Panduan Bagi Kamu yang Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

 

Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang tentunya sudah sangat biasa bagi yang pernah melakukannya, namun bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat terbang mungkin lebih membingungkan dibanding menggunakan moda transportasi lain seperti bus dan kereta api.

Nah berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat naik pesawat terbang pertama kali, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kamu.

1. Siapkan tiket pesawat

Membeli tiket pesawat sekarang ini menjadi sangat mudah, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni membelinya secara online di website yang melayani penjualan tiket pesawat atau membeli langsung ke agen-agen perjalanan.

Jika melakukan pembelian secara online, e-tiket akan dikirim ke email. Namun, jika itu dibeli di sebuah biro perjalanan, biasanya pembeli memperoleh cetak Tiket. Nantinya e-ticket atau print out booking tiketmu akan ditunjukkan saat check-in.

Sebelum check in kamu harus perhatikan dulu beberapa hal, diantaranya sudah mengetahui terminal maskapai keberangkatanmu biasanya tertera di e-ticket atau tiket yang sudah dicetak.

Seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki tiga terminal. Meski demikian, tiap terminal di sini dipecah lagi menjadi beberapa subbagian menurut jenis penerbangan dan maskapai, yaitu Terminal 1A, 1B, 1C (penerbangan domestik), 2D, 2E (penerbangan internasional), 2F (penerbangan domestik Garuda Indonesia), dan 3G (penerbangan domestik dan internasional AirAsia, serta beberapa rute penerbangan milik Lion Air).

Satu lagi yakni, perhatikan jumlah maksimal bagasi maskapai yang kamu pilih. Karena jika membawa barang terlalu banyak atau over bagasi maka kamu akan di kenai biaya tambahan. Standarnya setiap penumpang bisa membawa antara 15kg -20kg bagasi tanpa biaya.

2. Datang lebih awal sebelum keberangkatan

Lebih cepat lebih baik untuk menghindari dalam antrian masuk terminal bandara dan juga saat check-in. lebih baik menunggu di ruang keberangkatan (ruang tunggu) daripada harus terburu-buru, apalagi sampai tertinggal pesawat.

3. Check in

Saat check in kamu akan diminta untuk menunjukkan tiket atau e-ticket dan kartu identitasmu yang masih berlaku seperti KTP, SIM atau Passpor bagi yang terbang ke luar negeri. Nama yang tertera di teket harus sesuai dengan identitas. Jadi, sebaiknya simpan tiket dan kartu identitasmu di tempat yang mudah diraih. Carilah loket check in sesuai nama maskapai kamu, kemudian antri dengan tertib.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boarding pass.

Oiya saat proses check in, semua barang bawaanmu akan diperiksa dan perhatikan barang bawaanmu sudah sesuaikah dengan peraturan penerbangan.

Jangan lupa mendaftarkan bawaanmu saat check in agar tidak merepotkan pergerakanmu. Kamu cukup membawa barang-barang berhargamu untuk dibawa masuk ke dalam kabin.

Tas yang akan kamu taruh di bagasi pesawat. Letakkan tas di timbangan yang berada di sebelah petugas,    nantinya tas kamu akan diberi label khusus dan bukti nomor tas yang masuk bagasi oleh petugas. Jangan sampai bukti nomor tas ini hilang karena akan berguna saat kamu akan mengambil tas di bandara tujuan.

4. Setelah check in, kamu masuk ke boarding room yang dipisahkan oleh gate

Duduklah di gate yang tertera di boarding pass. Jika kamu tidak yakin, jangan malu untuk bertanya kepada petugas. Di boarding room, kamu bisa menunggu pesawat dan mengetahui status kedatangan pesawat, oiya perhatikan informasi rute pesawat dan nomor penerbangan yang akan diumumkan petugas, jangan sampai kelewat. Pastikan kamu menunggu di area gate yang tepat karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini.

5. Masuk ke pesawat

Kamu dan penumpang lainnya yang menunggu di boarding room siap-siap mengantri ketika panggilan pesawat tiba. Ada beberapa opsi untuk bisa masuk ke dalam pesawat. Pertama, bisa dengan menggunakan garbarata/belalai, kedua, turun ke landasan kemudian naik tangga khusus, atau ketiga, naik bus yang disediakan lebih dulu. Carilah kursi kamu sesuai nomor pada boarding pass.

Dan satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mematuhi peraturan yang ada di dalam pesawat. Seperti mematikan handphone, dan menggunakan sabuk pengaman. Oiya, perhatikan juga prosedur keselamatan yang diperagakan awak kabin.

***

Kalau kamu masih bingung, jangan malu untuk bertanya ke petugas bandara. Safe Flight ya travelers!

Artikel lainnya:

1. Panduan Membatalkan Tiket Perjalanan Kereta Api, Tidak Serumit yang Dibayangkan

2. Tips Foto Split Underwater yang Kece

3. Tak Melulu Selfie, Ini 8 Gaya Berfoto yang Unik Saat Perjalanan


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply