Menikmati Eloknya Pesisir Jawa di Pulau Sempu, Malang

Sumber foto header: malangonline.com

Cagar alam di Undonesia memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu kawasan konservasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Sempu di perairan selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ukurannya hanya 877 hektar ini ternyata menyimpan pantai nan cantik dan aneka ragam fauna khas Pulau Jawa.

Perjalanan menuju Pulau Sempu berawal dari Pantai Sendang Biru. Di sini pengunjung harus menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Sempu. Ongkos sewanya Rp.100.000. Berhubung Pulau Sempu merupakan cagar alam, pengunjung harus mengurus surat ijin sebelum memasuki kawasan.

 Pulau Sempu

Sumber foto: amuratours.com

Pulau Sempu memiliki beberapa titik menarik untuk dikunjungi. Yang pertama, laguna segara anakan yang dikelilingi perbukitan hijau. Segara Anakan merupakan anak laut yang terbentuk dari Karang yang menjulang dan memutar atau kerap dikenal dengan nama laguna. Laguna tersebut  menampung air laut yang masuk melalui lubang Karang Bolong dan membentuk kawasan serupa danau. Jalan menuju Segara Anakan cukup curam. Pengunjung harus melalui jalan setapak di tengah hutan. Berhubung kawasan ini merupakan wilayah cagar alam, wisatawan dilarang merusak dan meninggalkan sampah. Perjalanan ini membutuhkan sepatu yang nyaman untuk trekking. Masa terbaik untuk menjelalahi Pulau Sempu adalah pada saat kemarau di sekitar bulan April hingga Oktober. Jalan setapak ini cenderung becek dan sulit dilalui pada saat musim penghujan tiba.

Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Ratusan jenis tanaman mudah ditemukan di Pulau Sempu diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), hingga Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata). Kawasan ini menjadi habitat 144 jenis burung. Termasuk rangkong badak, elang jawa, dan julang emas yang langka.

 

Sumber foto: indraprawiranegara.wordpress.com

Tak jauh dari Laguna Segara Anakan, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju tiga buah pantai. Namanya Pantai Kembar 1, Pantai kembar 2, dan Pantai Pasir Panjang. Pantai ini berpasir putih dengan gugusan pulau karang di sepanjang tepinya. Letaknya menghadap langsung ke Samudera Hindia. Karena memiliki tanah lapang yang luas, pengunjung Pulau Sempu kerap memilih camping di lokasi ini.

 

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply