Objek Wisata Baru Di Wonosobo Yang Perlu Anda Kunjungi



Bagi Anda yang mempunyai jiwa pecinta alam, pastilah tidak asing dengan pesona wisata alam di Wonosobo. Sebuah kabupaten yang sudah tidak diragukan lagi destinasi wisatanya sangatlah komplit. Mulai dari sensasi golden sunrise di puncak bukit, telaga, kawah, air terjun, candi dan masih banyak lainnya. Lengkap bukan? Tapi jangan sekali-kali  mencari pantai di Wonosobo ya. Karena memang lokasinya yang tidak di tepi pantai. Tidak hanya cukup sampai disitu, seiring dengan waktu persaingan objek wisata dengan daerah lain semakin ketat. Hal ini yang menyebabkan pemerintah daerah kabupaten Wonosobo terus menggali potensi alam dengan mencari spot – spot wisata baru. Kemajuan teknologi khususnya media sosial, sangatlah membantu dalam mempromosikan wisata baru di Wonosobo yang baru-baru ini ditemukan. 

Lokasi Wisata Baru Yang Asyik Untuk Dikunjungi

Semakin ketatnya persaingan antar daerah untuk menarik minat wisatawan, menjadikan motivasi bagi setiap daerah untuk terus mengembangkan potensi wisata daerah mereka. Berbagai cara telah ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Selain menemukan objek wisata baru, pembaruan fasilitas pada objek wisata yang sudah ada juga merupakan salah satu usaha untuk menarik minat para wisatawan.  Jika sudah ada pembaruan, langkah selanjutnnya tinggal promosi melalui akun media sosial yang kini menjadi media unggulan untuk mempromosikan suatu tempat wisata. Berikut ini deretan wisata baru di Wonosobo yang telah ditemukan dan dikembangkan oleh pemerintah setempat :

  1. Curug Unnamed

Curug Unnamed

Telah ditemukan sebuah air terjun atau dalam bahasa jawa terkenal dengan sebutan curug dengan tinggi 90 m. Kondisi yang masih “perawan” ini terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Jalur menuju curug ini searah dengan objek wisata telaga menjer, jadi masih dimasukkan dengan kompleks wisata Dieng kata bapak Eko Sembodo, Sekretaris Desa Mlandi. Potensi wisata curug ini sangatlah bisa menjadi wisata unggulan serta mendatangkan pendapatan daerah serta lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

  1. Gunung Prau Dieng Wonosobo

Gunung Prau Dieng

Salah satu primadona baru bagi para pecinta alam melakukan pendakian adalah di kawasan gunung Prau Dieng. Bagi pendaki pemula juga patut mencoba trayek wisata baru di Wonosobo ini karena ketinggian tempat yang sedang, serta jalur yang dengan tingkat kesulitan yang rendah. Kelebihan yang dapat Anda nikmati adalah sensasi sunrise dan sunset sekaligus dapat Anda nikmati sekaligus. Waktu yang tepat untuk menyambangi tempat ini adalah pada peralihan bulan Desember hingga April. Pada bulan-bulan tersebut, Anda akan mendapatkan momen pemandangan terbaik. Ada dua alternatif jalur bagi para pendaki yang pertama berangkat dari jalur utara yaitu Kendal selama enam jam perjalanan. Satu lagi dapat melalui jalur selatan dengan estimasi waktu tiga jam lebih cepat jalur Selatan dimulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng.

  1. Uniknya Goa Jaran Sebagai Wisata Baru Di Purworejo

Apa Anda baru mendengar istilah Jaran? Jaran adalah kuda, dari namanya saja sudah bisa kita lihat uniknya. Objek wisata baru yang dapat Anda nikmati stalagtit dan stalagmitnya ini, mempunyai bentuk mulut goa yang unik. Keunikannya terletak pada bentuk muilut goa yang menyerupai mulut kuda yang sedang terbuka. Kelebihan spot wisata ini adalah dapat dijadikan sebagai spot fotografi. Karena masih dikaitkan dengan cerita cerita mistis, alangkah baiknya janagn mengambil apapun di area goa ini selain foto atau gambar. Jangan membunuh apapun kecuali waktu dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak.

  1. Keajaiban Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda

Lokasi sumur ini hanya berjarak 12 km dari kawasan Dieng, tepatnya di Desa Pekasiran. Sumur ini bukanlah sumur yang dibuat pribadi oleh masyarakat. Namun, berasal dari rekahan kawah gunung berapi yang lama – lama terisi air. Secara fisik, diameter sumur ini mencapai 90 m dan kedalaman hingga 200 meter. Benar - benar tampak seperti sumur raksasa. Bagi Anda yang sedang berlibur ke wisata Dieng, jangan sampai melewatkan objek wisata sumur jalatunda ini.   

  1. Keajaiban Pesona Wisata Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang Mergolangu

Wisata ini masih tergolong wisata yang cukup baru. Lokasi tepatnya terletak si Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Keunggulan spot baru ini adalah Anda dapat menikmati pemandangan alam gunung yang indah, serta terdapat air terjun yang memanjakan mata. Menjelang sore hari pengunjung dapat menikmati sunset dari tempat ini. Karena masih dalam pengembangan harap maklum jika aksesnya belum bagus. Namun, sekarang ini sudah mengalami banyak perbaikan sehingga Anda tidak perlu kuatir jika akan menyambangi tempat ini.

  1. Pesona Percikan Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim

Perjalanan menuju air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang tertantang untuk memacu adrenalin.  Tempatnya yang berada di pelosok menyebabkan perjalanan hanya dapat di tempuh dengan motor tracking. Banyak terdapat jalan berliku dan rusak di beberapa titik. Sesampainya di tempat tujuan setelah menempuh 1 jam perjalanan, Anda akan terbayar dengan suguhan aliran air yang jernih dengan dikelilingi pepohonan rindang. Air terjun ini ketinggiannya hingga 100 m dan digunakan pula untuk pengairan ladang penduduk setempat yang berladang wasabi. Mengulang cerita selama perjalanan menyusuri pemandangan bukit hijau dan pertanian sayur. Jika Anda lebih mengamati, banyak penduduk yang menanam wasabi yang ternyata pengelolanya merupakan orang jepang asli.

  1. Pemandangan Di Bukit Siloreng Indah

Bukit Siloreng Indah

Bukit ini berada di ketinggian 800 m dpl, yang merupakan  spot wisata baru di Wonosobo. Dari bukit Siloreng pengunjung dapat menyaksikan wilayah kabupaten tetangga yang berbatasan langsung dengan Wonosobo. Kabupaten tersebut diantaranya adalah Banjarnegara, Kebumen, Temanggung, dan Magelang. Lokasi wisata ini cukup dekat dari tempat pemandian Kalianget. Hanya saja perjalanannya agak naik sehingga perlu disiapkan kendaraan yang kuat untuk dapat mencapai bukit ini.

  1. Wisata Lobang Sewu Yang Baru-Baru Ini Muncul

Lobang Sewu Wonosobo

Erorojo merupakan nama lengkap dari lobang sewu yang telah menjadi wisata baru di Wonosobo. Setelah ditelusuri nama Erorojo berasal dari nama desa letak lubang sewu ditemukan. Letak secara geografis berada di desa Erorejo, kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Nama lubang sewu ini muncul dari cerita masyarakat yang menyebutkan bahwa terlihat banyak sekali lubang bari batuan yang telah terkikis secara fisika sehingga membentuk dinding bak green canyon di luar negeri. Anda akan menikmati pemandangan lubang sewu jika datang pada musim kemarau. Namun, jika memang belum beruntung untuk mendapatkan view ini karena datang di musim penghujan, jangan kuatir karena bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini sangatlah cocok untuk menyalurkan hobi Anda yang satu ini.

 

Leave a Comment