Nikmatnya Nasi Pecel Walisongo Jember Yang Patut Dicoba



Jawa Timur memang kaya akan tempat wisata, dimulai dari wisata alam hingga pantai tersedia disini. Pasalnya hampir disetiap kabupaten dalam provinsi jawa timur memiliki destinasi wisata yang beragam jenisnya. Kabupaten Jember adalah salah satu yang ada di jawa timur, biasanya kabupaten ini dikenal dengan kota seribu bukit. Namun tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik, ternyata juga menyimpan sejuta kuliner yang sangat recommended untuk dicicipi. Salah satu kuliner yang terkenal adalah nasi pecel walisongo Jember, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir dan menyantap kuliner ini.

Letak kabupaten Jember adalah berbatasan langsung dengan samudera Indonesia yang berada di wilayah selatan, berdekatan dengan kabupaten Probolinggo serta di bagian utara dengan kabupaten Bondowoso, di sebelah timur dengan kabupaten Banyuwangi dan pada bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Lumajang.

Kelezatan Nasi Pecel Walisongo Jember Yang Patut Dicicipi

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, memang sebaiknya sarapan terlebih dahulu. Salah satu menu yang patut di coba dan dirasakan kenikmatannya adalah nasi pecel walisongo Jember. Pecel ini memang popularitasnya telah dikenal sejak lama.

Rasa manis dan pedas di padu dengan bumbu racikan pecel menyengat lidah dengan lezatnya. Satu sendok masuk ke mulut sangat terasa nikmatnya. Karena begitu lezat nya rasanya bikin ketagihan dan terus menerus ingin melahapnya. Untuk menetralkan mulut karena pedas nya pecel, sesekali diguyur dengan teh hangat manis.

Lokasi Nasi Pecel Walisongo Jember

Jika anda sedang berkunjung ke kabupaten ini, sempat kan diri untuk mampir dan mencicipi kuliner satu ini. Cukup mudah untuk menemukan tempat penjual nasi pecel walisongo Jember, yang terletak di jalan sultan agung, berdekatan dengan jalan utama kabupaten Jember. Penjual nya berada pada mulut gang sempit. Bahkan tidak ada gerobak disitu, hanya lemari kaca serta meja yang digunakan untuk meletakkan sajian pecel.

Biasanya pecel ini ramai dari pagi hari hingga siang, selain rasanya yang menggugah selera, juga karena terdapat kenikmatan tersendiri untuk menyantap pecel ini. Karena penggemarnya banyak, jadi harus rela mengantre.

Harga Dan Jam Buka Nasi Pecel Walisongo jember

Untuk menyantap kuliner ini, anda hanya perlu menyiapkan uang senilai Rp. 13.000. Dengan uang tersebut anda bisa merasakan kenikmatan yang luar biasa. Porsi yang pas untuk sarapan dan segera melakukan aktivitas pagi. Disana juga disediakan lauk tambahan mulai dari dendeng ragi, rempeyek udang, paru, sate telur puyuh dan lain-lain dengan kisaran harga sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 6.000. Anda bisa memilih dengan beragam lauk tersebut.

Jadwal buka kuliner dari kabupaten Jember ini adalah pukul 05.30-12.00 . Jadi sesuaikan lah dengan jadwal yang tersedia ya. Agar tidak ketinggalan antrean dan segera mendapatkan pengisi perut dengan kelezatan yang istimewa.

Komposisi Nasi Pecel Walisongo

pecel walisongo jember

Dalam membuat sebuah kuliner tentu memiliki ciri khas tersendiri untuk meraciknya. Berbeda kuliner nya berbeda pula jenis bumbu dan masakannya. Tidak jauh berbeda dengan nasi pecel walisongo ini yang memiliki sajian unik mampu menggoyangkan lidah dan bikin ketagihan. Sebenarnya apa sih komposisinya, berikut ulasannya:

