Pantai Jogan, Nuansa Epik Antara Ombak Laut, Tebing Batu, Dan Air Terjun

header via telusurindonesia.com

Pantai di Yogyakarta selalu menawarkan sensasi yang berbeda, tepatnya daerah Gunungkidul yang tengah booming karena menyimpan berbagai pesona pantai yang sulit ditolak. Seperti Pantai Jogan, epiknya suasana pantai yang dilengkapi dengan air terjun bibir pantai serasa mengingatkanmu dengan McWay Beach Waterfall, California.

Namun tak perlulah kamu terbang ke benua Amerika pasalnya Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yap, pantai ini dilengkapi dengan air terjun yang langsung terjun ke pantai dengan ketinggian 7 meter. Airnya bersumber langsung dari perbukitan karst sebelah utara. Bila kamu ingin menikmati kucuran air dari fenomena tersebut, sangat disarankan untuk melewati turunan batuan kapur yang terletak di sebelah kanan air terjun. Tetap hati-hati, meski disediakan pegangan berupa kayu namun turunan cukup curam.  

Sekedar informasi keelokan maksimal Pantai Jogan hanya bisa disaksikan saat musim penghujan, sementara di musim kemarau debit air sangat kecil ditambah dengan aktivitas penyedotan airnya demi keperluan warga.

Karakteristik Pantai Jogan terlihat sangat mirip dengan Banyu Tibo yang ada di Pacitan. Terdiri dari batuan karst dengan pantai sempit dan air terjun yang jatuh langsung ke wilayah pantai. Bedanya, bagian bawah pantai Jogan didominasi oleh bebatuan tidak seperti Banyu Tibo yang berupa pasir putih.

Istimewanya lagi, lokasi pantai Jogan tidak jauh dengan 2 pantai lainnya yang tidak kalah keren yaitu pantai Nglambor yang terkenal untuk snorkeling dan pantai Siung yang dikenal sebagai spot panjat tebing. Jadi banyak opsi pantai jika sedang berlibur ke Gunungkidul.

Untuk mencapai Pantai Jogan bisa dibilang cukup sulit dijangkau, pasalnya kamu harus melewati jalan berliku, naik dan turun sebelum mencapai tempat ini. Namun ketika sampai, semua lelah akan terbayar dengan nuansa epik dari air terjun, tebing batu, dan lautan yang berpadu dengan harmoni selaras.

Rute menuju ke Pantai Jogan

Berjarak 70 km dari kota Jogja yang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat pantai Siung. Kondisi jalan aspal dan mendekati lokasi jalan berubah menjadi cor blok sepanjang 1 km dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur perjalanan : Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan.

Sedangkan bila anda menggunakan angkutan umum : Mulai dari terminal Giwangan mencari bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus anda hanya bisa menggunakan jasa ojek sewaan.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata pantai Jogan ini sebesar Rp.3.000,- per orang dan sudah termasuk tiket ke pantai Siung. Ongkos parkir kendaraan rada 2 sebesar Rp.2.000,-

(sumber rujukan: njogja.co.id)

 

Artikel lainnya:

1. Pantai Banyu Anjlok, Sensasi Tepi Laut di Malang Selatan

2. Melihat Eksotisme Pantai Timang dan Kereta Gantung di Gunungkidul

3. Goa Jomblang: Menelusuri Hutan Purba dan Kilau Cahaya


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply