Melipir Berburu Suvenir di Kampung Keramik Dinoyo

Tidak ada salahnya melipir sebentar untuk membeli suvenir unik di Kampung Keramik Dinoyo, Lowokwaru, Malang. Daerah ini memang menjadi sentra pengrajin keramik yang dikemas menjadi kampung wisata.

Kampung keramik Dinoyo, ialah salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di kota Malang yang cukup unik. Karena daerah lain tidak banyak yang mempunyai usaha sejenis ini terutama di Kota Malang atau bahkan di Jawa Timur.

Kerajinan souvenir dari keramik ini dibuat dari bahan khusus yaitu tanah liat atau lempung yang mengandung kaolinite, dan bahan lain yaitu : barclay/pucung , felspar, water glass, dan kobal dengan berbagai jenis warna yang diminati oleh banyak konsumen.

Corak keramik khas Dinoyo ini memiliki desain dan warna yang natural sehingga keramik tampak  natural dengan warna yang kalem dan sejuk.

Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin, dan lainnya.

Di sentra kerajinan yang terletak di Jl. MT Haryono XI ini terdapat sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas kota Malang.

Aktivitas Menarik di Kampung Keramik Dinoyo.

Menariknya, wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu tidak hanya menikmati hasil produk dari para pengrajin, melainkan juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. Bahkan para pengrajin menyediakan pelayanan jika ada wisatawan yang hendak mempraktikkan membuat kerajinan tersebut.

Untuk mempopulerkan keramik dinoyo ini, biasanya masyarakat yang tergabung ke dalam paguyuban pengusaha keramik mempopulerkan hasil produksi dari industri mereka lewat acara festival keramik.

Program ini juga didukung oleh pemerintah Kota Malang. Acara ini diadakan setiap satu tahun sekali untuk mendongkrak potensi wisata sekaligus meningkatkan penjualan industri.

Dalam acara Festival Keramik Dinoyo ini diadakan selama sepekan. Festival keramik ini merupakan festival keramik satu-satunya yang diadakan di Indonesia.

Sejarah Kampung Keramik Dinoyo

Sentra keramik Dinoyo, Malang, sudah eksis sejak 1957. Awalnya lingkungan persawahan ini terbentuk sebagai sentra gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga. Melihat perkembangan keramik China, pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen dan namanya terus dikenal hingga kini.

Cara Menuju Kesana

Untuk mencapai Sentra Keramik Dinoyo ini aksesnya sangat mudah. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dari pusat kota Malang, Kamu bisa langsung menuju Kelurahan Dinoyo di Jl. MT Haryono XI.

Jika naik kendaraan umum, kita bisa naik mikrolet berkode ADL dari Terminal Arjosari atau mikrolet dengan kode GML dari Terminal Gadang, dan langsung turun di Jl. MT Haryono. Lokasi sentra kerajinan keramik berada sekitar 20 meter ke arah barat setelah pertigaan Dinoyo.

***

Unik, indah, dan mempesona. Itulah kesan yang didapat saat melihat keramik yang dihasilkan para perajin di Dinoyo. Jadi tunggu apalagi, kalo ke Malang, jangan lupa kesini ya!

Artikel lainnya:

1. Strudel, Oleh-Oleh Khas Malang Cita Rasa Eropa

2. Hela Nafas Kerajinan Tikar Mendong di Malang

3. Cantiknya Kerajinan Lampion Kota Malang


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply