Panorama Pantai Logending Kebumen Yang Menawan



Indonesia memiliki berjuta pantai dengan pemandangan yang luar biasa.  Bahkan di Jawa khususnya Jawa tengah juga tidak kalah menawan. Banyak pantai dengan karakteristik yang tergolong unik dengan keindahan yang dimilikinya. Salah satunya yaitu “Pantai Logending Kebumen”.  Pantai yang berada di pulau Samudera Hindia ini sering dikenal dengan sebutan Pantai Ayah. Tentunya pantai ini mempunyai pesona keindahan pantai yang beda dari lainnya. Keindahan yang akan memanjakan mata kamu dan pasti akan membuat betah pengunjung jika berlama-lama disini.  Logending berasal dari kata Lo dan Gending yang artinya kayu, maksud kayu disini yaitu kayu yang dibuat menjadi alat musik. Dalam bahasa jawanya Java Gendhing yang kemudian kata ini digabungkan menjadi Logending.

Tarif Masuk Dan Lokasi Pantai Logending

Pantai Logending

photo by @indowalk

Berbicara mengenai tiket masuk, objek wisata ini sangat hemat kantong. Karena, kamu hanya membayar Rp. 5.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak cukup Rp. 2.000,-. Sangat hemat bukan?, dengan tiket yang ekonomis kamu bisa memanjakan mata kamu dengan suasana yang sangat menawan.

Pantai Logending Kebumen berada di desa Agropeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.  Berjarak 53 Km dari kota Kebumen. Pantai ini sangat mudah dicapai oleh wisatawan baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jalan akses ke tempat inipun juga mudah, hanya saja berkelok-kelok sedikit.

Rute Menuju Pantai Logending Kebumen

Tak perlu binggung jika kamu ingin pergi ke tampat ini. Jika kamu berasal dari Yogyakarta kamu hanya perlu melewati jalur selatan dari arah Gombong kemudian belok ke selatan. Sedangkan jika kamu dari Purwokerto kamu hanya perlu menuju ke arah timur meuju kawasan Gombong hingga menemukan gapura wisata di sebelah kanan jalan kemudian lurus satu jurusan dengan Jatijajar. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum, kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Kebumen, banyak bus yang melewati pantai Logending ini dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam.

Apa Yang Menarik Di Pantai Ini?

Pantai Logeding Kebumen

photo by @indowalk

Terlepas dari cerita mistis Pantai Logending Kebumen memiliki panorama bahari dengan paduan hutan asri yang sangat mempesona. Objek wisata yang populer di kalangan wisatawan ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.  Pantai ini dikelilingi perbukitan karst, dengan pemandangan pasir hitam yang bersih dan tak kalah menarik dengan pantai putih. Ditambah dengan rimbunan karang yang menjadikan lebih eksotis. Pengunjung dapat memandang secara lepas dari perbagai penjuru. Tidak hanya itu, jika kamu ingin menyejukkan mata kamu dengan hijaunya dedaunan hutan, kamu dapat membalikkan badan kamu dan lihatlah hamparan hutan yang di kelola Perum Perhutani KPH Kedu Selatan ini.

Fasilitas Di Pantai Logending Kebumen

Berbicara mengenai Fasilitas, dapat dikatakan pantai ini menyajikan fasilitas yang paling lengkap diantara objek wisata pantai lainnya. Tentunya tidak sembarangan fasilitas, karena memang fasilitas yang tersedia sangat memadai dan terawat. Berikut beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung bila berada di Pantai Logending Kebumne diantaranya:

  1. Persewaan Perahu Wisata Yang Sangat Memuaskan

Penyewaan Perahu

photo by @indowalk

Berbeda dengan persewaan di wisata pantai lainnya. Di wisata ini kamu dapat menyewa perahu dengan jarak tempuh yang memuaskan yaitu sekitar 13 KM untuk menjelajahi sepanjang pantai ini.

  1. Area Parkir Yang Rapi Dan Luas

Siapa yang tidak kesal jika saat kita liburan dan saat kita ingin memarkirkan kendaraan kita ternyata area parkirnya sudah penuh. Sungguh menyebalkan bukan? Namun tidak saat kita memilih untuk berlibur ke wisata ini. Karena, area parkir di tempat ini sangat luas sehingga kamu tidak perlu takut akan kehabisan tempat untuk kendaraan kamu.

  1. Area Camping Yang Menawan

Camping di pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang hobby bereksplorasi di alam terbuka. Pantai Logending Kebumen merupakan pilihan yang sangat tepat. Tempat yang sangat asri ini memberikan nuansa yang sangat menawan. Perpaduan antara pemandangan laut dan hutan yang hijau menjadikan kelayakan tersendiri sebagai tempat camping.

  1. Tempat Yang Aman Untuk Bermain Anak-anak

Liburan dipantai menjadi super menyenangkan apalagi bisa bersama keluarga tercinta terutama anak. Namun tidak semua pantai ramah anak sehingga ada beberapa pantai yang menjadikan was-was untuk bermain anak. Namun jangan khawatir, pantai ini memiliki ombak yang halus dan tidak terlalu tinggi. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin mengajak keluarga terutama anak kecil.

  1. Persewaan Kuda Yang Murah

Sewa Kuda di Pantai Logending

photo by @kompasiana

Untuk kegiatan yang satu ini, masih jarang wisata pantai yang memeberikan fasilitas persewaan kuda. Di sini kamu dapat berkeliling di pantai ini dengan jasa naik kuda. Selain menguji nyali, kamu akan merasakan semilirnya angin laut dengan berpetualang dengan kuda hanya dengan Rp.20.000,-.

  1. Aneka Kuliner Di Sekitar Pantai

Selain menyajikan pemandangan yang luar biasa, di tempat ini juga menyajikan kuliner wisata yang sangat istimewa. Berbagai macam kuliner tersedia disini mulai dari sea food khas Kebumen, Es Degan, Bakso, Mie ayam dan lainnya. Tentunya dengan harga yang sangat ekonomis.

  1. Sunset Yang Sangat Memukau

Sunset Pantai Logending

Photo by @wikimedia_common

Keindahan yang sangat menawan yang di sajikan Pantai Logending Kebumen ini tidak hanya bisa dinikmati saat suasa masih cerah saja. Namun, ketika matahari mulai tenggelam dengan pesona emas yang menakjubkan dapat kamu menikmati sunset yang sangat indah.

Mitos Pantai Logending

Sebagai salah satu bagian dari pantai selatan, pantai Logending masih memiliki nuansa mistis Nyai Roro Kidul. Bebatuan karang yang berada di area tersebut masih diyakini masyarakat sekitar ada kaitannya dengan Nyai Roro Kidul.  Salah satunya yaitu batu karang yang berada di pintu gerbang masuk, bila dilihat dari kejauhan karang batu ini akan terlihat seperti seekor beruang yang meminum air laut.

Saran Dan Tips

Adakalanya sebelum kamu memilih untuk pergi ke tempat wisata ini kamu perlu mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Seperti sabun, tissue, shampo, maupun baju ganti. Dan yang paling terpenting jangan lupa membawa kamera untuk bisa mendokumentasikan liburan kamu bersama keluarga disini.

Demikian sedikit ulasan mengerai pesona Pantai Logending Kebumen yang bisa menjadi pilihan kamu ketika ingin berlibur. Kalau tempat yang dekat bisa memiliki pemandangan yang menawan kenapa harus pergi jauh-jauh?.

 

Leave a Comment