Pantai Tanjung Tinggi, Pantainya Laskar Pelangi yang Indah



Tentu masih banyak orang yang masih ingat film Laskar Pelangi. Film rilisan 2008 itu jadi film terlaris sepanjang masa hingga rekornya pecah 2016 lalu. Film itu diangkat dari novel karya Andrea Hirata yang juga laris dan disebut "Indonesia's most powerful book." Salah satu bukti kedahsyatan buku dan film Laskar Pelangi adalah efeknya pada daerah tempat ceritanya berasal, Belitung di provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berkat Laskar Pelangi wisata Belitung terangkat. Bahkan muncul destinasi "Wisata Laskar Pelangi" menapak-tilasi tempat-tempat yang ada di buku dan film.

Salah satunya pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terkenal lantaran digunakan untuk syuting film Laskar Pelangi 2008 lalu. Di pantai ini ada prasasti bertuliskan: "Di sini lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Film Laskar Pelangi mendapatkan perhatian terbesar di Indonesia. Dibuat berdasarkan novel karya Andrea Hirata."

Pantai Tanjung Tinggi diapit oleh dua semenanjung dan juga dikenal juga dengan nama Pantai Bilik. Pantai ini berbentuk teluk kecil sepanjang lebih kurang 100 m, berpasir putih bersih dengan tebaran bebatuan granit yang tersusun indah.

Batu Granit Raksasa

Di ujung bagian timur, terdapat tumpukan bebatuan yang salah satu celahnya membentuk sebuah lorong yang dapat dilalui. Lorong batu tersebut mengalir udara yang sangat sejuk.

Pantai Tanjung Tinggi dikelilingi batu granit raksasa. Mengenai batu granit raksasa belum ada penjelasan yang tepat dari mana batu-batu itu berasal. Pulau Belitung juga bukan merupakan pulau yang memiliki barisan gunung berapi. Jadi, kemungkinan jika batu-batu granit raksasa itu berasal dari letusan gunung berapi. Tapi, dengan begitu batu-batu raksasa itu seperti menyimpan misteri yang menjadi daya tarik sendiri.

Pantai Tanjung Tinggi nggak hanya menyediakan panorama yang indah. Di sini juga terdapat beragam biota laut. Terumbu karang yang indah menjadi surga para ikan. Nggak heran Tanjung Tinggi juga diminati para pemancing. “Di pantai ini airnya jernih sekali. Kita bisa lihat terumbu karang dan ikan-ikan hias. Tapi kita tetap harus hati-hati, sebab banyak binatang laut yang beracun. Salah satunya ikan singa. Jika kaki kita tertusuk bulu ikan singa bisa demam.

Buat yang suka panorama bawah laut bisa menyewa kapal, kemudian pergi ke tengah laut untuk snorkling ataupun diving. Tapi jika nggak berani pergi ke tengah laut jangan khawatir, terumbu karang yang berada di pantai pun nggak kalah indahnya. Jernihnya air membuatnya seperti tembus pandang.

Aktivitas lainnya yang bisa kita nikmati di pantai itu adalah water sports. Beragam pilihan seperti jet ski atau olahraga laut lainnya bisa kita coba.

Pantai Tanjung Tinggi dikelola serius sebagai tempat wisata. Makanya, disana nggak sulit menemukan beragam kuliner. Makanan khas melayu Pulau Belitung seperti gangan ikan ketarap, cumi goreng tepung, tumis genjer dan air kelapa muda, jadi pilihan yang menggiurkan. Nggak jauh dari Tanjung tinggi ada juga pantai yang nggak kalah bersihnya, yaitu Pantai Kelayang.** (ade/berbagai sumber)

Leave a Comment