Pasar Triwindu, Surganya Belanja Barang Antik dan Kuno di Solo

 

Kota Solo memiliki beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan, apalagi untuk menyelami kebudayaan dan kesenian Jawa yang sudah sangat kental dengan kota yang bertajuk ’The Spirit of Java’ ini. Jika kamu ingin menjelajah lebih jauh tentang kebudayaan Jawa melalui barang-barang peninggalan yang digolongkan sebagai barang antik, Pasar Triwindu adalah surganya.

Pasar Triwindu, dikenal sebagai surga bagi para pencari barang antik dan kuno di Solo dari keraton Surakarta.

Berbagai barang antik dijual di sana, termasuk barang-barang perlengkapan rumah tangga. Misalnya gelas antik, piring antik, kaca cermin antik, lampu panjang antik, keris, lukisan, keramik, sepeda ontel, patung, dan topeng antik.


turis asing sedang berkunjung di pasar Triwiindu

Harga barang-barang antik itu bervariasi, puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harga yang ditawarkan tergantung dari usia barang, keunikan juga jumlah barang yang ada di pasaran.

Namun tidak semua barang yang ditawarkan merupakan barang antik, banyak juga barang baru yang memiliki kesan kuno yang dapat mempercantik tempat tinggal atau memberi kesan antik di rumah kamu.

Tak perlu menutupi rasa penasaran atau keinginan untuk menyentuh barang-barang yang dijajakan. Para pedagang yang merupakan warga Solo akan menyambut ramah untuk kamu. Barang-barang antik ini tak menyisakan banyak ruang di dalam pasar, meski terasa sedikit panas, pemandangan kuno di dalamnya akan membuat kamu betah untuk berlama-lama.

Seperti yang dilansir jalansolo.com, jika beruntung, kamu bisa mendapatkan pusaka yang dulunya adalah milik kraton. Berbagai spekulasi berkembang mengenai keberadaan benda-benda milik kraton di pasar ini. Namun pihak kraton mengatakan bahwa benda-benda itu kemungkinan adalah benda yang dihadiahkan pada abdi dalem dan kemudian dijual, atau didapatkan oleh orang yang membeli dari kerabat kraton.

Ada keunikan lain dalam bertransaksi di pasar Triwindu, tidak selalu transaksi dengan uang. Bisa melalui sistem barter yakni menukar barang dengan barang. Namun hal itu atas kesepakatan bersama. Menukar satu koleksi dengan koleksi lainnya.

Cara menuju kesana

Pasar Triwindu ini terletak di jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Solo yang termasuk dalam kawasan budaya Ngarsopuro.

Jika kamu berasal dari luar daerah naik kerea api, turun saja di stasiun Purwosari. Keluar stasiun belok kiri menuju Halte Bus Solo Trans. Naiklah jurusan bandara atau jalur 1, kemudian turun di jalan Slamet Riyadi. Dari sini bisa naik becak atau jalan kaki. Pasar berada di kanan jalan.

Pasar ini buka sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Masa liburan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Artikel lainnya:

1. Budaya Unggah-Ungguh yang Harus Tetap Dijaga

2. 9 Oleh-Oleh Makanan Khas Solo yang Paling Terkenal

3. Pasar Klewer Solo, Belanja Batik Harga Miring


Leave A Reply

Please Login to Leave a Reply