Manfaat Jengkol yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

Sering disalahkan karena memakan jengkol karena menyebabkan bau saat dikonsumsi buahnya. Apalagi baru disebutkan namanya saja, banyak orang yang langsung mendelik, selain itu jengkol identik dengan makanan kampung yang sudah ketinggalan zaman.

Buat yang sudah sinis duluan karena baunya jengkol, ternyata tanpa kamu sadari sayuran ini menyimpan manfaat mengejutkan bagi kesehatan, yakni obat alami yang terbukti bisa melawan sel kanker.

Baunya yang kuat membuktikan dia memiliki spektrum antrimikroba yang efektif melawan infeksi bakteri, jamur, dan parasit maupun cacing.

Jengkol juga mengandung senyawa yang lebih baik dari adriamycin (obat kemoterapi). Hebatnya, ekstrak jengkol menghancurkan sel ganas dan tetap memelihara sel sehat. Sumber ini didapat dari Institut Ilmu Kesehatan dan Biosains di Swedia.

Adapun manfaat lain dari jengkol seperti yang dikatakan Dr. Berlian Siagian dalam fanpage facebooknya, yakni pembentukan jaringan tubuh, mencegah osteoporosis, mencegah anemia, membasmi radikal bebas, dan menjaga kesehatan jantung. Daunnya pun dapat digunakan untuk obat diabetes setelah direbus dengan air dan kemudian diminum. 

Tentunya jengkol bermanfaat untuk Kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan saat kondisi ginjal sehat. Bila ginjal tidak sehat, jangan makan jengkol. Karena jengkol mengandung Asam Jengkolat berkadar tinggi. Asam Jengkolat dengan cepat dapat menyebabkan menggumpalnya kristal batu di saluran kemih.

Porsi jengkol yang aman dan bermanfaat untuk kesehatan adalah 10 gram per hari, atau sama dengan setengah sampai satu buah jengkol perhari.

Dan yang terpenting selama makan jengkol, maka harus minum air putih dua liter per hari agar ginjal tetap sehat. Rasanya jika menyebut Jengkol sebagai “kawan nasi” yang mengundang terbitnya liur.

Artikel lainnya:

1. 7 Kedahsyatan Buah Delima Untuk Kesehatan

2. Manfaat Luar Biasa Buah Manggis Dalam Mencegah Kanker

3. Jambu Biji Ternyata Dinobatkan Sebagai Rajanya Vitamin C 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply