Pecel Lele Lamongan, Makanan Lezat Yang Turun Temurun



Kabupaten Lamongan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ibu kota dari Kabupaten Lamongan adalah Lamongan. Daerah ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan. Serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di sebelah barat. Kabupaten Lamongan memiliki banyak sekali tempat wisata. Selain itu juga banyak makanan dan minuman khas, termasuk juga oleh-oleh khasnya. Salah satu dari makanan khas Lamongan adalah Pecel Lele Lamongan.

Lokasi Dan Jam Operasional Pecel Lele Lamongan

Lokasi Pecel Lele Lamongan

Pecel Lele merupakan makanan yang biasanya di sajikan bersama Soto Lamongan. Namun kini, Pecel Lele Lamongan biasanya di hidangkan bersama dengan nasi. Lele biasanya diolah dengan cara di goreng dan bisa juga dengan cara di bakar. Makanan ini bisa Anda temui di mana saja. Terutama di pinggir jalan. Di setiap kota, baik itu kota kecil maupun kota besar terutama pada saat malam hari bisa di temui warung dengan spanduk khas. Biasanya warung dengan spanduk khas ini bertuliskan Pecel Lele Lamongan. Bangunan dari warung pecel lele ini ada yang permanen di sebuah ruko. Ada juga yang berada di pinggir jalan. Kadang di sepanjang jalan Anda bisa menemukan lebih dari 1 warung pecel lele yang berada di tepi jalan.

Mitos Pecel Lele Lamongan

Pecel Lele Lamongan

Di balik nikmatnya satu porsi pecel lele, konon penduduk asli Lamongan banyak yang enggak mengonsumsi ikan air tawar ini. Berdasarkan dari berbagai sumber, cerita mitos ini berawal saat Sunan Giri datang untuk menyebarkan Islam di sekitar pesisir utara Pulau Jawa. Setelah sampai di Lamongan, Sunan Giri memutuskan untuk singgah di rumah Mbok Rondo di Dusun Barang. Ia melepas senjata pusakanya agar tidak menarik perhatian orang. Tetapi tidak disangka dan tidak di duga saat berpamitan, Sunan Giri mendapati salah satu pusakanya hilang. Kemudian ia memanggil Ronggo Hadi yang di kenal sebagai penguasa Lamongan untuk membantu mencari pusaka itu.

Ronggo Hadi lalu mengutus seorang pemuda sakti yang bernama Bayapati untuk melaksanakan perintah Ronggo Hadi. Tidak dalam waktu yang lama, Bayapati berhasil menemukan benda pusaka milik Sunan Giri tersebut. Ketika hendak di bawa pulang, salah satu murid Sunan Giri ternyata tertarik untuk merebut pusaka Sunan Giri. Ia berencana merebut pusaka yang berada di tangan Bayapati. Mengetahui Bayapati sedang dalam bahaya, ia kemudian menceburkan diri ke dalam sungai yang di penuhi oleh ikan lele.

Ide ini berhasil mengelabui pasukan dari murid Sunan Giri bernama Joko Luwuk. Pasukan Joko Luwuk mengira bahwa Bayapati tewas di mangsa ikan lele yang memenuhi sungai tersebut. Nyatanya, ikan lele ini malah melindungi Bayapati dan tidak menyerang Bayapati sama sekali. Kemudian Joko Luwuk bersumpah seluruh anak keturunannya tidak akan makan ikan lele sampai kapan pun. Hal ini di teriakkan dengan lantang sebelum meninggalkan sungai karena ia putus asa tidak bisa merebut pusaka Sunan Giri. Hingga saat ini, mitos ini masih di percaya oleh warga Lamongan. Akan tetapi, banyak masyarakat yang meninggalkan mitos ini dan memilih untuk menikmati lezatnya ikan lele.

Fakta Unik Dari Pecel Lele Lamongan

Tentunya sebuah makanan memiliki fakta unik di dalamnya. Di antaranya adalah :

  1. Spanduk Kain Pecel Lele Lamongan

Spanduk yang di gunakan dalam usaha ini kebanyakan menggunakan kain yang di lukis secara manual. Hal ini di buat bukan tanpa alasan. Bukan juga melestarikan tradisi para leluhur. Tetapi ada satu kegunaan hingga kualitas yang di jaga. Dan tentu saja tidak bisa di dapat dari spanduk hasil cetak digital. Mayoritas dari pedagang pecel lele berjualan di saat malam hari. Menurut sang pengrajin, spanduk plastik di malam hari akan memantulkan cahaya dari kendaraan dan lampu penerangan. Sehingga tulisan yang ada pada spanduk akan samar-samar. Tinta yang di gunakan pun menggunakan tinta yang khusus sehingga bisa tahan dua hingga lima tahun jika di rawat dengan baik.

  1.  Pedagang Pecel Lele Berasal Dari Lamongan

Kebanyakan dari penjual pecel lele ini berasal dari Lamongan. Hal ini sebenarnya sudah bisa terlihat di spanduk yang tertera. Tentu saja ini menjadi identitas sendiri bahwa Pecel Lele merupakan makanan khas dari Lamongan. Sejak 1952, pedagang pecel lele ini merupakan perantau asal Lamongan. Dan para perantau ini sudah sejak turun temurun berjualan sekaligus mendirikan paguyuban bernama Pualam atau Putra Asli Lamongan.

  1. Isi Dari Satu Porsi Pecel Lele Lamongan

Satu porsi dari pecel lele biasanya berisi nasi yang biasanya menggunakan nasi uduk atau nasi biasa. Lauk yang digunakan biasanya ikan, ayam, atau juga bisa menggunakan lele. Dan cara pengolahan lauk ini bisa di goreng atau bisa juga di bakar. Lalapan yang biasa ada di pecel lele biasanya kol yang diiris, kemudian daun kemangi dan timun. Dalam satu porsi pecel lele juga terdapat tahu goreng dan tempe goreng. Tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan sambal. Karena sambal sendiri merupakan ciri khas dari Pecel Lele. Kerupuk juga menjadi pelengkap dari satu porsi pecel lele.

  1. Air Untuk Cuci Tangan

Karena tempat warung pecel lele berada di tempat yang tidak permanen, membuat warung Pecel Lele Lamongan menyiapkan air untuk cuci tangan. Biasanya air cuci tangan ini berisi jeruk nipis. Air kobokan atau air cuci tangan di berikan langsung ke para pembeli

  1. Menu Dari Pecel Lele Lamongan

Rasa dari Pecel Lele ini sangat memanjakan perut dan lidah. Selain pecel lele, tentu juga ada menu lain yang di sajikan. Seperti Ayam Goreng, Bebek Goreng, Nasi Goreng, dan Penyetan Tahu Tempe. Selain itu juga tersedia kepala ayam goreng, Ati Ampela ayam, dan menu yang lain. Untuk minuman biasanya tersedia es teh, es jeruk, jeruk hangat, teh hangat, dan minuman yang lain. Termasuk juga dengan kopi.

  1. Harga Yang Terjangkau

Dengan rasa yang enak tentu memberikan harga yang enak. Untuk satu porsi pecel lele bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000. Harga satu porsi ini belum termasuk juga dengan minumannya. Jika Anda ingin membeli sekalian dengan minuman, di warung pecel lele terdekat juga biasanya sudah tersedia paket.

 

Leave a Comment