Nikmatnya Bakso Tasikmalaya



Tasikmalaya dikenal dengan sebutan Kota Santri, penduduknya yang religius dan rukun ini menunjukkan identitasnya, kota yang sangat nyaman untuk dikunjungi, terutama untuk para wisatawan.

Dari sisi kuliner pun Tasikmalaya tidak ada duanya. Bakso adalah salah satu makanan favorit yang populer yang ada disana. Jika kamu berkunjung ke Tasikmalaya, mari luangkan waktumu untuk berkunjung ke beberapa tempat bakso yang favorit di Kota Santri ini. Tidaklah sulit untuk mencari makanan yang banyak digemari ini. Mulai dari penjaja keliling hingga restoran pun menjadikan bakso sebagai salah satu menu andalan.

Ciri khas mie bakso Tasikmalaya adalah mie-nya. Beberapa penjual memproduksi mie sendiri untuk menunjukkan ciri khas masing-masing. Sedangkan untuk topping mie tersedia pilihan selain bakso seperti ceker dan pangsit. Namun di Tasikmalaya, babat menjadi topping istimewa. Jenis babat yang digunakan adalah babat jarit hitam.

Berikut adalah tempat rekomendasi untuk Anda, di antaranya:

1. Mie Bakso Laksana

Bakso Laksana Tasikmalaya [source image: instagram/lemonteasquash]

Mie Bakso Laksana bisa dibilang restoran mie terlezat di Tasikmalaya. Harganya Rp.25.000 s/d Rp.50.000, cukup mahal untuk ukuran mie bakso, tapi semua itu akan terbayarkan dengan rasa lezatnya juga kenikmatan yang di dapat. Mie Bakso Laksana berada di Jalan Pemuda No.5, Yudanagara-Cihideung, Tasikmalaya-Jawa Barat 46121.

2. Mie Bakso Firman

Bakso Firman Tasikmalaya [source image: instagram/ipras89]

Mie Bakso Firman berada di Jalan dr. Soekardjo No. 103, Simpang Lima, Tasikmalaya. Mie Bakso Firman menggunakan jenis mie gepeng dan lebar mirip kwetiau. Ada juga pilihan bihun bagi mereka yang tidak suka mie. Untuk baksonya tersedia bakso urat, bakso daging, dan bakso tahu. Agar cita rasa Mie Bakso Firman makin enak, tambahkan sambal berikut perasan jeruk nipis yang asam segar. Harga bakso pun bervariasi, mulai dari Rp.18.000, sampai Rp.38.000, untuk mie bakso spesial.

3. Mie Bakso Ojo

Foto Kedai Mie Bakso Ojo by Seda

Kalau mau jajan bakso dengan potongan kikil, tulang muda dan sumsum, Mie Bakso Ojo jadi pilihan tepat. Harganya pun terjangkau, untuk per porsi dikenakan sekitar Rp.20.000. Tempat ini berada tidak jauh dari Simpang Lima kota Tasikmalaya, tepatnya Jalan Kapten Naseh 12, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya.

4. Mie Bakso Hj. Atun

Foto Kedai Bakso Hj. Atun by nisa

Mie Bakso Hj. Atun terletak di Jalan Raya Utara No. 41 Ciawi-Tasikmalaya. Untuk penyajiannya Mie Bakso Hj. Atun menggunakan mie kuning dan bakso ayam buatan sendiri dengan toping daging ayam yang sudah di suwir halus. Bagi yang menyukai sayuran, bisa diberikan sayuran daun sawi hijau. Sepintas seperti Mie Ayam yang diberi tambahan bakso. Harga Mie Bakso Hj. Atun sangat terjangkau sekali, yaitu Rp.12.000,- per porsi.

5. Mie Bakso Barokah

Foto by Yudi Baretto

Dilihat dari tampilannya sepintas saja Mie Bakso ini sudah sangat menarik, dan  rasanya pun akan lebih enak lagi. Apalagi setelah Anda memesan dan menambahkan sambal juga yang laenny kemudian memakannya, baru akan terasa dan Anda baru akan memujinya betapa nikmat dan lezatnya Mie Bakso tersebut. Jangan takut kemahalan, Harga Mie Bakso Rp.18.000 per porsi.

Kedai Mie Bakso Barokah berada di Jalan Dr.Moch Hatta, Sukamanah, Cipedes, Panglayungan, Tasikmalaya, Jawa Barat 46131. Kedai ini juga dibuka mulai dari jam 11.00 – 21.00 WIB. Telepon : 0813-9511-8728

6. Mie Bakso Loma

Foto by Arief Rachman’s

Mie Bakso akan lebih terasa nikmat dan lezatnya selain dari daging Bakso itu sendiri, yaitu dengan menambahkan sambal di dalamnya. Rasa pedas akan terasa lebih menyegarkan, apalagi makan Mie Bakso nya pada saat cuaca panas. Baksonya enak. Kuahnya segar. Harganya pun murah, Anda cukup mengeluarkan uang Rp.14.000 per porsi.

Banyak sekali kuliner yang berbentuk Bakso di Tasikmalaya, jadi sangat jarang ditemukan menu bakso yang kurang enak. Kebanyakan Mie Bakso disini enak dan lezat, dan ini salah satu nya. Dengan kuahnya yang segar, dibuat yamin manis pun bisa menjadi pilihan.

Tasikmalaya memang banyak sekali mie bakso yang enak disetiap sudut kotanya. Sampe tukang bakso gerobak dorong yang keliling pun enak.

7. Mie Bakso Si Cepot

Foto by Yudi Baretto

Mie Bakso Si Cepot, mie bakso yang beralamat di  Jalan Raya Cibodas, Mekarwangi, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat 46153 ini mulai di buka pada jam 08.00 – 21.00 WIB, dengan nomor telepon 0813-2355-4480.

Kalau dari arah Ciawi menuju arah Tasik, posisinya ada di sebelah kanan jalan. sebelum Pondok Pesantren Al-Idrisiyah.

Daging yang digunakan Bakso Si Cepot adalah daging asli gak bercampur dengan gajih atau lemak, dengan memakannya Anda gak akan menjadi pusing atau sakit kepala, beda kalau isinya banyak gajih atau lemak. Ada 2 jenis mie yang digunakan, ada yang mie bentuk biasa dan yang berbentuk seperti kwetiau. Di kedai ini terdapat meja lesehan dan meja kursi untuk duduk biasa.

Bakso Si Cepot juga menyediakan beberapa jenis bakso dengan harga yang berbeda. Mulai dari harga Rp.13.000 sampai harga Rp.30.000. Yang istimewa dari Bakso Si Cepot adalah yang ukurannya jumbo. jenis bakso urat, di dalamnya berisi daging cincang. Semua bakso di sini enak rasanya, cuma ukurannya saja yang beda.

Selamat menikmati jajanan yang menyegarkan …

@nisa/berbagai sumber

Leave a Comment