Menelusuri Oleh-Oleh Lunpia Khas Semarang yang Legendaris

Lumpia atau lunpia atau loenpia, merupakan makanan khas dari kota Semarang. Makanan ini adalah sejenis rolade yang berisi rebung, telur dan daging-dagingan seperti ayam atau udang.

Cita rasa dari lumpia/lunpia ini merupakan rasa perpaduan dari 2 budaya, antara Tionghoa dan Indonesia. Pada awalnya, lunpia ini dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang kemudian menikah dengan orang Indonesia, dan menetap di Semarang. Dan menurut beberapa sumber, lunpia ini mulai dikenal sejak diadakannya pesta olah raga GANEFO di saat masa pemerintahan Presiden Soekarno.

(Lunpia asli Semarang)

Lunpia Semarang yang legendaris, awal mulanya berasal dari sudut pecinan di gang Lombok, yang letaknya berdekatan dengan klenteng Tay Kak Sie yang merupakan salah satu klenteng tertua di Kota Semarang. Berkembangnya lunpia di Kota Semarang ini juga tidak bisa lepas dari peranan pasangan suami istri Tionghoa – Jawa, yaitu Tjoa Thay Yoe dan Wasih. Mereka berdua merupakan penjual lumpia dengan ciri khasnya masing-masing. Setelah menikah, resep lumpia ala Hokkian milik Tjoa Thay Yoe dipadukan dengan lumpia ala Jawa khas Wasih, hingga terciptalah lumpia dengan rasa istimewa khas Semarang yang memadukan rasa gurih, asin, dan manis. Resep lumpia pasangan Cina-Jawa ini kemudian diturunkan kepada anak-anak mereka dan menjadi awal menyebarnya lumpia khas Semarang. Kini toko Lunpia Gang Lombok ini dilanjutkan cucunya, Untung Usodo, yang merupakan generasi keempat dari Lunpia Gang Lombok Semarang ini.

Sekarang ini setidaknya ada tiga toko lunpia yang merupakan keturunan langsung dari pencipta lunpia Semarang, Tjoa Thay Yoe – Wasih, yaitu Lunpia Semarang Gang Lombok (Siem Swie Kiem), Lunpia Mbak Lien di Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan Lumpia Mataram di Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio).

 

Varian Lunpia

(Lunpia Mbak Lien)

Lunpia Gang Lombok ini tidak membuka cabang, hanya Lunpia mbak Lien ini yang mempunyai 2 lokasi penjualan, terpusat di Jalan Pemuda Semarang (depan supermarket Sri Ratu) dan di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran. Untuk di Jalan Pandanaran jam operasionalnya lebih pagi jam 08.00 sedangkan untuk Jalan Pemuda mulai jam 09.30 sampai jam 21.00-22.00. Untuk lunpia di Gang Lombok ini operasionalnya mulai jam 08.00 sampai jam 17.00, tapi karena terlalu banyak peminatnya baik dari dalam dan luar kota, terkadang jam 14.00 pun sudah habis stoknya.

Lunpia mbak Lien, variasi rasa untuk lunpia ini ada beberapa macam, rasa special, rasa ayam dan rasa udang. Dan harganya pun variatif, untuk rasa special ini dibanderol harga satuan Rp 12.000, rasa ayam Rp 11.000 dan rasa udang Rp. 10.000.

(Lunpia Mataram)

Lunpia Mataram, terletak di sekitar Jl Mataram 695 Semarang. Toko lunpia ini mempunyai cabang yang lumayan banyak, beberapa diantaranya ada di Jalan Pandanaran, baik dalam bentuk toko ataupun kios kecil di pinggir jalan, selain itu lunpia Mataram ini juga membuka cabang di beberapa kota seperti Jogja, Magelang, Pekalongan, Solo, Jakarta. Jadi kalau penasaran dengan lunpia mataram dan berada di beberapa kota tersebut, lunpia ini bakal mudah dicari. Rasa yang dihasilkan dari lunpia Mataram ini hanya satu, yaitu rasa udang yang dibanderol harga persatuannya Rp. 11.000

Cita rasa lunpia Semarang gang Lombok, masih mempertahankan satu rasa yaitu udang spesial. Menurut Untung Usodo udang telur rebung lebih banyak, dan tersedia dalam bentuk goreng atau basah. Semuanya dibanderol harga masing-masing Rp. 12.000. Yang membuat rasa harum di lunpia Semarang Gang Lombok ini adalah adanya ikan fihi (ikan kecil-kecil yang ada di tengah laut). Di hari-hari biasa, penjualan lunpianya mencapai 500 buah perhari, meliputi basah dan goreng. Sedangkan untuk hari libur penjualannya bisa mencapai kurang lebih 1000 buah.

