Olahraga Sehat dan Makan Teratur Saat Berlibur

Olahraga

Tribunnews.com

Waktu liburan memang membuat banyak orang malas berolahraga, tetapi berolahraga saat berlibur sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan fisik kita. Seringkali, makan kita tidak teratur saat tidak di rumah, dan rajin berolahraga adalah cara paling efektif untuk menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Selain malas olahraga, banyak orang kurang waktu atau fasilitas untuk tetap aktif saat liburan. Jadi bagaimana kita bisa tetap giat olahraga dengan fasilitas yang biasanya dapat ditemukan di hotel atau tempat penginapan lain.

Berenang

Meskipun beberapa hotel atau tempat penginapan tidak menyediakan kolam renang untuk penyewa kamar, kebanyakan dari tempat-tempat ini akan menyediakannya. Jika ada kolam renang, kita harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk berenang. Sempatkan waktu minimal satu jam di pagi hari sebelum memulai kegiatan travelling dengan berenang di kolam yang telah tersedia. Dengan hanya satu jam berenang, tubuh kita akan merasa segar seharian untuk melakukan aktivitas lain yang telah direncanakan di siang/sore hari.

Jogging

Sebelum memulai kegiatan traveling, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri jogging di sekitar area penginapan. Jogging selama setengah jam saja bisa membuat kita berkeringat dan tubuh menjadi lebih segar.

Bersepeda

Siapa yang tak suka bersepeda. Selain menyenangkan, aktivitas ini pun menyehatkan. Banyak sekali tempat wisata yang menyewakan sepeda untuk pengunjung. Berkeliling lokasi wisata dan berolahraga bisa sekaligus dilakukan saat bersepeda. Kita tidak akan hanya menikmati pemandangan, tetapi juga menjaga kesehatan.

Skipping (Lompat Tali)

Kita tidak perlu membawa peralatan yang rumit untuk berolahraga, salah satu alat olahraga paling sederhana adalah tali skipping. Skipping bisa membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan alat-alat kardio lainnya, dan alat yang perlu dibawa sangat ringan

Latihan Berat Badan

Latihan berat badan adalah latihan mudah yang bisa dapat dilakukan tanpa peralatan apa saja. Bagi yang tidak bawa peralatan olahraga dan tidak cukup waktu untuk berenang atau jogging bisa bangun 30 menit lebih awal untuk melakukan 50 jumping jack, 25 push-up, 50 sit-up, 25 squat, dan 10 burpees. Ulangi sebanyak dua atau tiga kali. Ini sudah lebih dari cukup untuk paling sedikit keringat dan merasa segar di pagi hari

Diet

Sumber gambar: samishare.com

Selain malas olahraga, banyak orang juga tidak mengatur apa dan seberapa banyak yang mereka makan saat berlibur. Tidak hanya dengan berolahraga, tetapi diet kita sangat menentui kesehatan dan berat badan meski hanya berlibur singkat. Tetapi, intinya liburan memang untuk menikmati makanan yang kita jarang makan. Jadi, sekali sehari atau dua hari, kita berhak makan apa saja yang kita mau. Jadi bagaimana kita dapat mempertahankan diet yang sehat?

Siapkan Cemilan Yang Sehat

Banyak dari kita suka nyemil jika banyak waktu luang, dan biasanya kita makan apa saja yang sedia di sekitar kita. Untuk tetap sehat, kita harus menyiapkan cemilan sehat sebelumnya, untuk menyediakan makanan sehat untuk kita masa depan.

Salah satu cemilan paling sehat adalah kacang. Tapi bukan kacang seperti macadamia dan mete. Kacang yang paling sehat termasuk kacang almond, pistachio, hazelnut, kenari, kacang brazil, dan kacang tanah. Dengan protein yang tinggi dan omega yang bermanfaat untuk tubuh kita, kacang juga cemilan yang gampang membuat kita kenyang, jadi jumlah kalori yang kita makan akan teratur.

Jadilah Intuitif

Liburan adalah waktu untuk menikmati makanan yang berbeda. Sebagian besar kurang sehat bila dibandingkan yang kita biasanya makan. Tapi tidak perlu untuk dikonsumsi berlebihan di setiap kali makan. Tetaplah ikuti prinsip makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dengan metode ini, kita akan merasa cukup makan setiap kali, tanpa menambahkan kalori yang tidak diperlukan untuk memenuhkan keperluan makan kita sehari-hari.

Makanlah Dengan Bermacam Variasi

Waktunya berlibur juga berarti waktunya mencoba makanan baru. Saat berlibur ke luar negeri, pasti akan banyak sekali makanan yang kita belom coba sebelumnya. Seringkali, makanan yang kita belom coba mengandung vitamin dan mineral yang sangat sehat. Jadi, kita harus tetap rajin mencari tahu kandungan sehat makanan baru, untuk tetap menjaga kebiasaan makan yang teratur.

Jangan Melewatkan Jam Makan

Salah satu hal yang paling susah ditetapkan adalah jam makan kita. Saat berlibur, kita sering melewatkan jam makan yang benar karena sibuk dengan aktivitas lain. Banyak orang tidak memikirkan ini karena menurut mereka jam makan tidak terlalu penting. Pada kenyataannya, menjaga jadwal makan yang benar akan membantu sistem metabolisme kita bekerja lebih efektif, dan apa yang kita makan dapat dicerna dengan lebih baik, dengan inti menjaga bera badan tubuh kita.

Jadi, cobalah sarapan sebelum jam 9:30, makan siang di antara jam 12:00 dan 14:00, dan makan malam sebelum jam 21:00 malam.

Akhiri Makan Dengan Buah

Hal yang paling penting untuk mengakhiri setiap makan adalah dengan beberapa buah, bukan makanan penutup manis (dessert). Meski tetap mengendalikan berapa banyak yang kita makan, kita juga harus meninggalkan ruang perut untuk beberapa buah. Hal ini tidak hanya memastikan bahwa kita memiliki vitamin dan nutrisi penting untuk makanan sehari-hari kita, ini akan memastikan kita merasa kenyang sepanjang hari.

Walaupun tidak terlalu gampang untuk tetap berolahraga dan menjaga diet yang sehat saat berlibur, kita juga harus bisa menikmati liburan kita, dan coba hal-hal baru. Jangan membiarkan latihan dan diet mengkonsumsi waktu untuk bersenang-senang. Sebagai gantinya, gabungkan latihan dan makanan ke dalam kegiatan rekreasi Anda. (Adriel Abhimanyu)