Pasar Buku Palasari Bandung, Surga Belanja Buku

Bandung sebagai kota tujuan wisata yang menawarkan banyak tempat untuk dikunjungi dan kuliner yang beranekaragam, juga menawarkan hal lain bagi pecinta buku.

Ya, bagi para pecinta buku, Bandung memiliki Pasar Buku Palasari. Surga tempat Anda dapat menemukan buku-buku dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko-toko atau tempat lain di Bandung.

Pasar ini berdiri sejak sekitar tahun 1980-an atas instruksi presiden. Dulunya berlokasi di sekitar kawasan Cikapundung tetapi oleh Pemerintah Kota Bandung dipindah ke kawasan Palasari.

sumber: youtube

 

Awal dibangun, pasar ini berdiri dua tingkat dan di sekitarnya terdapat pasar tradisional. Pada akhir tahun 1990-an, bangunannya direnovasi sehingga tampak seperti sekarang ini, hanya terdiri dari satu lantai dengan banyak kios dan menempatkan pasar tradisional di belakang pasar buku.

Setiap harinya, pasar buku Palasari ini buka sekitar mulai pukul 08.00 – 17.30, kecuali hari raya. Di sini tersedia banyak jenis buku mulai dari buku materi pelajaran SD – SMA, materi perkuliahan, novel, komik, majalah, dan buku lainnya. Kondisinya pun ada yang baru, bekas, dan bajakan. Namun jangan khawatir, semua jenis buku tersebut masih layak dan dapat dibaca.

Harga yang ditawarkan pun lebih murah 20-30% dibandingkan di tempat lain, terlebih dibandingkan toko-toko buku besar. Diskon dapat Anda peroleh lagi jika Anda dapat menawar ketika berbelanja buku yang Anda perlukan atau inginkan.

Sebelum membeli, pastikan Anda survey terlebih dahulu karena di pasar ini memiliki banyak kios. Terkadang Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi di kios yang lain. Di samping itu, setiap kios juga biasanya menyediakan jasa penyampulan plastic untuk buku yang Anda beli. Atau jika memang ingin menyampul buku saja biayanya cukup murah yaitu Rp 2.000 – Rp 3.000 per buku.

 

Jika Anda mencari buku-buku kuno, Anda dapat mencari di bagian belakang pasar. Apabila membutuhkan buku pelajaran untuk siswa dan mahasiswa, anda dapat menemukannya di bagian tengah dan depan pasar. Untuk novel dan komik, disarankan agar Anda mencarinya di kios-kios yang kecil karena harganya lebih murah dibandingkan kios-kios besar.

Anda juga dapat mengunjungi salah satu kios bernama Palasari Online.com. Di sana merupakan acuan koleksi buku yang ada di seluruh kios Palasari. Jika Anda menanyakan buku yang Anda cari di sini dan memperoleh jawaban “kosong”, “habis”, atau “tidak ada”, maka sudah dapat dipastikan buku tersebut tidak ada di kios mana pun di Palasari.

 

Harga buku di sini cukup variatif, mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis buku yang Anda cari. Penulis pernah mendapatkan Romeo and Juliet – nya William Shakespeare (menggunakan bahasa Inggris klasik), Dubrovsky-nya Alexander Pushkin, dan Adventures of Huckleberry Finn­-nya Mark Twain, masing-masing seharga Rp 10.000. Namun di lain kesempatan penulis juga pernah menemukan koleksi komik “Si Buta dari Gua Hantu” seharga lebih dari Rp 600.000.

sumber: sindo.photonews

 

How to Get There

Cukup mudah untuk menuju ke sini.

Jika hendak menggunakan angkutan umum, Anda dapat menggunakan angkot dengan kode 01 (Abdul Muis/Kebon Kalapa – Cicaheum), 12 (St. Hall – Gedebage), atau 21 (Ciroyom – Cikudapateuh), dan minta berhenti di Palasari.

Atau jika menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat berpatokan pada Hotel Horison Bandung, Rumah Sakit Muhammadiyah, atau daerah Martanegara. Cukup dekat dari sana dan mudah dicapai.

 

Selamat berbelanja buku. (fjr)

 

Artikel Terkait :

1. Berburu Buku Murah Meriah di Wilis, Kwitang-nya Kota Malang

2. Mengenal Budaya Sunda dengan Berkunjung ke Museum Sri Baduga

3. Tangkuban Parahu, dari Tempat Wisata Populer hingga Legenda Sangkuriang


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply