November Nanti, Bersih-Bersih Yuk Di Pesona Gili Indah 2016

 

Belum ada agenda awal November nanti mau piknik kemana? Datang yuk ke Festival Pesona Gili Indah 2016 yang akan digelar pada 5-7 November di tiga Gili yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Disana kamu akan diajak untuk bersih-bersih pantai guna menjaga kelestarian dan kebersihan di tiga kawasan Gili itu.

Tidak hanya bersih-bersih, kamu pun akan mengikuti serangkaian acara yang bertemakan pelestarian alam, beberapa di antaranya ialah penanaman 1.000 bibit pohon bunga flamboyan, pelepasan anak penyu ke lepas pantai dan lomba lari Gili Coast Trail Color Run 10 K, yang menjadi ajang pemanasan sebelum Lombok Marathon 2016.

Yang tidak kalah menarik, event tahunan ini akan menampilkan ritual budaya warga Lombok Utara yang disebut menyia atau menggarami. Ritual ini mengisahkan tentang kearifan lokal warga Lombok Utara ketika mengetahui manfaat garam di Danau Gili Meno. Jadi sangat lengkap sensasi untuk berwisata ke Lombok.

Kegiatan festival juga akan dimeriahkan Gili Artmosphere berupa traditional performance, penayangan film dokumenter, sail pass, dan konser reggae on the beach.

Acara ini sudah ada sejak tahun 2011 dengan nama Gili Begawe. Sayangnya, tahun 2015 tidak dilaksanakan karena terkendala dana. Tahun ini, acara tersebut akan kembali meramaikan suasana di Gili.

Aksi kebersihan di lingkungan destinasi wisata yang diprakarsai Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat pada festival itu diprediksi bakal memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori pengerahan masyarakat terbanyak. Jadi, sudah waktunya nih kita terlibat.

Pemerintah setempat ingin menjadikan kawasan tiga Gili yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air di Kabupaten Lombok Utara sebagai destinasi wisata berwawasan konservasi alam.

Selain itu, acara ini juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada kebersihan lingkungan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang sedang berlibur di Gili.

Artikel lainnya:

1. Bersiaplah! Aksi Debut Urang Kanekes di Festival Baduy 2016

2. Lamafa, Ujung Tombak Tradisi Berburu Paus di Pulau Lembata

3. Bermain Dengan Bayi Penyu di Gili Nangguk, Lombok


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply