Makna Stupa Borobudur, paling tinggi tertutup dan yang lain berongga

Apabila kita berkunjung ke Candi Borobudur yang paling menonjol dan menarik buat pengunjung pada umumnya adalah stupa-stupa selain relief Candi Borobudur, dan ternyata stupa-stupa ini memiliki makna spiritual dalam Kosmologi Budhha.

Stupa Candi Borobudur

Stupa tingkat pertama dikenal sebagai area Kamadhatu. Kamadhatu ini bentuk stupanya berongga berbentuk jajaran genjang yaitu ada di bagian kaki Candi Borobudur yang memiliki makna spiritual kosmologi Budhha yaitu merupakan dunia yang masih dikuasi oleh “kama” atau “nafsu rendah”.

Stupa tingkat kedua dikenal sebagai Rupadhatu yaitu berada di empat undak teras yang membentuk lorong keliling yang dindingnya dihiasi galeri relief dan memiliki stupa berongga berbentuk persegi empat. Rupadhatu memilki spiritual kosmologi Budhha yaitu dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Rupadhatu ini melambangkan alam antara yakin dan alam bawah serta alam atas.

Stupa tingkat ke 3 atau terakhir yaitu bernama Arupadhatu. Arupadhatu ini berada di tingkat paling tinggi dan bentuk stupanya tidak memiliki rongga serta tertutup, berbeda dengan stupa-stupa lainnya yang dikelilingi oleh relief indah. Stupa Arupadhatu ini betul betul terutup dan di dalamnya tidak kelihatan ada patung Budhha. Arupdhatu memiliki spiritual kosmologi Budhha yang berarti tidak memiliki bentuk atau rupa, yaitu dalam menjelaskan konsep peralihan menuju keadaan tanpa wujud, yakni arca Buddha itu ada tetapi tak terlihat. Tingkatan tertinggi filsafat kosmologi Buddha tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud yang sempurna dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi, serta stupa yang berbentuk polos tertutup dan tidak berlobang serta tanpa rongga, Stupa utama dibiarkan kosong yang memiliki makna kebijaksanaan tertinggi, yaitu kasunyatan, kesunyian dan ketiadaan sempurna dimana jiwa manusia sudah tidak terikat hasrat, keinginan, dan bentuk serta terbebas dari lingkaran sengsara (samsara).

@nilea


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply