Makanan Tradisional Khas Surabaya Lontong Kupang



Warga Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan makanan khas satu ini. Makanan tradisional terbuat dari bahan dasar kupang yang dimasak dengan cara khusus dan disajikan bersama lontong. Kupang sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangat kecil dan memiliki warna tubuh cokelat pucat. Makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur ini berisikan lontong, kuah kupang, dan lentho yang disebut Lontong kupang atau kupang lontong. Nama makanan khas daerah Jawa Timur Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir timur Jawa Timur.

Ragam Makanan Lontong Kupang Yang Menjadi Ciri Khas Surabaya

Kuliner yang satu ini yang paling terkenal yaitu Kupang Keraton. Nama Keraton diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah.Masyarakat setempat percaya jika memakan kupang sambil minum degan, Semua penyakit di dalam tubuh yang menjadi sehat. Kupang lontong biasanya disajikan dengan sate kerang dan air degan disajikan bersama tempurung degan atau dengan gelas. Berikut ini adalah enam kedai enak lontong kupang yang ada di Kota Surabaya.

  1. Lontong Kupang Dan Lontong Balap Cak Woko

Lontong Kupang Cak Woko

Mungkin tak banyak orang yang tahu dengan makanan yang satu ini. Maklum makanan yang tergolong unik dan agak langka ini hanya dapat dijumpai di daerah pesisir pantai Surabaya dan Sidoarjo. Ditemani dengan sate kerang dan es degan, dijamin Anda bakal ketagihan Kupang buatan Cak Woko ini. Kupang merupakan makanan khas yang hanya bisa ditemui di daerah pesisir pantai, tetapi anehnya hanya di Surabaya dan Sidoarjo. Kupang ini disajikan bersama dengan lontong yang sebelumnya diracik dulu bumbunya oleh Cak Woko. Berupa campuran gorengan bawang putih yang diiris tipis-tipis, cabe,petis dan diberi sedikit kuah kupang. Selain menyediakan Kupang Lontong, Cak Woko juga menyediakan menu Lontong Balap. Lontong Balap ini racikan bumbunya sama dengan Kupang, diberi potongan lontong dan lento juga. Hanya saja bedanya kalau lontong Kupang dikasih kupang sedangkan Lontong Balap diberi tauge.

Untuk harga pun lumayan murah. Untuk menikmati dua makanan ini dijual per porsi dengan harga Rp. 5000. Sate kerang 10 tusuk dihargai Rp. 2500 dan es degan per gelasnya Rp. 2000. Jika anda berjalan - jalan ke kota pahlawan ini jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mampir ke warung Cak Woko. karena makanan tersebut tidak ada di Jakarta ataupun daerah - daerah lainnya selain di kota Surabaya dan Sidoarjo.

  1. Lontong Kupang SMAN 17 Surabaya

Lontong Kupang SMA 17 Surabaya

Buka dari jam 10.00 pagi hingga 17.00 sore, kedai ini seakan tidak pernah sepi dari pembeli. Kedai yang berlokasi di Jalan Raya Rungkut Asri Surabaya selalu menjadi tempat buruan bagi pelajar SMAN 17 Surabaya setelah pulang sekolah. Apalagi pada siang hari, ketika orang sedang beristirahat ketika bekerja, Kuliner ini menjadi pilihan santapan paling menjanjikan. Kedai yang didirikan oleh Pak Hadi ini juga memasang harga terjangkau. Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 saja.

  1. Lontong Kupang Artomoro

Lontong Kupang Artomoro

Di belakang Rumah Sakit Jiwa daerah Menur Surabaya terdapat kedai kupang cukup sederhana namun sudah terkenal. Sajian seporsi kuliner yang satu ini memang sangat menggugah selera. Apalagi ditambah dengan sate kerang yang bumbunya sangat meresap. Menariknya, kamu dapat menemukan deretan orang berjualan es kelapa muda di sekitar kedai ini. Yang memang cocok ketika disantap bareng makanan khas kota pahlawan ini. Harga satu porsi Lontong Kupang Artomoro Rp 8.000. Sate Kerang Rp. 7.000 Es Kelapa Rp. 5.000. Total untuk menikmati makanan ini Rp. 20.000. Cukup terjangkau Datang saja ke warung Artomoro di jalan Raya Menur Surabaya. Tepatnya di depan rumah sakit jiwa Menur.

  1. Lontong Kupang Pak Misari

Lontong Kupang Pak Misari

Kedai satu ini memang sudah terkenal warga di Sidoarjo-Surabaya karena rasa kuah kupangnya yang lezat. Berlokasi di Jl Mojopahit No 62, Sidoarjo. Kedai ini  siap menghidangkan seporsi kupang lontong. Dengan bawang goreng yang dihaluskan,  petis, dan perasan jeruk nipis, potongan lontong lalu disiram kuah kupang. Walaupun berada di kedai yang sederhana, namun rasa kuah kupang dengan sate kerangnya terasa sangat sempurna. Bagi kamu yang hendak mengunjungi Kota Pahlawan, wajib mencicipi kuliner yang satu ini

  1. Lontong Kupang Bu Siti

Lontong Kupang Bu Siti

Kedai Kupang Bu Siti yang berlokasi Jl Darmo Indah No.7 Surabaya, termasuk satu kedai favorit pecinta kupang Lontong di Surabaya. Uniknya, kedai ini menyuguhkan porsi yang banyak. Sehingga memuaskan hasrat pelanggannya. Apalagi saat anda menyantapnya  bareng sate kerang dan tambahan kerupuk gurih.  Menariknya, di kedai ini tidak hanya menjual kupang lontong saja, anda juga akan disuguhkan berbagai menu nasi campur yang tidak kalah enaknya. Kedai Bu Siti buka setiap hari kecuali hari libur, mulai dari jam 08.00 sampai jam 17.00.

  1. Lontong Kupang Om Azy

Meskipun terbilang cukup baru, tetapi kalau malasah soal rasa cukup istimewa dan tindak akan mengecewakan anda. Rasa gurih, manis, pedas dan menyegarkan di seporsi kupang lontongnya, di tambah dengan sate kerangnya yang semakin melengkapi saat santap. Sama seperti kupang lontong pada umumnya. Seporsi kupang lontong terdiri dari. Bumbu mentah yang di ulek, potongan lontong, lentho serut dan ditambah dengan kuah kupang. Meskipun kuahnya masih panas, tetapi masih ada rasa kriuk – kriuknya dari lentho yang sudah terendam kuah. Selain melengkapi dengan sate kerang, kita juga bisa menambah lenthonya yang gurih dan juga renyah.

Untuk seporsi kupang lontong dibandrol dengan harga Rp. 6.000. Untuk lenthonya sendiri Rp. 1.000 dapat 3 buah dan sate kerangnya seharga Rp. 500 pertusuk. Meskipun hanya beratapkan langit, tapi menikmati kupang lontong dengan seperti ini juga cukup menyenangkan, kecuali kalau tiba – tiba turun hujan. Kupang om Azy berlokasi di Jl. Raya Wonocolo, Taman , Sepanjang, Sidoarjo yang buka dari jam 18.00 – 00.00 kecuali hari rabu kedai om azy libur.

Bagi anda yang sedang berkunjung di kota pahlawan Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini. Makanan khas tradisional Jawa Timur yang murah tetapi membuat tubuh kita menjadi sehat dan kebal terhadap penyakit.

 

Leave a Comment