Nasi Pecel Gudeg Warung Lumintu, Konsistensi Akan Rasa

Berkunjung ke Jember sudah saatnya tidak melupakan kuliner yang paling  populer dan sering diburu wisatawan. Jika sudah tiba di kota ini dan bingung mau wisata kuliner apa, ini yang paling tepat untuk dijadikan sasaran perut yang lapar di pagi hari. Warung yang  terkenal legendaris dan perlu dicicipi di Jember, yaitu Warung Lumintu, yang kerap terkenal dengan nasi gudeg pecelnya. Hmm, nasi gudeg dicampur pecel gimana rasanya, ya? Pada umumnya, pecel terkenal dari daerah Madiun dan gudeg sudah di dogma mashur di daerah kota pelajar, yaitu Yogyakarta. Nah, gimana jadinya kalau kedua makanan tersebut menyatu? Ini dia jawabannya!

Pecel Gudeg Warung Lumintu yang berlokasi di Jl. Kertanegara 33 Jember sudah berdiri sejak 1980-an yang digagas oleh Ibu Laksono. Warung tersebut selalu membuat orang penasaran akan citarasanya. Meskipun akses jalan menuju warung masuk kedalam gang kecil, tidak heran jika hilir mudik pembeli seakan tidak berhenti dan menunggu giliran untuk dilayani pelayan. Mereka rela berdiri dan mengantre menggunakan nomer urut. Untuk rasa gudeg pecel, bagi lidah orang Jawa Timur yang terkadang suka gurih atau pedas, memangbenar anti mainstream. Untuk orang yang tidak suka manis, ini pas karena rasa gudegnya tidak begitu manis. Sedangkan rasa bumbu pecelnya sedikit pedas, namun semakin maknyus jika disiram diatas gudeg.

Nikmatnya ketika menyantap gudeg pecel dengan cara mengaduknya menjadi satu, makanan khas Jawa Timur dan Jogja tersebut lebih terasa di lidah, tapi untuk perut terasa berat jika dijadikan untuk menu sarapan. Ya, kalian bisa bayangkan sendiri ketika gudeg yang berisi nangka, krecek, kemudian diberi irisan telur dan disandingkan dengan pecel yang berbumbu kacang yang lezat sekali. Untuk sajian pecel sendiri seperti pada umumnya, dihidangkan dengan toge, kacang panjang, dan sayur.

Ada beberapa menu yang disajikan di warung dengan desain sederhana yang di cat berwarna hijau dibagian depan, diantaranya; nasi pecel, nasi gudeg, nasi pecel gudeg, dan nasi campur dengan berbagai lauk berikut; ayam, telur, jeroan ayam, dan lain sebagainya. Menikmati gudeg pecel lebih enak jika dilengkapi dengan kerupuk peyek yang renyah. Jadi,  wajar jika Warung Lumintus pesialis gudeg pecel dijadikan kuliner legendaris goes exclusive, karena konsistensi akan rasanya yang dipertahankan hingga saat ini. Dengan harga 20ribu rupiah nasi gudeg pecel bias dinikmati dari jam 6 pagi sampai 2 siang. KeJember? Jangan sampai kelewatan wisata kuliner tersebut!

@inay


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply