Pesona Destinasi Wisata Gunung Klotok Yang Menarik



Gunung Klotok merupakan salah satu gunung yang berada di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini banyak mengandung nilai-nilai sejarah. Salah satunya patung peninggalan Kerajaan Kediri. Mungkin Anda bingung mengapa disebut Gunung Klotok kediri. Dan tentu Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih banyak serta menjadikannya destinasi wisata.

Nama Klotok berasal dari dua kata, yaitu Kolo dan Tok. Dimana Kolo yang berarti bahaya, sedangkan Tok berarti saja. Sehingga arti dari Klotok adalah gunung yang berbahaya. Gunung ini memiliki keunikan yang berbeda dengan gunung lainnya, yaitu bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Karena itu Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

Lokasi Dan Harga Tiket Berkunjung Ke Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang ada di Kota Kediri. Tepatnya di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang berada cukup jauh dari Gunung Wilis itu sendiri dan juga merupakan pembatas antara kota dan kabupaten Kediri. Ketinggian gunung ini ± 536 MPDL. Lokasinya hanya 30 menit dari pusat Kota Kediri dan berjarak sekitar 1 km dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Jika Anda masih bingung dimana lokasi gunung ini. Anda bisa langsung buka Maps untuk penunjuk arah dengan mengetik Gunung Klotok Kediri. Dengan sendirinya akan muncul dimana letaknya.

Untuk informasi harga tiket masuk gunung ini mulai dari Rp. 1.000,- sampai dengan Rp. 4.000,-. Ketika hari Minggu atau hari Besar, meliputi: Rp. 2.000,- untuk anak-anak dan Rp. 4.000,- untuk dewasa. Tiket masuk untuk hari biasa, meliputi: Rp. 1.000,- untuk anak-anak dan Rp. 2.000,- untuk dewasa. Sedangkan untuk parkir dikenai tarif sebesar Rp. 5.000,- per kendaraan. Dengan biaya tiket masuk wisata yang murah ini dapat meningkatkan daya tarik para wisatawan.

Rute Menuju Wisata Gunung Klotok Kediri

Menuju wisata Gunung Klotok Kediri sangat mudah, karena jalannya yang mulus dan baik. Begitu pun dengan angkotnya. Kemudian untuk rutenya, jika Anda dari pusat Kota Kediri langsung saja menuju perempatan lampu merah Desa Sukorame Kecamatan Mojoroto. Sampai disitu Anda menuju ke barat lurus saja sampai di lokasi wisata Goa Selomangleng atau Wisata Gunung Klotok.

Transportasi Menuju Gunung Klotok Kediri

Wisatawan yang asli Kota Kediri pasti tidak bingung dengan rute Gunung Klotok. Kemudian bagaimana dengan wisatawan luar Kota Kediri atau luar negeri yang ingin berkunjung ke destinasi wisata ini. Pastilah mereka bingung dan takut kesasar. Tetapi jangan khawatir, jika Anda wisatawan luar Kota Kediri sebaiknya Anda menggunakan sarana transportasi pribadi, seperti mobil atau sepeda motor pribadi serta membuka maps di google sebagai panduan arah. Karena dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum. Akan tetapi jika Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus umum atau bus travel bukan masalah besar. Anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa Mojoroto, kemudian bertanya kepada sopir atau orang sekitar terminal tentang naik kendaraan apalagi yang harus Anda tempuh untuk menuju wisata Gunung Klotok.

Fasilitas Yang Terdapat Di Wisata Gunung Klotok Kediri

Di Gunung Klotok Kediri memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati. Fasilitas yang ada diantaranya area parkir, Mushola, ada juga kamar mandi / WC, serta warung makan. Sedangkan untuk wahananya terdapat kolam renang, wahana bermain keluarga dan juga museum Airlangga. Wahana lainnya goa selomangleng, petilasan Mbah Boncolono, sirkuit motocross, waterboom, puncak klop, puncak watu bengkah, bersepeda, dan arena jogging track.

Daya Tarik Wisatawan Terhadap Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok Kediri merupakan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi karena keindahannya yang tidak ada duanya. Gunung yang terletak di Mojoroto ini juga terkenal dengan penduduknya yang ramah tamah dengan wisatawan local, maupun dari luar Kota Kediri bahkan luar negeri. Selain itu Anda bisa menikmati wahana di dekat Gunung Klotok dan beberapa fasilitas yang ada serta hiburan menarik lainnya.

Gunung yang tidak begitu tinggi ini memang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, apalagi ketika hari liburan atau weekend. Bahkan liburan bersama keluarga yang sangat mengasyikkan. Memang gunung ini memiliki pesona keindahan yang masih alami, jauh dari keramaian kota dapat menjadi salah satu relaksasi dan memanjakan diri Anda.

Saran Dan Tips Sebelum Menuju Wisata Gunung Klotok Kediri

Sebelum berangkat menuju tujuan destinasi wisata, ada beberapa peralatan atau perlengkapan yang harus Anda siapkan. Tujuan menyiapkan beberapa hal tersebut adalah untuk melengkapi  kebutuhan apa saja yang Anda perlukan ketika ada di tempat wisata. Berikut saran dan tips sebelum Anda menuju ke wisata Gunung Klotok Kediri:

  1. Kartu Identitas

Kartu identitas sangat diperlukan. Apalagi bagi Anda yang memakai kendaraan pribadi. Karena orang yang berkendara itu harus memenuhi persyaratan mengemudi kendaraan, maka Anda harus membawa semua kartu identitas terutama surat-surat kendaraan. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan ketika berkendara. Selain itu, jika ada operasi zebra cross secara mendadak, bisa Anda gunakan untuk bukti kepada polisi yang mengamankan jalan terutama di area lalu lintas. Kartu ini meliputi: SIM, STNK mobil atau sepeda motor, dan KTP. Dengan adanya kartu-kartu identitas ini, polisi akan percaya bahwa Anda merupakan orang yang memenuhi persyaratan mengemudi kendaraan.

  1. Perlengkapan Kesehatan

Kesehatan merupakan perlengkapan yang paling pertama disiapkan. Kesehatan fisik misalnya, dengan keadaan fisik yang buruk pasti liburan yang Anda rencanakan akan gagal. Oleh karena itu, sebelum sebuah rencana terencanakan, Anda harus bisa mengkondisikan badan. Artinya, jangan sampai Anda berlibur setelah bekerja berat selama berhari-hari dan carilah hari dimana kondisi fisik Anda benar-benar sehat. Karena dalam perjalanan membutuhkan tenaga yang ekstra dan penuh kesabaran.

  1. Kamera

Memotret merupakan fungsi sebuah kamera. Jika sebuah kamera itu tidak Anda bawa berlibur pasti terasa ada yang kurang. Karena dengan memotret bisa digunakan untuk sarana pengabadian momen bersama keluarga tercinta.

  1. Aksesoris

Aksesoris yang dimaksud adalah barang-barang tambahan yang Anda perlukan ketika maupun sebelum berada di destinasi wisata. Barang-barang tersebut, seperti kacamata, topi, sarung tangan, masker, dan sebagainya.

  1. Kendaraan

Kendaraan menjadikan Anda sampai ke tempat wisata yang Anda inginkan. Untuk itu, sebelum berangkat menuju destinasi wisata Anda harus memeriksa terlebih dahulu kendaraan yang akan Anda tumpangi. Kemudian pastikan bahwa kendaraan yang Anda tumpangi benar-benar bisa mengantar Anda dengan selamat sampai tempat tujuan.

 

Leave a Comment