Mengintip Gedung Graha Saba Buana, Tempat Akad dan Resepsi Nikah Putri Jokowi

Rabu pagi, 8 November 2017, putri Presiden Jokowi, Kahiang Ayu resmi disunting Bobby Nasution. Akad nikah berlangsung khidmat Rabu pagi di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. Setelah akad nikah, resepsi digelar di gedung yang sama pada siang dan malam hari. Pernikahan ini dihadiri sekitar delapan ribu undangan.

Yuk, kulik lebih jauh seperti apa persisnya gedung resepsi pernikahan putri presiden kita.

Gedung Graha Saba Buana dipoles untuk kepentingan resepsi. Tenda-tenda berwarna putih didirikan di luar gedung. Lantainya ditutup karpet merah. Memasuki gedung utama, para tamu disambut dua gunungan wayang di sisi kanan dan kiri pintu. Dekorasi nama pengantin serta bingkai-bingkai Photo mereka terpampang di beberapa sudut ruangan. Ada pula set gamelan yang menambah nuansa Jawa gedung tersebut.

Pintu utama Gedung Graha Saba Buana. (foto: istimewa)

Gedung Graha Saba Buana aslinya dimiliki Jokowi yang dibangun tahun 2002. Kamu mungkin tahu sebelum jadi Presiden dan Bupati Solo, Jokowi pengusaha furniture sukses di Kota tersebut. Salah satu putranya, Gibran Rakabuming Raka berkecimpung di bisnis katering. Maka, yang ingin menggelar resepsi pernikahan di gedung itu bisa mengambil paket lengkap gedung dan katering sekaligus.

Gedung ini terletak tak jauh dari kediaman pribadi Jokowi, hanya berjarak 200 meter. Letak persisnya di di Jalan Letjen Suprapto nomor 80B, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. Luasnya 4.000 meter persegi. Gedung ini mampu menampung dua ribu orang. Unsur kayu mendominasi interior gedung ini dengan nuansa Jawa Klasik nan kental. Gebyok khas Jawa dengan ukiran-ukirannya yang cantik menjadi latar panggung.

Foto dok Jimboeng Photography

Sentuhan Jawa klasik juga hadir lewat ukiran-ukiran yang menghiasi langit-langit. Sebuah lampu gantung besar digantung megah di tengah ruangan. Selain mengandalkan lampu, ruangan juga diterangi pencahayaan matahari yang masuk lewat barisan jendela di sekelilingnya.

Di bagian depan bangunan, di kanan kiri terdapat ruangan. Bagian kanan merupakan ruangan transit, sementara kiri difungsikan sebagai kantor Chilli Pari, nama bisnis katering milik Gibran. Pada 2015, Gibran menggelar akad nikah dan resepsi di gedung ini pula ketika menyunting Selvi Ananda.

Foto dok. Jimboeng Photography

Media mencatat, gedung ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari kursi dan meja tamu, mushola, mobil pengantin, free wifi, AC, LCD, proyektor, ruang rias, panggung hiburan hingga tenaga keamanan. Gedung Graha Saba Buana biasa dipakai untuk resepsi pernikahan dan berbagai acara lain seperti wisuda dan aneka pertemuan lain. Yang unik, keluarga Jokowi memberi diskon 10-15 persen bagi tetangganya bila ingin menggunakan gedung ini. Harga sewa gedung ini sekitar Rp 19 juta per hari.

Di sekitaran gedung terdapat aneka warung makan dan jajanan khas Jawa Tengah yang bisa jadi pilihan wisata kuliner di Solo. Antara lain warung makan Bakmi Aroma. Konon, warung ini jadi langganan keluarga Presiden. Jokowi kerap memesan bakmi godok di sini. Ibu Negara Iriana paling suka menyantap mie goreng sedang favorit putra-putri mereka adalah nasi goreng. (ade/berbagai sumber)


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply