Mengamati Gunung Merapi dan Merbabu dari Ketep Pass

Pesona kecantikan Gunung Merapi selalu berhasil menggoda banyak orang untuk sekadar meliriknya barang sejenak. Jika kebetulan puncaknya sedang terlihat "bersih", keindahan Merapi akan semakin terpancar.

Satu pilihan tempat menarik untuk mengakrabi gunung berapi paling aktif di dunia itu, sekaligus untuk berlibur melepas kepenatan, adalah Ketep Pass. Objek wisata di Kabupaten Magelang ini memang tempat strategis untuk memandangi Merapi, sekaligus saudaranya kembarnya Gunung Merbabu.

Dari Yogyakarta kita bisa melewati rute arah Magelang. Bila menggunakan kendaraan pribadi, tersedia dua pilihan, yaitu melalui Desa Blabak atau Kota Muntilan. Rute Blabak, sejauh 40 kim, terasa lebih jauh dan berkelok-kelok, tapi pemandangannya indah. Sedangkan rute Muntilan lebih banyak melewati permukiman penduduk, namun lebih singkat.

Ketep Pass yang berada pada ketinggian 1.200 mter di atas permukaan laut memang menjual panorama dua gunung: Merapi dan Merbabu. Jika kita sedang beruntung dan tidak terlalu banyak awan atau kabut, sosok dua gunung itu terlihat amat jelas beserta kontur lembah dan perbukitannya. Merapi juga bisa dirasakan dari kejauhan.

Sebenarnya, pada cuaca yang sangat cerah dan tidak berawan, kita tidak hanya dapat menikmati keindahan kedua gunung itu. Dari kejauhan akan tampak pula puncak dari Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet. JUga beberapa gunung kecil seperti Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dataran tinggi Dieng, dan perbukitan Menoreh.

Nonton Film di Ketep Pass

Agar dapat lebih menikmati pemandangan, bawalah teropong binokular untuk meneropong berbagai tempat di kejauhan. Tempat ini sebenarnya juga menyediakan dua teropong, tapi terasa tidak leluasa jika menggunakannya bergantian dengan pengunjung lain. Penjual binokular mainan juga banyak menjajakan dagangannya di tempat ini.

Pengunjung rata-rata adalah wisatawan dari berbagai kota seperti Yogyakarta, Magelang, Boyolali, atau Semarang. Pada hari biasa, pengunjung didominasi anak-anak muda yang bercengkrama menikmati sejuknya udara pegunungan. Pada hari libur, lokasi wisata ini padat pengunjung.

Di tempat ini kita dapat mengetahui lebih banyak segala hal tentang kegunungapian lewat Museum Merapi. Segala informasi tentang Merapi, mulai dari proses pembentukan, perjalanan, sejarah letusan, hingga miniaturnya tersaji secara cukup menarik. Tersedia pula contoh batuan dari letusan Merapi yang bisa kita pegang dan amati.

Jika masih ingin mengetahui lebih dalam, kita bisa menonton film tentang Merapi di bioskop mini. Film berdurasi 22 menit itu berkisah seputar Merapi dan letusan-letusannya. Ditampilkan beberapa letusan besar dan semburan awan panas Merapi yang tampak begitu dahsyat.

Ketep Pass buka setiap hari dari pukul 9.00-17.00. Harga tiket masuk area dan museum: Rp 7.500 per orang. Untuk menonton film tarifnya Rp 7.000 per orang.** (ade/sumber: Intisari, Mei 2007)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply