Menikmati Segarnya Teh Gunung Mas, Puncak Bogor



Berlibur ke Puncak masih jadi salah satu pilihan warga Jakarta dan sekitarnya. Alih-alih sekadar menginap di vila, jika kebetulan datang bersama keluarga, pertimbangkan berwisata agro di perkebunan Gunung Mas Puncak (bogor). Dijamin, anak-anak akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman istimewa.

Terletak di ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut, kawasan milik PTP Nusantara VIII yang bersuhu rata-rata 18-22 derajat celcius itu berjarak sekitar 80 kilomter dari Jakarta. Lokasi tepatnya di antara Taman Safari Indonesia Cisarua dan Masjid Attaawun, kawasan Puncak Pass. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 1,5-2 jam, bila tidak diwarnai kemacetan di perjalanan. Karena jaraknya tak terlalu jauh, mau pagi pulang petang atau menginap terserah Anda.

Setelah membayar tiket Rp 10 ribu per orang, tea walk jadi wisata utama di sini, jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh, menikmati dan memperhatikan para pemetik teh bercaping bekerja, sebagian besar tenggelam dalam hampran pohon teh, memasukkan pucuk-pucuk teh ke bakul yang mereka bawa. Sesuai kekuatan fisik anggota keluarga, kita bisa memilih jarak tea walk, 4, 6, dan 8 kilomter selama 1-2,5 jam (diantar pemandu), termasuk melewati perumahan dan tempat penitipan anak para pemetik teh.

Wisata Pabrik Hingga Paralayang

Yang juga istimewa adalah wisata pabrik. Setelah membayar tiket masuk pabrik dan tarif pemandu, dipinjami baju dan topi pabrik, kita akan melihat "perjalanan" teh dari daun hingga terhidang di cangkir. Dengan alasan tertentu,di tempat ini kita dilarang memotret. Jadi, simpan kamera atau telepon selular Anda.

Sekeluar dari pabrk, kita bisa singgah di kedai teh di sampingnya. Menikmati harumnya teh hitam atau teh hijau Walini, ditemani pisang dan talas goreng empuk yang juga masih mengepul. Hmm enaknya! Sebagai oleh-oleh kita juga bisa membeli teh yang jarang terdapat di pasaran (karena biasanya langsung diekspor), termasuk teh organik. Setelah itu ada beberapa pilihan kegiatan. Mau bermain layangan yang dijajakan, naik kuda, atau mencoba olahraga paralayang.

Bila berniat menginap di lokasi yang mudah dicapai dengan kendaraan pribadi dan angkot jurusan Cisarua ini, tersedia penginapan, pondokan dan bungalow. Bila suka, bisa juga berkemah. Kalau berani tahan dingin, silakan manfaatkan kolam renangnya yang bersih.

Akhir kata, jika ingin bersembunyi sejenak di semak teh, menyegarkan mata dan jiwa, sekaligus memberi pengetahuan buat anak-anak, di argowisata teh Gunung Mas tempatnya.** (ade/sumber: Intisari (2007) dan sumber lain)

Agrowisata Gunung Mas
Alamat : Jl. Raya Puncak, KM. 87, Cisarua, Tugu Sel., Bogor, Jawa Barat 16750
Telephone : +62 251 8250356
Website : http://www.pn8.co.id

Harga Tiket 
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,- /pax
Parkir Mobil : Rp 7.500
Parkir Motor : Rp 2.500
Hari dan Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

Leave a Comment