Merencanakan Pindah atau Pensiun di Bali Kenapa Tidak?



Kenapa layak untuk merencanakan pindah atau pensiun di Bali? Ada banyak alasan bagus untuk kita orang diluar Bali untuk mulai berencana pindah atau pensiun di Bali nanti saatnya. Semua orang tahu bahwa Bali merupakan pulau surgawi yang Indonesia miliki, tidak hanya alam, makanan tapi juga orang-orang Bali merupakan orang yang ramah serta memiliki toleransi yang sangat tinggi, maka dari itu banyak orang asing yang pensiun dan pindah di Bali, kita orang asli Indonesia kenapa tidak memiliki rencana pindah atau menghabiskan pensiun kita di Bali.

Bali merupakan pulau yang kita bisa mendapatkan nuansa internasional yang kental sekali karena banyak orang tinggal dan hidup di Bali dari berbagai belahan dunia dan negara. Bagi orang asing merupakan tempat yang menarik untuk pindah dan pensiun karena sebagian warga Bali bisa berbahasa Inggris yang memudahkan orang asing untuk berkomunikasi, apalagi kita yang orang Indonesia asli, tidak akan mendapatkan kendala apapun untuk Bahasa.

Untuk hidup di Bali kita bisa memilih hidup sederhana atau ingin menikmati hidup bak wisatawan, itu semua tergantung budget pengeluaran kita bulanan masing-masing. Karena hidup di Bali menawarkan bentangan gaya hidup yang sangat luas sekali. Dengan sewa Rp.5.600.000,- perbulan kita bisa mendapatkan villa dengan dua kamar tidur dan kolam renang pribadi, jadi untuk yang serius ingin pensiun di Bali bisa mulai memikirkan berinvestasi properti di Bali mulai dari sekarang.

Untuk kawasan tinggal, paling populer dari luar Bali adalah area, Seminyak, Jimbaran, dan kawasan menuju Ubud sampai dengan Ubud Bali. Untuk expatriat paling terkenal untuk tinggal adalah kawasan Ubud dan Seminyak dan sebagian Sanur. Bali memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan untuk orang yang biasa tinggal di kota besar maupun yang lama tinggal di luar negeri. Tinggal di Ubud hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di pantai dengan menggunakan sepeda motor, paling mudah di jangkau adalah pantai Keramasan dan masih banyak pantai lain lagi sepanjang Jalan Raya menuju Karangasem Bali. Keramasan merupakan pusat bekumpulnya bohemia dan seniman-seniman Bali. Apabila hari pensiun kita ingin diisi dengan melakukan meditasi, belajar dan menghasilkan kerajinan perak atau ingin menyeimbangkan energy chakra kita, maka Ubud paling cocok untuk tempat penisun atau pindah for good.

Untuk pencinta Pantai dan kehidupan internasional pilihannya adalah Seminyak, karena kawasan Seminyak memiliki pantai yang begitu banyak pilihan, restaurant dari berbagai belahan Indonesia dan dunia, serta tempat shopping yang bertebaran diman-mana, mulai dari butik baju dan fashion sampai dengan peralatan rumah tangga. Seminyak merupakan surga nya untuk berkegitan di pagi hari dengan menghirup udara pantai, dan merasakan pasir pantai serta melepas penat setelah seharian bekerja atau menghabiskan week end dengan bermalas-malasan dengan menunggu terbenamnya matahari serta menikmati sebotol bir dingin atau segelah kopi dingin atau panas dan bersenda gurau dengan orang-orang tercinta.

Sanur merupakan pilihan yang tepat untuk pencinta keheningan, kawasan kecil yang penuh dengan turis asing dan tempat makan, baik dari internasional maupun lokal, dengan harga yang lebih murah dari kawasan Seminyak. Adalah kota paling cocok untuk pencinta aktifitas fisik yaitu bersepeda dan jogging pagi maupun sore hari.

Untuk pencinta selancar di laut paling sempurna pilihanya adalah tinggal di kawasan Uluwatu. Sangat sempurna untuk bisa berteman dengan peselancar-peselancar yang sudah professional maupun guru-gurunya peselancar dan menikmati keheningan malam area Uluwatu.

Jimbaran merupakan pilihan yang tepat untuk bisa memiliki kehidupan dan pemandangan yang indah disetiap malamnya, serta mudah menjangkau ke mall-mall atau fasilitas-fasilitas modern yang sebagian besar berada di kawasan Kuta dan sekitarnya.

Bali Utara antara Bedugul dan Lovina menawarkan kehidupan desa yang berbeda dengan kawasan Bali Selatan, untuk yang ingin menikmati hidup ke depan dengan penduduk lokal dan pertanian serta kehidupan yang simple, pilihan tempat untuk pindah atau merencanakan pensiun di area Bali Utara, dan kemungkinan biaya hidup akan lebih murah bahkan bisa setengah dari biaya hidup di Bali Selatan.

Keuntungan kita sebagai warga negara Indonesia adalah, kita tidak memerlukan pengurusan visa agar bisa tinggal dan pindah ke Bali serta bisa bekerja di Pulau Bali. Untuk yang ingin memulai usaha di Bali waktunya adalah sekarang, atau yang ingin berencana pensiun di Bali bisa mulai mengexplore dari sekarang, kehidupan seperti apa yang ingin di jalanin setelah pensiun atau setelah pindah for good ke Bali. Itu semua tergantung dengan kemampuan keuangan kita dan gaya hidup sehari-hari kita. Selamat mencari infromasi sebanyak-banyaknya tentang hidup bak orang lokal setempat di Bali. Yang pasti hidup di Bali kerja diselingin rasa liburan tiap hari, karena kita bisa melewati banyak pura dan laut di kehidupan kita sehari-hari.

@nilea

 

 

Leave a Comment