  1. Sayuran

Salah satu komposisi dari nasi pecel walisongo ini adalah sayuran, sayuran ini diolah dengan direbus dengan air panas kemudian ditunggu hingga matang. Tergantung selera, ada beberapa yang lebih menyukai setengah matang. Kalau sudah matang, sayur diangkat dan ditiriskan hingga airnya berkurang. Sayuran ini bermacam-macam, bisa sayur kangkung, sayur bayam, toge, sawi dan lain lain. Dalam istilah jawa biasanya dikenal dengan istilah kulupan. Biasanya sayur yang digunakan bisa bermacam-macam, namun ada beberapa juga yang hanya menggunakan sayur dengan satu atau dua macam jenis saja. Hal itu tidak akan mengurangi kenikmatannya, rasanya tetap nikmat.

  1. Lodeh Tewel (sayur nangka muda)

Inilah salah satu uniknya nasi pecel walisongo, di atasnya terdapat sayur tewel , ini merupakan istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat jawa, untuk menyebut sebuah sayuran yang bersantan dengan bumbu racikan khasnya. Tentu bagi sebagian orang yang hidup di jawa dan sekitarnya tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun tidak perlu khawatir karena sayur bersantan ini akan menambah kelezatan nasi pecel tersebut. Biasanya bentuk sajiannya adalah dengan cara disiramkan keatas nasi yang telah ada sayuran dan bumbu pecel.

  1. Oseng Tahu

Merupakan makanan yang telah melegenda, siapa lagi yang tidak kenal tahu. Sangat bersahabat di sanding kan dengan berbagai olahan lainnya, termasuk di sanding kan dengan pecel Jember ini. Sajian lengkap akan semakin enak dan lezat dengan tambahan oseng tahu. Biasanya dimasak dengan bumbu khas jawa yang memang digunakan untuk menambah lauk dalam olahan pecel. Rasa gurih dicampur pedas menambah citarasa yang sesungguhnya.

  1. Tempe Goreng

Topping lainnya untuk nasi pecel walisongo Jember adalah tempe goreng. Lauk yang memang merakyat sekali, dimasak dengan apapun dan dalam bentuk apapun tetaplah lezat. Sajian khusus untuk pecel dengan tambahan tempe goreng memang merupakan hal yang wajib. Tempe goreng dimasak dengan dicelupkan bumbu kemudian dimasukkan kedalam penggorengan minyak setengah panas. Setelah kira-kira tempe sudah berubah menjadi kuning tanda matang, diangkat serta di tiris kan. Siap disantap dengan komposisi pecel lainnya.

  1. Daging Sapi

Tidak perlu khawatir anda tidak mendapatkan gizi, disini dalam nasi pecel juga diberikan daging sapi untuk toping diatas nasi pecel tersebut. Dengan harga yang bersahabat tersebut sangat cocok jika memang diberikan daging sapi di atasnya. Tidak lain hanyalah untuk menambah kelezatan nasi dari pecel. Sebelumnya daging sapi dimasak dengan olahan khusus dan diberikan bumbu kemudian di masak dengan waktu yang telah ditentukan. Maka jadilah daging sapi siap santap.

  1. Peyek Teri

Satu lagi toping yang memang wajib harus ada dalam nasi pecel walisongo. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan peyek ini memang sesuatu yang harus ada. Biasanya peyek ini diletakkan diatas sambel pecel dan sayuran lainnya tadi. Dia nangkring diatas nya dengan tampilan yang menarik. Kriuk-kriuknya terasa sangat lezat teri nya. Namun anda tidak diperkenankan untuk nambah lagi peyek ini.

Anda sedang berlibur ke Jember, atau sedang melewati Jember, sangat disayangkan jika anda tidak sekedar mampir dan merasakan kenikmatan nasi pecel walisongo Jember ini. Kuliner khas Jember yang diberikan toping dengan berbagai macam lauk dan olahan yang sangat nikmat dapat menambah citarasa yang begitu khas. Akan lebih baik jika anda berkunjung pada pagi hari, karena selain tempatnya yang terletak di gang sempit, juga pelanggan nya banyak, tentu harus mengantre terlebih dahulu. Selamat mencicipi.

 

Leave a Comment