Menikmati Indahnya Waduk Gajah Mungkur Wonogiri



Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia dengan memiliki luas area sekitar 8800 dan mampu mengairi sawah disekeliling waduk hingga 23.600 hektar sawah di empat kabupaten yaitu Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar.

Foto Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur sendiri terletak diatas pengunungan di selatan Kabupaten Wonogiri, salah satu kabupaten di Provinsi Semarang. Tujuan Waduk Gajah Mungkur dibangun pada tahun 1976 untuk membendung sungai terpanjang yang ada di pulau Jawa yaitu Sungai Bengawan Solo. Fungsi Waduk Gajah Mungkur selain untuk mengairi sawah, sebagai sumber air dari perusahaan air minum daerah setempat, juga menjadi tempat wisata yang populer di Wonogiri, Surakarta juga Jawa Tengah.

Waduk Gajah Mungkur ramai didatangi oleh wisatawan pada hari libur biasa maupun pada hari libur nasional. Waduk Gajah Mungkur dengan memiliki panorama yang sangat indah dan akan memberikan sensasi liburan tersendiri bagi wisatawan untuk mencoba semua kegiatan aktivitas yang ada di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Keindahan, aktivitas dan Daya Tarik Waduk Gajah Mungkur

Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur yang berada di Desa Sendang, Kecamatan Gajah Mungkur, Wonogiri merupakan tempat yang rekomendasi untuk dikunjungi. Selain memiliki keindahan alam, penduduk lokal Desa Sendang juga terkenal akan keramah-tamahannya kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Foto Pemandangan Menuju Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri terkenal akan keindahan tempat wisatanya. Jenis wisata yang ditawarkan selain keindahan alam yaitu, memancing, dan juga berkeliling waduk dengan mengunakan perahu boat. Untuk yang suka dengan olah raga petualangan bisa mencoba menikmati Gantole. Jadi sangat cocok untuk kegiatan secara berkelompok, keluarga, dan bisa juga untuk kegiatan piknik bersama.

Harga tiket masuk hari biasa Rp10.000 dan untuk akhir pekan atau week end Rp12.500. Harga sewa perahu ada dua jenis layanan yang ditawarkan yaitu menuju pintu air Waduk Gajah Mungkur seharga Rp120.000 dan untuk keliling keramba air, harga naik perahu dibandrol seharga Rp80.000 sekali perjalanan. Perahu digunakan maskimal 10 penumpang, dan untuk perahu jenis boat hanya bisa memuat penumpang sekitar empat orang saja.

Foto Instagram by @wadukgajahmungkur

Selain wisata alam dan juga wisata olah raga Waduk Gajah Mungkur juga menawarkan wisata kuliner yang sangat direkomendasi untuk di coba, yaitu untuk menikmati sensasi makan di warung makan terapung di Waduk Gajah Mungkur Sendang, Wonogiri. Bangunan warung terapung menyediakan sajian ikan-ikan fresh baru diambil dari keramba ikan yang dipelihara langsung oleh pemilik warung. Jenis ikan yang ditawarkan yaitu; ikan nila dengan pilihan masakan, goreng, sup atau juga bakar, ikan wader goreng, dan beberapa makanan khas Wonogiri yaitu nasi tiwul, botok ikan, sayur asem, tumis-tumis dan juga trancam. Keistimewaan utama dari warung apung di Waduk Gajah Mungkur yaitu ikan segar yang baru diambil dari Keramba, dan harga sangat terjangkau untuk kantong kita.  Ikan bakar ditawarkan kurang lebih 1 ikan sudah siap di santap yaitu Rp20.000 itu sangat murah dengan bonus pemandangan yang luar biasa di sekeliling Waduk Gajah Mungkur. Berada di antara bebukitan tinggi yang hijau mengelilingi waduk.

Fasilitas Waduk Gajah Mungkur

Sebagai tempat wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum antara lain;

  • Jam Buka 07.00 – 17.00
  • Lahan Parkir Kendaraan
  • Tempat Ibadah / Mushola
  • Toilet Umum
  • Penginapan
  • Dan lainnya

Lokasi Waduk Gajah Mungkur

Lokasi Waduk Gajah Mungkur terletak di Sendang Wonogiri provinsi Jawa Tengah yaitu di Desa Sendang, Kecamatan Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri. Untuk mencapainya bisa mengikut intruksi dari peta online, dengan mengetik Wisata Waduk Gajah Mungkur. Karena merupakan satu-satunya waduk di Wonogiri jadi bisa dengan mudah juga menanyakan penduduk sekitar.

 

Transportasi Menuju Waduk Gajah Mungkur

Transportasi untuk menuju tempat wisata Waduk Gajah Mungkur ada beberapa alternative yaitu bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil, atau kendaraan roda dua atau bisa menggunakan kendaraan umum.

Kendaraan umum tersedia dari terminal Bus Kota, kemudian memilih kendaraan menuju ke terminal desa tujuan yaitu Kecamatan Gajah Mungkur. Dari terminal Gajah Mungkur bisa meneruskan menggunakan angkutan umum ke lokasi wisata Waduk Gajah Mungkur di Sendang Wonogiri.

Tips dan Saran

Tips dan Saran untuk pembaca yang ingin bekunjung ke tempat wisata Waduk Gajah Mungkur di Sendang, Wonogiri provinsi Jawa Tengah, pembaca perlu menyiapkan beberapa keperluan yang dibutuhkan. Untuk mendokumentasikan wiata perjalanan, ada baiknya pembaca menyiapkan kamera baik poket maupun kamera DSLR untuk mengambil moment bersama keluarga dan teman-teman.

Jangan lupa untuk menyiapkan perelengkapan kesehatan atau PMK (sabun cuci tangan, tissue basah, antiseptic, betadine, kapas dan juga plaster untuk kulit dalam keadaan darurat). Untuk yang ingin membawa kendaraan sendiri siapkan kendaraan, cek oli, dan juga isi penuh bensin agar perjalanan liburan berjalan dengan lancar serta waspada saat mengemudi

@nilea

Leave a Comment