Pantai Teleng Ria Pacitan, Indahnya Pantai Dalam Kurungan Bukit

 

Menjelajah pantai di kota kelahiran mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhyono ini tak akan mengecewakan hati. Dari sekian pantai yang ada di Pacitan, semuanya indah laksana pecahan surga yang jatuh ke bumi, tak terkecuali Pantai Teleng Ria.

Lokasinya berada tidak jauh dari kota, tepatnya di Desa Teleng, Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi para pelancong.

Apalagi kawasan ini memiliki hawa sejuk dengan angin sepoi-sepoi, landscape pantai yang cantik dengan pasir putih kecoklatan, dan ombak yang menggulung sempurna. Siapa yang berani menolak keindahannya?


main air pantai, dokumentasi ulinulin

Keberadaan dua sisi bukit Limo yang mengitari pantai Teleng Ria ini menjadi atmosfer sendiri dibandingkan pantai lainnya, seolah pantai sedang dikurung bukit. Mungkin kamu akan mengira berada seperti di New Zealand yang khas dengan jejeran perbukitan hijaunya, padahal dirimu sedang di ujung Barat Daya Jawa Timur.

Jejeran bukit tersebut mampu meredam gulungan ombak yang mengarah ke pantai, sehingga kamu bisa bermain air dengan aman di area pantai. Ombak memang menggulung sempurna di lautan, kemudian pecah dan menjadi tenang saat berada di bibir pantai.

Pesona lain pantai Teleng Ria


perahu nelayan yang bersandar di pantai, via dokumentasi ulinulin.com

Magnet bahari Teleng Ria tidak hanya berhenti disitu, kamu bisa menemukan beberapa kapal nelayan yang sedang bersandar di bibir pantai. Atau kesempatan bagus yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ialah membeli hasil laut dari nelayan dengan harga yang terjangkau.


Taman cemara di pinggir pantai Teleng Ria. via dokumentasi ulinulin

Adapun tanaman hijau yang tumbuh rindang seperti taman pohon cemara yang sengaja dibuat untuk bersenda gurau bersama keluarga, atau kerabat. Tentunya menghadirkan suasana yang asri dan sejuk, tak heran jika banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu disini.

Anak-anak pun bisa bermain sepuasnya di Waterpark yang sepaket dengan tiket masuk pantai Teleng Ria, hanya Rp 10.000,- pada hari biasa.


seorang anak bermain di water park, dokumentasi ulinulin

Fasilitas pun terbilang lengkap, diantaranya terdapat bumi perkemahan, rumah makan, penginapan, kamar mandi, bahkan terdapat tempat pemancingan. Untuk yang mencari oleh-oleh, di sepanjang jalan kiri-kanan terdapat pernak pernik dan kuliner khas Pacitan.

Rute menuju Teleng Ria mudah dilalui

Berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota, membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Meski jalurnya berkelak-kelok namun pemandangan jejeran bukit karst dan persawahan warga akan menemani setiap langkahmu.

Ditambah akses jalan aspalnya yang mulus, kamu hanya perlu mengikuti arah papan jalan dan menghabiskan waktu tempuh kurang dari 30 menit dari pusat kota Pacitan.

***

Keindahan pantai yang diapit jejeran bukit itu sayang kalo kamu lewatkan begitu saja. Jadi beach hopper kapan mengunjunginya? Kalau sudah, jangan ragu berbagi cerita di kolom komentar ya.

Artikel lainnya:

1. Seruling Laut, Fenomena Unik di Pantai Klayar Pacitan

2. Pantai Ora, Surganya Honeymoon di Maluku Utara

3. Asal Usul Reong Ponorogo, Warisan yang Mendunia

 


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply