Makanan Kreatif Khas Indonesia



 

Dengan berbagai kekayaan alam yang melimpah, orang-orang Indonesia kreatif lho membuat makanan dari bahan yang ga kepikiran sebelumnya.

 

1. Oncom

 

sumber gambar: orenjieculinary

Oncom ini sebenernya jarang dikonsumsi langsung, harus diolah lagi dan digabung sama bahan makanan lain supaya tambah nikmat. Kreatif lho, berawal dari kacang kedelai yang difermentasikan, lalu diolah sedemikian rupa, eh jadi makanan.

 

2. Kerak Telor

 

sumber gambar: lezatbanget

Berbahan dasar telor, makanan khas Jakarta ini menunjukkan kreativitas orang Indonesia. Dicampur dengan beras ketan dan bumbu-bumbu tertentu, lalu dimasak dengan cara yang unik, jadilah makanan ini, kerak telor. Bahan penamaannya juga unik karena cara memasaknya.  

 

3. Rujak Cingur

 

sumber gambar: infomakan

Mendengar kata rujak, yang umumnya terbayang adalah buah-buahan. Tapi cingur? Bingung ya? Cingur itu adalah moncong sapi. Nah kalo rujak dan cingur dijadiin satu, apa rasanya? Yang pasti enak banget, apalagi pake bumbu kacang dan petis. Kreatif banget yang bikin.

 

4. Rengginang

 

sumber gambar: tokopedia

Nah, coba dipikir. Nasi atau beras yang biasanya jadi makanan berat, ini malah dijadiin cemilan. Rengginang itu bahan dasarnya beras lalu diolah menjadi cemilan.

 

5. Dadih

 

sumber gambar: wajibbaca

Nah ini yogurt tradisional. Namanya Dadih asal Minang. Cara pembuatan makanan ini sama seperti pembuatan yogurt pada umumnya, hanya saja dadih terbuat dari dari susu kerbau. Oh ya, Dadih juga bisa dijadiin lauk pendamping nasi lho.

 

6. Kerupuk Kulit

 

sumber gambar: mindtalk

Gurih renyah enak. Kulit aja dijadiin kerupuk. Siapa yang bakal mengira kulit sapi bisa diolah jadi makanan ringan yang gurih dan bikin ketagihan seperti kerupuk kulit ini.

 

7. Saren

 

sumber gambar: gbi-houseofhope

Lho, makanan apa ini? Didih atau Saren adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari darah ayam atau sapi. Darah tersebut dipadatkan dan diolah lagi untuk pelengkap makanan lain. Makanan ini emang gak bisa dikonsumsi oleh semua orang karena ada yang menganggap makanan ini haram. So, hati-hati ya guys.

 

Atau uliners punya rekomendasi lain? Seperti Ampo, dari tanah liat lho. (fjr)

 

Artikel Terkait

1. Pecak Cucut Khas Pekalongan

2. Telor Asin Khas Brebes Yang Melegenda

3. Sate Kelinci, Cita Rasa dari Bedugul Bali

Leave a Comment