Menemukan Keindahan Tersembunyi Danau Rawa Pening di Ambarawa Semarang

Rawa Pening merupakan salah satu danau terbesar yang masih berada dikawasan Semarang. Menjadi salah satu alternative tempat wisata baik untuk gank single, pasangan maupun keluarga, dan merupakan salah satu tempat pavorit yang harus masuk list apabila traveler bertujuan melakukan perjalanan ke Semarang. Danau yang memiliki luas 2.670 hektare ini berlokasi di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran, danau ini meliputi 4 kecamatan, Kecamatan Bawen, Ambarawa Tuntang serta Banyubiru. Rawa Pening ini terlihat cukup jelas dari jalan raya Semarang – Solo, dan tampak lebih dekat lagi dari Jalan Lingkar Ambarawa.

 

Di jaman sebelum traveling nge-trend seperti sekarang, Rawa Pening merupakan tempat mencari ikan oleh masyarakat sekitar Rawa Pening, karena itu banyak perahu perahu kecil berada di sekitaran Rawa.

Ciri Rawa Pening adalah tumbuhnya enceng gondok yang tumbuh dengan pesat di permukaan air sehingga membuat sebagian wilahan rawa ditutup oleh enceng gondok. Beragam cara dilakukan untuk mengurangi populasinya, seperti pemanfaatan enceng gondok untuk kerajinan hingga pemanfaatan sebagai pakan ternak, namun sepertinya belum maksimal, sehingga masih banyak terdapat enceng gondok di permukaan rawa.

Rawa Pening ini paling cocok sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran, mulai dari memancing, menikmati perahu keliling, hingga kumpul keluarga untuk makan bersama di restaurant atau warung-warung sekeliling Rawa Pening, tak ketinggalan dengan pemandangan yang memukau, atau sekalian tempat untuk persinggahan pertama sebelum melanjutkan perjalanan ke Museum Kereta di Ambarawa, karena letaknya yang tidak berjauhan.

Rawa pening mudah di jangkau dari Semarang, bisa menggunakan kendaraan umum yaitu bus antar kota Semarang – Magelang turun di Tugu Palagan Ambarawa dan kemudian diteruskan menggunakan Andong Lokal.

Gimana? Pasti tertarik untuk berkunjung bersama keluarga tercinta kan, Guys! Nah tunggu apalagi langsung cek aja ke lokasinya. Klik disini. (editor: eric)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply