Nikmatnya Soto Bang Amat di Banjarmasin

Sumber foto: food.detik.com 

Pergi ke Banjarmasin belum lengkap rasanya tanpa mencicipi soto banjar. Salah satu rumah makan yang kerap direkomendasikan untuk menyantap masakan ini adalah di Soto Bang Amat. Di restoran yang tutup tiap hari Jumat ini, anda bisa mencicipi soto ayam kampung nikmat sembari menikmati perahu yang hilir mudik di Sungai Martapura.

 soto banjar bang amat

Sumber foto: beyoung.co.id/

Rumah makan yang terletak di tepi Sungai Martapura ini beralamat di Jalan Benua Anyar no 56. Mereka menyajikan soto dengan berbagai ukuran satu atau setengah porsi. Kalau anda tipe yang tidak memiliki lambung berukuran besar, pesanlah cukup separuh porsi. Kelebihan soto ini adalah pengunjung tidak perlu menunggu lama, seporsi soto daging ayam dengan tambahan perkedel, telur, dan bihun segera tersedia. Pengelola warung soto ini tahu jika mereka kerap didatangi pelanggan dalam jumlah besar. Jadi, pegawainya sudah menyiapkan beragam racikan di mangkuk-mangkuk yang berjajar. Mereka tinggal menuangkan kuah hangat ketika pembeli memesan.

Soto Banjar ini terasa hangat di tenggorokan karena kaya dengan pala, lada, jahe, kapulaga, cengkeh, daun sisir, hingga kayu manis. Soto banjar juga memiliki rasa gurih karena dibuat dengan kuah daging ayam yang kental bercampur dengan susu. Rasanya segarnya muncul karena menggunakan jeruk nipis lima kuit. Seporsi soto banjar yang lezat ini dipatok dengan harga Rp. 22.000. Meskipun Soto Bang Amat terkenal dengan soto banjar, kedai ini juga menyediakan sate ayam. Per porsinya isi sepuluh dipatok dengan harga Rp 17.000.

soto banjar bang amat

Sumber foto: makanmakan.com

Warung makan ini cocok untuk menjamu tamu atau makan bersama. Selain tempatnya yang luas, anda bisa makan sembari menikmati perahu yang hilir mudik di sungai Martapura. Makan siang di sini juga menyenangkan untuk turis dari luar daerah. Sembari menikmati hidangan, mereka bisa mendengarkan grup musik memainkan gitar tradisional bernama panting. Ada lima hingga tujuh pemain musik mengenakan baju khas Banjarmasin lengkap dengan kain sasirangannya. Pengunjung cukup menyumbang uang seiklasnya. Sayangnya, musik ini hanya tampil tiap hari selasa, kamis, dan minggu.

 

 

 

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply