan yang lainnya, maka untuk menikmati makanan ini Anda disarankan untuk berangkat lebih awal agar tidak kehabisan. Mengingat tempat ini yang tidak pernah sepi.  

  1. Tempat Nyantai Malam Hari Yang Recommended

Untuk daya tarik yang terakhir yaitu terkait tempat penjualan ketan Jompo Jember yang unik dan berbeda. Kenapa dikatakan unik dan berbeda? Karena memang tempatnya yang berada di bawah jembatan. Untuk menikmati semilir angin malam tempat ini sangatlah recommended untuk Anda kunjungi. Ditempat yang terbuka dan lebih enjoy untuk dibuat bersantai. Karena tempatnya di emperan toko yang tutup. Anda bisa mengajak seluruh keluarga dan teman Anda untuk mencicipi makanan khas ini. Tunggu apalagi, segeralah kemari dan rasakan kenikmatannya.

 

Leave a Comment