Menikmati Deburan Ombak di Pantai Parangtritis Jogja

 

Pantai di sepanjang pesisir selatan kota yogyakarta, sangat banyak dan memiliki ke khasan masing-masing. Dari pantai yang memiliki pesisir pantai yang panjang hingga berkarang-karang. Seakan daya tarik yang tak pernah habis jika berada di pantai-pantai yang berada di yogyakarta. Salah satunya adalah pantai parangtritis. Kepopuleran pantai Parangtritis sudah dikenal orang hingga mancanegara. Bukan hanya daya tarik keindahan pantai dan deburan ombaknya saja namun nuansa spiritual mistis sangat kental melekat pada pantai yang berlokasi kurang lebih 25 kilometer selatan Yogyakarta.

Pantai ini dikenal kental dengan muatan mistis. Salah satunya tercermin dari kepercayaan penduduk setempat bahwa siapapun yang mengunjungi pantai ini dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda.  Disamping itu pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.

Daya tarik mistis itu ditopang dengan keindahan lokasi pantai berpasir yang menghampar di sepanjang pantai. Sensasi dan pesona pantai dan gumuk pasir bisa dinikmati dengan naik bendi atau kuda diantara suara deru ombak yang menggelora. Wisatawan bisa menyewa ATV (All-terrain Vechile) untuk berkeliling di gundukan pasir pantai.

Selain itu dapat menikmati keindahan pantai dari atas tebing. Lokasi tebing ini amat digemari oleh pengunjung yang hobby paralayang dan aeromodeling. Prasarana pendukung pun cukup lengkap, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Di sudut lain, ada tempat pemandian ‘Parangwedang’ yang dipercaya airnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. (ec)

Lokasi pantai Parangtritis via google maps, klik disini.


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply