Objek Wisata Telaga Warna Dieng Dan Wisata Lain Didekatnya Yang Menarik



Telaga Warna Dieng merupakan salah satu obyek wisata di Wonosobo yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak hanya keindahan alamnya, tapi telaga ini juga terkenal karena memiliki keunikan fenomena alam yaitu warna air telaga yang bisa berubah-ubah. Air telaga ini kadang berwarna hijau, kuning, dan juga pelangi. Fenomena alam ini terjadi karena air telaga memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Sehingga ketika terkena sinar matahari air telaga akan tampak berwarna-warni.  Keindahan air Telaga Warna Dieng ini yang menjadikan obyek wisata ini banyak diminati oleh para wisatawan.

Lokasi Dan Harga Tiket Telaga Warna

Obyek wisata Telaga Warna berada di kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya berada di Dieng Wetan, Wonosobo, Jawa Tengah. Tiket masuk obyek wisata ini terbilang cukup murah. Karena hanya dengan membayar Rp. 7.000,- per orang anda sudah bisa menikmati keindahan alam Telaga Warna Dieng. Sedangkan untuk parkir mobil akan dikenai biaya Rp. 5.000,- dan Rp. 2.000,- untuk motor. Perlu anda ketahui, selain Telaga Warna masih terdapat banyak sekali obyek wisata di sekitaran Telaga Warna yang juga menarik untuk dikunjungi.

10 Wisata Lain Di Sekitar Telaga Warna Dieng

Berikut ini adalah beberapa wisata di sekitar Telaga Warna Dieng yang menarik untuk dikunjungi :

  1. Gua Semar

Goa Semar

Gua ini merupakan obyek wisata yang masih berada satu kompleks dengan Telaga Warna. Selain Gua Semar masih ada gua lain yaitu Gua Jaran dan juga Gua Sumur. Gua – gua ini dianggap sebagai tempat sakral karena sering digunakan sebagai tempat bertapa atau semedi. Meskipun demikian, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung yang tertarik untuk melihatnya.

  1. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Salah satu obyek wisata favorit selain Telaga warna yang tidak boleh di lewatkan adalah Telaga Pengilon. Telaga ini memiliki keunikan tersendiri. Meskipun letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna tetapi keduanya memiliki karakteristik air yang berbeda. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih tidak seperti Telaga Warna. Keunikan inilah yang menjadikan kedua telaga tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Di sana anda juga akan menikmati keindahan alam perbukitan yang hijau dan asri.

  1. Telaga Merdada

Telaga Merdada

Tidak hanya terkenal dengan candi-candinya, obyek wisata Dieng juga terkenal memiliki banyak telaga dan juga kawah. Selain dua telaga di atas masih ada lagi telaga di Dieng yang menarik untuk dikunjungi yaitu Telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi Dieng. Untuk dapat menikmati keindahan Telaga Merdada anda hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000,- per orang. Jam operasional obyek wisata ini buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB.

  1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Selain Telaga Warna ada juga wisata lain yang menarik untuk dikunjungi yaitu Kawah Sikidang. Kawah ini letaknya hanya sekitar 4 Km dari Telaga Warna. Selain Kawah Sikidang juga ada Candi Arjuna dan Candi Bima yang berada di satu kawasan. Untuk memasuki kawasan wisata ini anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,- per orang. Tiket ini sudah termasuk tiket terusan, jadi anda bisa menikmati tiga obyek wisata sekaligus dengan satu tiket. Jam operasional wisata ini buka setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB.

  1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Berwisata ke Telaga Warna tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan. Desa ini merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada di ketinggian 2.263 mdpl, tak heran jika bukit ini memiliki pesona alam yang begitu luar biasa. Salah satu yang paling banyak diburu para wisatawan adalah Golden Sunrise Sikunir. Puncak Sikunir bahkan di sebut-sebut sebagai tempat paling strategis untuk menikmati sunrise di Asia Tenggara. Selain itu anda juga bisa menikmati keindahan Telaga Cebong yang diselimuti kabut tipis dari puncak Bukit Sikunir. Di obyek wisata ini juga disediakan juga penyewaan tenda bagi anda yang ingin menikmati keindahan bukit sikunir di malam hari. Untuk masuk ke obyek wisata ini anda akan dikenai biaya Rp. 10.000,- per orang. Tiket ini sudah termasuk tiket terusan dengan obyek wisata Telaga Cebong.

  1. Telaga Cebong

Talaga Cebong

Satu lagi telaga di Dieng yang juga menarik untuk dikunjungi yaitu Telaga cebong. Telaga ini terletak tepat di bawah kaki bukit Sikunir. Jadi setelah anda selesai menikmati sunrise di puncak Sikunir anda bisa langsung mampir ke telaga ini. Di sana anda akan menikmati keindahan telaga yang dikelilingi dengan lahan – lahan milik penduduk yang pastinya akan menambah pesona keindahan Telaga Cebong.

  1. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

Wisata ini juga terletak di kawasan Telaga Warna yang hanya berjarak sekitar 100 Meter. Batu Ratapan Angin merupakan dua batu besar berdampingan yang letaknya berada di atas bukit. Batu ini juga disebut sebagai batu pandang, karena dari atas sana anda bisa menikmati keindahan Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon sekaligus. Untuk tiket masuk wisata ini anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,- per orang.

  1. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda

Tidak jauh dari Telaga Warna Juga terdapat wisata Sumur Jalatunda. Pemandangan yang ada di sekitar sumur ini juga cukup menarik untuk dikunjungi. Selain itu, sumur ini juga merupakan sumur terbesar di Indonesia. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang hanya untuk menyaksikan dan juga menikmati keindahan alamnya.

  1. Dieng Plateau Teather

Dieng Plateau Teather

Tempat wisata yang berada disekitar Telaga Warna dieng selanjutnya adalah Dieng Plateu Teather. Di tempat ini anda akan dapat menyaksikan film berdurasi 23 menit yang menceritakan tentang dataran tinggi Dieng. Mulai dari sejarah, budaya, kondisi geografis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk tiket masuk teather ini terbilang murah, karena anda hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 4.000,- per orang.

  1. Museum Kailasa

Musieum Kaliasa

Museum ini merupakan wisata sejarah di Dieng yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di seberang Candi Gatotkaca, tepatnya di area kompleks Gedung Arca milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Di Museum Kailasa ini anda dapat menyaksikan sejarah letusan Gunung Prau Tua, Sumber Batu Andesit yang digunakan untuk pembangunan candi, dan juga sistem kepercayaan masyarakat Dieng. Tiket masuk museum ini hanya sebesar Rp 5.000,- per orang. Untuk jam operasional buka setiap hari pukul 07.30 – 16.00 WIB.

 

Leave a Comment