Perkembangan kuliner lunpia di Semarang tidak berhenti di 3 toko tersebut. Sampai saat ini makin banyak orang berjualan lunpia, terutama di pusat oleh-oleh jalan Pandanaran. Mulai ujung perempatan Jalan Pandanaran ada toko kecil bernama Lunpia MTR Mataram yang mematok harga perbiji Rp. 7000. Selanjutnya ada berjejeran gerobak menjajakan Lunpianya seperti Lunpia Mataram Semarang Pak Sastro, Lunpia Mataram Semarang Pak Ngadi, Lunpia Mataram Semarang Pak Suyat, Loenpia Pak Edy, Loenpia Semarang. Dan ada beberapa toko besar yang menjual lunpia khasnya, seperti Pusat oleh-oleh Djoe dan Lunpia Mataram. Harga yang ditawarkan di pinggir Jalan Pandanaran ini rata-rata kisaran Rp. 7000 – Rp. 8000 dan enaknya lagi bisa ditawar apabila membeli dengan jumlah banyak.

(Lunpia Semarang Gang Lombok)

Selain di Jalan Pandanaran, ada juga toko lunpia yang menawarkan keunikan cita rasa lunpia. Toko ini mengemasnya dalam bentuk resto dan pusat oleh-oleh. Lunpia Delight dan Lunpia Ekspress, letak kedua toko ini hamper berdekatan, dan sama-sama berada di Jalan Gajah Mada Semarang. Lunpia Delight terletak di Jalan Gajah Mada 107, Semarang. Dan Lunpia Express terletak di Jalan Gajah Mada 142 AA Semarang. Kedua toko ini sama-sama menawarkan rasa yang hampir sama, Lunpia Delight ini menawarkan 3 rasa, meliputi rasa plain, original dan crab. Sedangkan untuk Lunpia Express hanya menawarkan 2 rasa original dan crab. Kedua toko ini mempunyai jam operasional mulai pukul 05.00 – 22.00. Jadi, dengan dibukanya lebih pagi tujuannya untuk memfasilitas para pengunjung kota Semarang yang ingin membeli oleh-oleh lunpia yang segar dan untuk dibungkus dibawa pulang.

 

Proses Pembuatan

Lunpia yang sangat digemari ini ternyata proses pembuatannya pun sangat sederhana, semua racikan seperti rebung, daging yang sudah diolah matang dimasukkan ke dalam kulit lunpia, kemudian digulung. Tapi pengolahan rebung dan dagingnya ini yang membutuhkan kemampuan khusus dan bumbu-bumbu yang sangat rahasia, sehingga terkadang rasa yang dihasilkan dari beberapa toko yang menjual lunpia pun berbeda-beda rasanya antara toko satu dengan yang lainnya. Seperti halnya rasa yang diciptakan oleh lunpia gang Lombok pasti berbeda dengan lunpia yang dihasilkan oleh Mbak Lien.

 

Tips

  1. Tentukan dulu kesukaan jenis rasa dari lunpia rasa udang, ayam, crab, plain.
  2. Untuk ketahanan, lunpia basah hanya bertahan semalam sedangkan goreng bisa bertahan sampai 3 hari.
  3. Suka lunpia ukuran besar atau standar ? kalau ukuran besar, lunpia Semarang gang Lombok ini masih yang dominan.
  4. Beberapa toko dibawah ini menyediakan jasa layanan pemesanan dalam dan luar kota :
  5. Mbak Lien (024) 7022 0000 Pin BB 79673374 untuk luar kota
  6. Lunpia Delight (024) 3511007 / 70000727 bisa untuk dalam dan luar kota.
  7. Lunpia Mataram (024) 8451001 khusus untuk dalam kota, min 15 bh. editor (ec)

Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply